[3 Episode Rule] Runway de Waratte

January 31, 2020 4:25 pm
[3 Episode Rule] Runway de Waratte

Runway de Waratte, atau yang judul lainnya Smile Down the Runway/Smile at The Runway. Awal saya tertarik dengan anime ini karena manganya dikabarkan akan terbit di Indonesia oleh penerbit m&c!. Lalu, karena animenya ditayangkan di saluran YouTube Muse Asia. Ternyata, adaptasi anime dari kisah yang diberikan Kotoba Inoya ini sangat menarik. Tidak selamanya cerita bergenre shounen mengangkat kisah menjadi raja bajak laut, raja penyihir, raja ninja, raja hero, dan raja lainnya. Bahkan dunia fashion pun bisa dijadikan kisah genre shounen yang menarik.

Saya sendiri kaget bisa sangat menikmati anime ini. Saya bahkan tidak pernah berpikir untuk menonton anime dengan tema fashion sebelumnya. Tapi nyatanya, anime ini bisa membuat saya tertarik di 3 episode awalnya. Tontonan atau bacaan yang saya nikmati biasanya mempunyai 3 hal ini, menghibur, memotivasi dan mengedukasi. Bahkan saya sudah menemukan semuanya di 3 episode awal seri ini.

Menghibur

Anime ini menurut saya menghibur dari drama juga dari interaksi antar karakter yang diberikan. Plot ceritanya tidak hambar, dan bikin nagih untuk tahu kelanjutannya apa. Pembagian plot-nya pun baik, di episode 1 difokuskan ke karakter utama perempuannya. Di episode 2, difokuskan ke karakter utama prianya. Hingga pecah sekali di episode 3, di mana plot-nya dibuat fokus ke keduanya. Bahkan juga ke karakter lain, yang mungkin akan menjadi plot menarik di masa depan. Jujur, saya berhasil dibuat merinding haru di episode 3.

Sang protagonis perempuan, Chiyuki Fujito, bahkan menjadi karakter perempuan blonde kedua yang sangat berkesan bagi saya. Sifatnya yang kadang kekanakan-kanakan, pantang menyerah, pokoknya ada kesan karakter shounen dari gadis satu ini. Tapi gadis ini juga bisa terlihat manis sekali! Juga didukung karakter utama prianya, Ikuto Tsumura, yang bisa dibilang pasif di awal. Kesan awal yang diberikan cowok ini bisa dibilang kurang baik, letoy, culun, dan terlihat tidak bersemangat. Tapi, berkat pertemuan keduanya, seperti mereka bisa melengkapi satu sama lain. Ahhh, i ship them so much!~

Memotivasi

Apa yang dilakukan para karakter yang ada di sini sangatlah memotivasi. Walau dihadang banyak sekali masalah, namun sikap pantang menyerahnya ini sangatlah memotivasi.Ya memang ini hanya cerita, fiktif, hasil karangan seseorang. Tapi, motivasi sebenarnya bisa datang dari mana saja, bahkan anime. Anime ini tentu mempunyai hal-hal yang mampu memotivasi untuk berbuat lebih dan lebih. Ini juga bisa dibilang alasan terbesar saya menonton seri shounen seperti ini

Semangat yang ditumbuhkan di para karakternya sangatlah memotivasi. Cara Chiyuki dan Ikuto mengejar mimpinya ini mampu membuat semangat saya membara-bara. Tidak ada yang tidak mungkin, bahkan seorang yang pendek pun bisa menjadi supermodel, bahkan melebihi itu, menjadi hypermodel! Seorang yang tidak mempunyai apa pun bisa menjadi desainer, bahkan menjadi desainer terbaik! Semua tergantung bagaimana kamu ingin meraihnnya, itu kesan yang saya dapatkan dari anime ini. Memang terdengar konyol, tidak masuk akal dan mustahil, tapi terkadang dI hidup juga ada yang seperti itu kan.

Mengedukasi

Bahkan mereka juga memberikan edukasi seputar dunia fashion dan modelling. Hal ini mereka mampu selipkan dengan baik di ceritanya. Syarat menjadi model runway, apa yang tidak boleh dilakukan di runway, pendidikan yang dibutuhkan untuk menjadi desainer dan lainnya. Saya yang awalnya buta sama sekali tentang dunia fashion menjadi mengerti sedikit garis besarnya. Seperti, apa bedanya model biasa dan model runway, dan juga apa itu runway.

Bahkan, seri ini juga memberikan edukasi seputar dunia fashion melalui anime pendek dan video pendek. Animasi pendek yang sudah ditayangkan semenjak November 2019, yang kontennya menjelaskan istilah-istilah dalam dunia modelling. Juga video pendek yang tayang semenjak Desember 2019. Dipandu oleh Yumiri Hanamori, seiyuu dari Chiyuki Fujito, kontennya membahas seputar desain dan sejenisnya. Video-video ini bisa kamu saksikan di akun Twitter resmi anime ini, juga website resminya.

Verdict: Tersenyum di Runway

Menurut saya, anime ini pantas menerima sorotan lebih di musim penayangan ini. Karena tidak selamanya anime hanya menghibur, tapi juga mampu memotivasi dan mengedukasi. Anime ini saya rasa mampu melakukan semua hal itu dengan cara mereka. Awal yang sangat kuat, saya penasaran apa yang menantikan Chiyuki dan Ikuto ini di masa depan. Juga cara mereka menghadapinya. Menantikan Ikuto membangkitkan teknik pernafasan desainer!

Saya sangat merekomendasikan anime ini, bahkan hanya dengan menonton 3 episodenya. Apalagi manganya juga sudah diterbitkan di Indonesia oleh m&c!, bukti cerita ini cocok untuk audience di sini. Jilid pertamanya sudah diterbitkan m&c! pada 23 Januari 2019 lalu. Juga, kamu bisa menonton animenya secara gratis di YouTube, kurang apalagi coba. Mari saksikan bersama, saya menaruh banyak harapan kepada seri ini.

Gambar: Website Runway de Waratte