[JOI Spotlight] Idol Appreciation Edition

February 2, 2020 6:41 pm
[JOI Spotlight] Idol Appreciation Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk bulan Februari ini. Seperti biasa para staf akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang sudah hadir pada minggu ini.

Eizouken 04

Kaptain

Saya nggak akan kaget kalau stafnya cekikikan terus nyeritain proses penghematan produksinya ngeliat mereka juga ngerjain seri TV. Saya punya simpati gede banget buat kreator yang ngededikasiin tenaga buat detail yang konsumen awam jarang bisa nyadarin. Tapi sesuai tema utama episode ini, konflik antara passion dan kenyataan produksi bikin kru Eizouken pada mau mati semua. Kanamori yang sejauh ini tuh orang bisnis kru kita juga nyatanya banyak kerja di pasca-produksi jadi dia juga punya kontribusi kreatif. Bagus juga sih akhirnya ada karakter yang nggak mempan sama intimidasi dia.

Shirobako memang gold standard buat cerita tentang produksi anime, tapi walaupun tiap episode nunjukin banyak kekacauan itu tetap kehitung sebagai produksi yang ideal. Eizouken lebih fokus sama produksi yang diteror sama keterbatasan sumber daya dan waktu agar bisa dapet pendanaan proyek selanjutnya. Singkatnya Shirobako itu anime tentang anime, sementara Eizouken itu anime tentang animasi.

Jujur aja 4 episode ini tuh bisa aja dipake buat film anime kalau digabungin. Terakhir saya ngeliat seri yang bisa jadi kandidat anime of the year di awal musim tuh Yorimoi, dan kita masih punya 8 episode lagi.

Dorohedoro 03

Kaptain

Di dunia kayak gini aneh aja kremasi itu nggak lebih populer ngeliat tanah Hole itu terkutuk banget. Tapi ya ngeliat ini tuh dah jadi perayaan tahunan ya kayaknya ini bakal terus jadi tradisi. Kaiman udah nggak bisa santai lagi berhubung dirinya sekarang diburu spesialis, dan seperti biasa saya kasih tiga poin pentingnya:

  1. Kaiman bisa sembuh dari kematian dan ini bukan pertama kalinya dia mati. Orang di dalam mulutnya semakin aktif saat dia mati dan mulai bisa bergerak keluar.
  2. Ada penyihir yang berasal ataupun mengasingkan diri ke Hole. Shin & Nikaido adalah perwakilan dua sisi ini.
  3. Kaiman cukup punya kesadaran untuk nggak nekan Nikaido kalau dia penyihir. A friend is a precious thing.

Satu hal yang saya kurang seneng itu kurang ditunjukin kalau Noi terus-terusan ngeheal badannya selama duel. Kalau yang dihajar Nikaido itu Shin, dia bakal mati. Sama ini menarik juga masuk episode 3 tapi udah ganti ending.

Murenase! Seton Gakuen 04

Kaczmarek

Mohon maaf dua episode terakhir saya lupa narok seri ini di spotlight. Okelah, kita buka dengan kakaknya Ranka yang gedenya naujubileh akhirnya nongol demi adiknya. Saya sejujurnya pengen Jin dijilatin sama kakaknya Ranka, biar Jin makin kesel sama dua bersaudara itu haha. Bakal makin aneh kalau malah kakaknya Ranka yang dapet peran snu-snu di serial ini.  Penutup segmen pertama: “King, sabarlah! Tabahkan diri anda.”

Penjelasan soal Hyena di serial ini harus keduluan dari Ishuzoku Reviewers di episode kemarin. Beruntung bagi mereka yang belum menonton serial tersebut, namun sayangnya tidak bagi saya dan sebagian orang. Di segmen kedua, Hyena bernama Yena (serius dah) tak mengetahui anatomi dari jenisnya sendiri. Which is surprising when she wears that female uniform tho.

Sedihnya, Kurumi gak nongol di episode ini.

Infinite Dendrogram 04

Kaczmarek

Ini yang saya takutkan dari awal. Setelah bab awalnya kena potong justru di bagian penting, kali ini hal tersebut terjadi lagi di episode ini. Tahu-tahu udah ngelawan musuh aja. Kemudian penjelasan mengenai Gardranda dan Flag Halberd yang cukup singkat kayaknya bakal bikin penonton kebingungan, atau parahnya kebosenan. Tomoki Kobayashi actually did pretty well when he directed series like Utawarerumono, Amagami SS, Sola, and Tears of Tiara. Now he is like losing himself from his good, which leading to suspicion towards storyboarder and scripter.

Kemudian dari sisi progres, studio Naz yang pernah membuat kegemparan dari pengerjaan serial Ore ga Suki nano wa Imouto dakedo Imouto ja Nai, sangat baik dalam mengerjakan animasinya. Output yang dihasilkan bagi saya cukup memuaskan, apalagi bagian pertarungannya disini cukup memakan durasi yang lama. Saya juga berharap gak ada yang gembos dari sisa episode anime ini, kecuali kualitas cerita yang saya anggap mulai menurun (kalau gak segera dikembangkan).

Terakhir, ini Adler berasa gabut kalau perannya disini tidak dijelaskan secara rinci. Butuh penjelasan lagi untuk karakter yang punya aset lumayan ini.

Toaru Kagaku no Railgun T 04

Kaczmarek

Episode ini menjadi dorongan opini bagi para penonton (terutama yang gabaca novelnya) bahwa Misaki adalah bajingan. Ini tak mengherankan dalam ruas apapun, namun sudah sepantasnya para penonton bakal dibawa naik turun mulai dari pandangan serta pikirannya. Saya baru ingat juga saat kejadian ini, Touma tampaknya lagi ngejar-ngejar penyihir berdada besar. And war begins…..

Hatena Illusion 04

Kaczmarek

Untuk sementara saya stall dulu serial ini setelah episode keempat. Demi kesehatan otak dan pikiran lebih baik bagi saya untuk menggunakan sistem yang saya gunakan saat memberikan impresi terhadap serial Azur Lane musim lalu. So you’ll see something like sabbatical impression after this. Btw, Yumemi is cute tho.

Somali to Mori no Kamisama 04

Kaczmarek

Yes, the better outcome. Saya kira Muthrica bakal membongkar kedok dari Somali, namun beruntungnya ia nyatanya orang baik yang bekerja sebagai penjaga bawah tanah yang punya pengalaman militer. Ia juga sangat bijaksana dan tampak sudah sangat berpengalaman. Satu hal yang masih mencurigakan adalah apakah Muthrica sebenarnya mengetahui status dari Somali?

In/Spectre 04

Kaczmarek

Yes, kalo gue ngeliat JK dengan ukuran dada segitu pastinya gue liatin. Namun gamungkin gue teriak kayak presiden agensi itu hahahaha. Oke balik lagi ke dua unlikely heroine yang kayak rebutan cowok tapi gak juga. Kotoko ini perlu diingatkan untuk bicara sesuai kenyataan, bukan karena harapannya. Perempuan berambut seperti Colorado dan Syaro ini juga being a d*ck di setiap pertemuannya dengan Saki. Jadi gak mengherankan bagi Saki yang ingin menghukumnya sekeras mungkin.

Saya sudah mengira awalnya mengenai kasus Karin Nanase yang meninggal dikarenakan kejatuhan material proyek. Benar saja, hingga bagian leher ke atas Karin remuk dan tak teridentifikasi lagi. Dengan kasusnya berkembang dari ayahnya meninggal, kecurigaan pembunuhan, serta skandal lain yang belum terkuak, nampaknya kita harus menunggu minggu depan untuk pemecahan masalahnya. Semoga tidak seperti kasus pertama yang berakhir gak jelas.

Ishuzoku Reviewer 04

Kaptain

Di internasional, berita besar untuk seri ini adalah pemegang lisensi yang ngedrop nayangin seri ini akibat konten yang tidak sejalan dengan standar perusahaan. Apa nggak ada orang yang ngecek kalau seri tentang rumah bordil itu bakal punya konten yang ekstrim? Ini juga sebenarnya nunjukin situasi pasar streaming yang emang rebutan lisensi secara membabi-buta dan terus kaget kalau lisensi yang mereka ambil ternyata ga viable buat ditayangin.

Mungkin saya salah inget, tapi lebih banyak fokus ke latar belakang Stunk dibanding manganya. Bisa aja sih drama dia jadi cerita akhir musim, tapi ya dijamin lah momentumnya bakal macet berhubung fanservice itu bensinnya seri ini.

Kaczmarek

Aneh sebenarnya lisensor semacam Funimation masa gak ngecek dulu konten yang akan dilisensi itu bagaimana. Entah ada staf yang selebor atau emang mau ngisi kuota musim ini aja. Sebagai salah satu serial yang cukup ekstrem (namun masih dibawah Overflow), saya juga bakal mengira Kadokawa bakal ketawa sendiri dengan keputusan Funimation untuk menghapus serial ini dalam daftar mereka.

Plunderer 03-04

Kaczmarek

Saya baru inget Lyne yang nyuarain Ari Ozawa, cocok sih untuk karakter dengan pembawaannya yang manis ini. Tapi bentar, kenapa udah ngomongin pengen bikin anak tiga padahal baru ketemuan ya Tuhan. Saya juga gak berharap karakter yang mirip dengan Ikaros ini sama Licht memiliki hubungan nantinya, karena Pele alias Gespenst Zerlegen. Pele sama Licht juga sama-sama kampret untuk ngerjain si Lyne. Hal yang paling atau bakal terus ditampilkan disini adalah plot twist dari angka “count” mereka masing-masing. Begitu terus sampai plot twist itu sendiri menjadi plot saja. Apalagi pace anime ini terbilang cepat dari yang saya bayangkan.

Toilet-Bound Hanako-kun 04

BlueHeaven

Ahh.. Yako maji chou kawaii!! Jadi setelah tangga misaki berhasil dituntaskan, real antagonist(?) akhirnya ditunjukan. Koku-joudai dari penampakan dan namanya adalah elemen yang berlawanan dengan Hanako. Sangat ditunggu misteri lainnya yang akan diungkapkan kedepannya.

BOFURI 04

BlueHeaven

Serius ini Maple emang bego atau cerdik entah sulit membedakannya. Mentang-mentang punya temen agilitynya tinggi, tinggal spam skill cover move bisa dapet juga pacenya. Boss yang didesain gabisa kalah bisa keok sama duet sahabat ini. Alhasil bikin kerjaan dev gamenya buat nerf MC yang katanya zero INT ini. Minggu depan adalah pertarungan yang ditunggu-tunggu antara dua best girl: Sally vs. Kasumi.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Blahblahblah Arts life blahblahblah. Sampe 155 aja, hadiah sisanya saya ga minat dan challenge quest juga dah kelar. Ga mau burnout juga berhubung besok juga langsung Valentine walopun saya ga tertarik sama Semiramis.

Arknights

Kaczmarek

Sejauh ini saya bermain aman saja terkait sanity yang mudah habis secara gak sadar. Sambil mencari-cari motivasi lebih untuk memainkan game ini, saya juga kudu meneliti masing-masing operator yang saya kira perlu diangkat lebih tinggi lagi. Selain itu, saya juga mengincar Eyjafjalla dalam waktu dekat.

Channel JOI juga baru saja berdiskusi soal ubikuitas konten bajakan di komunitas lokal yang bisa kalian lihat di bawah. Komentar di video bakal membantu banget performanya, jadi nulis “Wahai algoritma, bangkitkan video ini” atau semacamnya juga kami sudah terima kasih.

Header: a_in_k