Dapatkan Hujatan, Kohei Horikoshi Akan Ubah Nama Asli dari Daruma Ujiko

February 4, 2020 2:33 pm
Dapatkan Hujatan, Kohei Horikoshi Akan Ubah Nama Asli dari Daruma Ujiko

Kreator dari serial Boku no Hero Academia, Kohei Horikoshi harus mengganti seorang nama karakter dalam serialnya dikarenakan banyaknya hujatan terhadapnya. Hujatan ini terpantik pasca nama lengkap dari karakter Dr. Daruma Ujiko yang diungkap bernama Maruta Shiga pada chapter ke-259. Mengapa Hirokoshi mendapatkan hujatan terkait nama tersebut?

“Maruta” adalah kode nama dari Jepang  yang menjadi korban eksperimen manusia saat Perang Dunia Kedua yang dilakukan oleh Unit 731 Militer Jepang. “Maruta” ini merupakan sebutan objek eksperimen yang mayoritas berasal dari Tiongkok. Dalam bahasa Jepang, “maruta” diartikan sebagai kayu gelonggongan, yang masih terkait dengan fasilitas eksperimen manusia ini karena dahulu dianggap sebagai pabrik kayu oleh pemerintahan setempat. Sehingga sering muncul candaan “Berapa banyak kayu yang jatuh?” saat proses percobaan eksperimen.

Dalam eksperimen ini terdapat bayi, anak-anak, wanita hamil, warga lanjut usia hingga yang berkebutuhan khusus  yang dijadikan objek eksperimen. Objek eksperimen ini harus menderita penyakit seperti sifilis, dijadikan target ledakan dan senjata biologis, dibekukan dalam es, dan wanita harus dihamili akibat dari pemerkosaan dan pemaksaan kehamilan. Objek eksperimen yang sudah meninggal akan dikremasi.

Dalam serial shounen tersebut, karakter ini adalah pengikut dari All For One dan merupakan ilmuwan yang sendirinya melakukan eksperimen terhadap manusia. Tentunya dengan latar belakang seperti ini bakal memantik pahitnya kalimat yang dikeluarkan para pembacanya.

Dalam pernyataannya di Twitter, Horikoshi mengatakan, “Banyak yang menunjukan nama karakter ‘Shiga Maruta’ dalam chapter minggu ini di (majalah) Jump yang memunculkan ingatan akan tindakan yang dilakukan di masa lalu. Saya tidak berniat untuk (menggunakan) nama itu untuk dikaitkan dengan hal tersebut (masa lalu). Saya merespon masalah ini secara serius dan akan mengganti namanya”.

Respon tak hanya dari Horikoshi sendiri, melainkan juga akun Twitter resmi dari Shounen Jump. Dalam pernyataannya, pihak editorial majalah mengungkap bahwa mereka dan juga Horikoshi sendiri tidak bermaksud apa-apa dalam penamaan karakternya. Namun dikarenakan tidak ada niatan untuk memasukan unsur sejarah kelam dalam karyanya, mereka memutuskan untuk mengganti nama karakter saat chapter berikutnya terkumpul dalam volume berikutnya.

Karakter Dr. Ujiko pertama kali muncul sebagai kreator dari nomi pada episode ke-33 adaptasi anime-nya. Di serial manga, ia muncul pada chapter ke-59.

Sumber: ANN, Polygon