Shogakukan Ungkap Tanggal Penerbitan Volume Terakhir Manga Infinite Stratos

February 5, 2020 10:25 am
Shogakukan Ungkap Tanggal Penerbitan Volume Terakhir Manga Infinite Stratos

Penerbit Shogakukan mengumumkan bahwa manga karya Izuru Yomizuru dan Homura Yuuki “Infinite Stratos” akan berakhir pada volume ke-8. Volume terakhir ini akan diterbitkan pada 19 Maret 2020. Sampul volume terakhir ini juga belum diungkap ke publik.

Akun twitter Monthly Sunday GX sebelumnya sudah mengumumkan berakhirnya manga ini, namun twit tersebut dihapus dan dipublikasi kembali. Yuuki kemudian merespon pada 16 Januari lalu bahwa dirinya akan bekerja lebih keras lagi dan akan bersama para pembacanya hingga akhir.

Yuuki meluncurkan adaptasi manga dari novel buatan Izuru Yumizuru pada 18 Mei 2013 di majalah Monthly Sunday GXManga ini sempat masuk fase hiatus pada Juni 2018 dan kemudian berjalan kembali pada September 2019.

Sinopsis:

Di dunia yang mengalami kemajuan teknologi, hanya perempuan yang dapat menerbangkan unit militer yang paling canggih—Infinite Stratos (IS). Dengan kekuatan ini, perempuan memegang penuh kekuasaan dari bidang politik, sosial, dan usaha ekonomi; meninggalkan laki-laki di lapisan pinggiran masyarakat, hingga ditempatkan sesuai dengan keinginan pemimpin mereka sekarang, perempuan. Hingga seorang lelaki bernama Orimura Ichika, satu-satunya laki-laki yang ditemukan memiliki kemampuan untuk menerbangkan IS, didesak menuju spotlight, dan bersekolah di IS Academy yang bergengsi. Terjebak di tengah kumpulan perempuan, Ichika berusaha membuktikan bahwa laki-laki masih memiliki tempat di dunia ini. Sedikit dari yang ia tahu, Ichika hanyalah objek  yang perempuan-perempuan ini cari.

Sementara itu, Yumizuru meluncurkan novel Infinite Stratos pada 25 Mei 2009 dengan ilustrasi karya Okiura. Novel ini direncanakan tamat pada volume ke-13. Novel ini mulai diterbitkan oleh Media Factory sejak  25 Mei 2009. Namun sebelum volume ke-8 diterbitkan, Media Factory secara tiba-tiba memberhentikan produksi novel ini setelah sejumlah retail seperti Amazon, Rakuten dan lainnya memesan novel ini kembali kepada mereka. Hal ini berujung pada sejumlah retail mengumumkan bahwa volume ke-7 adalah volume terakhir serial ini. Ratusan penggemar serial ini banyak yang menyerbu retail di Akihabara untuk mendapatkan stok terakhir. Media Factory juga kemudian menghapus referensi Infinite Stratos dalam situs utama mereka. Hingga kini tak ada kejelasan terkait alasan Media Factory menghapus serial ini dari daftar mereka.

Yumizuru kemudian mengumumkan lewat akun Twitternya bahwa volume ke-8 novelnya akan diterbitkan di penerbit lainnya, yang diketahui adalah Overlap. Posisi Okiura sebagai ilustrator kemudian digantikan oleh CHOCO. Overlap kemudian melakukan penerbitan kembali dari volume pertama novelnya dengan ilustrasi baru buatan CHOCO. Overlap sebelumnya menerbitkan volume ke-12 pada 25 April 2018.

Adaptasi manga pertama dari novel Yumizuru dibuat oleh Kenji Akahoshi. Manga ini ditampilkan di majalah Monthly Comic Alive pada 27 Mei 2010 dan berakhir pada 27 Juli 2012. Media Factory telah menerbitkan 5 volume manga ini.

Adaptasi anime Infinite Stratos yang diproduksi oleh studio 8bit mulai ditayangkan pada musim dingin 2011. Musim pertamanya diisi oleh 12 episode. Kemudian musim keduanya mengudara pada musim gugur 2013 dengan jumlah 12 episode juga. Selain seri televisi, adaptasi OVA dan cerita sampingan juga telah dibuat yang menceritakan bagian yang tidak ditayangkan di televisi.

Gambar: Shogakukan

Sumber: ANN