3 Lensa Murah yang Kamu Perlu Punya Setelah Lensa Kit

February 7, 2020 2:26 pm
3 Lensa Murah yang Kamu Perlu Punya Setelah Lensa Kit

Kamu seorang videographer pemula dan memiliki kamera yang lensanya bisa diganti-ganti? Tapi, sekarang sedang bosan dengan lensa bawaan dari kameranya. Ketika ingin membeli lensa lain dengan mencarinya di internet, kamu langsung bingung karena banyak sekali pilihan lensa yang ada di pasaran.

Nah di saat seperti ini, mungkin sebaiknya kita tanya pada diri sendiri. “Perekaman video yang seperti apa yang ingin kita buat?” Sebab dengan menjawab pertanyaan tersebut, itu akan memudahkan kita untuk memilih lensa yang akan kita beli. Kecuali kamu seorang sultan yang tidak peduli berapapun harganya kamu bisa beli dengan tinggal gesek kartu.

Dan kalau kamu masih belum tahu perekaman video yang seperti apa yang ingin dibuat, kamu tidak perlu khawatir, sebab disini videografer kita akan berikan rekomendasi 3 jenis lensa yang wajib dimiliki oleh seorang videografer pemula untuk bisa dirinya membuka banyak akses berbagai macam jenis perekaman video untuk kamu pelajari. Lensa apakah itu?

3 jenis lensa ini yang ingin di share kali ini hanya berlaku untuk kamera dslr atau mirrorless. Jadi smartphone, handycam, kamera pocket, action kamera atau drone tidak berlaku terhadap jenis rekomendasi lensa ini ya.

Sehubung videograferkami, Niko, menggunakan kamera mirrorless canon, jadi kami berikan contohnya untuk kamera canon. Loh bagaimana dengan brand kamera lain? tenang saja, jenis lensa yang akan disharing ini pasti ada di brand kamera lain. Tapi harganya murah atau tidak, yaa pastinya murahan harga lensa canon.

Oke langsung masuk ke kategori lensa pertama adalah LENSA WIDE.

Jika kamu pertama kali beli kamera yang sudah dipaketkan dengan lensanya, biasanya kamu akan mendapatkan lensa kit. Lensa kit merupakan lensa yang pasti akan dimiliki oleh semua videographer pemula dan biasanya frame yang diambil cukup lebar. Sedangkan lensa wide akan membuat frame video kamu lebih lebar lagi dari lensa kit yang kamu punya. Misalnya dari lebar yang seperti ini bisa jadi seluas seperti ini.

Lensa wide ini biasanya untuk merekam video yang seperti vlogging. Itu lho yang kamu berpose selfie dan ngomong langsung ke kamera. Lensa wide juga cocok untuk video landscape baik di indoor yang cukup sempit atau outdoor. Biasanya youtuber menggunakan lensa ini untuk jenis video yang travel atau jalan-jalan ke event.

Di canon, salah satu lensa widenya yang paling murah itu adalah EF-S 10-18mm f/4.5-5.6

Kategori lensa kedua adalah LENSA PRIME.

Lensa Prime itu memiliki ciri khas yang bukaan lensanya paling besar. bukaan itu dilihat dari aperture atau kalau misalnya kamu lihat di depan lensa biasanya tertulis “f/angka”. Semakin angkanya kecil semankin bukaannya besar. Bukaan besar lensa ini berfungsi untuk memasukkan cahaya lebih banyak ke kamera dan memisahkan objek depan dengan belakang dengan tampilan berbayang atau yang sering kita dengar dengan istilah bokeh.

Kamu-kamu yang menyukai rekaman video bokeh gitu di backgroundnya wajib banget menggunakan lensa PRIME.

Kegunaan lensa Prime ini untuk merekam video yang seperti cinematic b-roll atau potrait dan mungkin juga macro.

Di canon, salah satu lensa primenya yang paling murah itu adalah EF 50mm f1.8

Kategori lensa ketiga adalah LENSA TELE.

Lensa tele atau biasa disini dikenal dengan lensa sapu jagat yang berfungsi untuk merekam video dari jarak yang cukup jauh. Biasanya lensa tele ini bentuknya paling besar dan panjang.

Lensa Tele biasa digunakan untuk merekam video olahraga, pertunjukan panggung, dan binatang liar yang ada di muka bumi ini. Tapi entah kenapa youtuber indonesia lebih sering dipakai untuk nge-prank.

Di canon, salah satu lensa telenya itu adalah ef 70-300mm f/4-5.6 IS USM

Sekian JOI Tech Review pada episode kali ini, semoga teman-teman mendapatkan info yang bermanfaat dan pengetahuannya level up. Jya mata ne~