Nice Boat 2.0: Tokyo MX Pasang Program Kapal Pesiar untuk Slot Ishuzoku Reviewers

February 8, 2020 10:19 am
Nice Boat 2.0: Tokyo MX Pasang Program Kapal Pesiar untuk Slot Ishuzoku Reviewers

Pada hari Jumat kemarin, Tokyo MX resmi menghentikan penyiaran serial anime Ishuzoku Reviewers” yang seharusnya tayang pada hari Sabtu malam pukul 25:30 waktu Jepang (atau 01:30). Tokyo MX kemudian mengisi slot kosong yang ditinggalkan serial tersebut dengan program “Offshore Paradise Ocean”, tayangan tentang keindahan di kapal pesiar. Sebentar, ini bukan de javu kan?

Acara Offshore Paradise Ocean ini membahas perjalanan dalam kapal dengan berbagai layanan hiburan serta pertunjukan dari masing-masing daerah yang dikunjungi. Pada episode berikutnya, kapal akan berangkat dari kota Kobe, Prefektur Hyougo menuju Kitakyushu, Prefektur Fukuoka. Perjalanan kemudian berlanjut ke kota Vladivostok, Rusia dan berakhir di kota Tsuruga di Prefektur Fukui. Tentunya jika melihat masa lalu, elemen kapal dan penayangan anime ini tidak jauh hubungannya dari suatu meme dari 4chan bernama “Nice Boat”. Bagaimana proses meme ini muncul?

Pada 17 September 2007, sehari sebelum episode ke-12 dari anime School Days ditayangkan di TV Kanagawa, sebuah kasus pembunuhan terjadi. Seorang gadis berusia 16 tahun membunuh ayahnya sendiri di kota Kyoto di rumahnya menggunakan sebilah kapak. TV Kanagawa kemudian membatalkan penayangan episode ke-12 School Days dikarenakan konten kekerasan yang mirip dengan kasus tersebut. Stasiun TV ini kemudian mengisi slot kosong penayangan tersebut dengan video kompilasi pemandangan dari Eropa termasuk negara Norwegia dengan lagu tema “Air on the G String” karangan August Wilhemj.

Pembatalan tayang episode ke-12 ini juga dilakukan oleh Chiba TV dan TV Aichi. 0verflow sebagai developer kreator seri ini membuat publikasi permintaan maaf di hari yang sama. Mereka juga memberikan kesempatan screening untuk episode terakhir yang sudah dirubah di Akihabara 3D Theater tanggal 27 September 2007. Setelah ditayangkan di teater, channel AT-X kemudian menayangkan episode terakhir tanpa perubahan pada 27 September dan 1 Oktober.

Seperti yang dijelaskan pada paragraf sebelumnya, TV Kanagawa menayangkan kompilasi video pemandangan Eropa termasuk Norwegia. Di dalam video ditampilkan kapal M/S Skagastøl yang tengah berlayar. Video ini kemudian diunggah di internet. Dikarenakan pembatalan penyiaran episode ke-12 anime School Days, video M/S Skagastøl menjadi populer dan munculah istilah meme “Nice Boat”. Frasa ini menjadi populer di Jepang dan Google Trends merekam lonjakan pencarian “Nice Boat” seminggu setelah penayangannya. Yomiuri Shimbun melansir bahwa “Nice boat” menduduki peringkat ke-10 dalam popularitas mesin pencarian Yahoo! Japan dari 17 September hingga 23 September 2007.

Nice boat edisi kedua akan datang setelah 13,5 tahun semenjak edisi pertamanya. Tentunya momen ini tak akan luput dari para netizen Jepang pada malam nanti.

Anime ini akan tetap tayang di stasiun televisi seperti KBS Kyoto, Sun TV, BS11 dan AT-X. Situs streaming seperti Abema TV juga masih menayangkan serial ini.

Semoga serial ini masih bisa tayang paling tidak di salah satu stasiun televisi di Jepang hingga episode terakhirnya nanti. Sangat disayangkan jika anime dengan rating tinggi ini (?) harus berhenti di tengah jalan hanya karena masalah standar ratingnya.

Sumber: Tokyo MX, IT Media