[JOI Spotlight] Enthusiastic Babysitter Edition

February 9, 2020 7:19 pm
[JOI Spotlight] Enthusiastic Babysitter Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Seperti biasa para staf akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang sudah hadir di minggu ini.

Eizouken 05

Kaptain

Kurang lebih simulasi soal ngurusin klien yang daftar requirementnya berantakan. Kali ini fans mecha yang disakitin. Tentu aja karakter yang peduli banget sama detail itu sadar soal kelemahan mecha. Kali ini appeal to emotion dari para artist yang sukses majuin proyek because everyone wants a space mecha that can do Hadouken.

Saya tahu ada yang sebel sama kechuniian Asakusa, tapi nyatanya walaupun penakut ternyata dirinya punya skill praktikal buat keluar dari lubang. Ini ngebuat dia jauh lebih baik dari karakter chunii pada umumnya berhubung sebagai manusia dia masih fungsional. Kanamori yang udah ngebongkar perangai dia juga ngebantu.

Dorohedoro 04

Nggak cuma Araki aja yang bisa flexing playlist

Kaptain

Kecewa saya rumah Kasukabe dipangkas. Penjelajahan labirin itu satu chapter penuh tapi ini malah langsung dikebut. Sebagai gantinya ya sesi masak Turkey jadi bagus, so eh.

  1. Ada penyihir yang emang nggak bisa ngegunain sihir, kalau bahasa Harry Potter-nya ya Squib. Ada narkoba yang bisa ningkatin kemampuan mereka dan En benci banget sama narkoba ini.
  2. Ebisu punya latar belakang dari keluarga ekonomi atas. Tapi dirinya terlibat dengan para Cross Eyes yang megang distribusinya. Ingatannya sayang masih belum kembali.
  3. Fokus ke biologi para penyihir yang pada dasarnya itu dikendaliin sama iblis di kepala mereka. Perhatikan juga kalau para penyihir punya nama Jepang sementara penghuni Hole punya nama barat. Dan sekarang kita dapet teman baru yang namanya Kasukabe

Infinite Dendrogram 05

This is like Re:Creators in VRMMO

Kaczmarek

MC with no fashion sense, is the best way to open some plot-chest. You know something is going to happen when they drop almost all of gibberish just to show us the real plot. Gambaran orang mengantri demi gashapon disini juga menunjukan betapa makin banyaknya pemain yang menaruh harapan besar terhadap gacha. Di episode ini juga banyak sekali referensi game yang diambil dari serial lainnya, namun saya gak menuduh Sakon Kaidou bener-bener ngejiplak sistem tersebut.

Saya juga meyakini Reiji bakal kena banyak kritikan disini dari para penontonnya. Mulai dari kecerobohannya hingga masalah sense of danger-nya yang seperti putus dari tubuh aslinya. Hal lain yang perlu dikritisi disini adalah rona objek yang makin kabur serta kualitas animasinya yang juga makin menurun. Recap episode atau absen 1 minggu kayaknya gak terelakan.

Isekai Quartet 04

CTian

Baru sadar gak ada bahas anime ini lagi. Tapi, ya prediksi saya di episode 1 benar sih. Tentang Shield Hero yang jadi guest character saja. Di episode 2 oke lah masih muncul sedikit di akhir. Di episode 3 dan 4 tidak muncul sama sekali lho. Bahkan episode ini ada adegan ke kelas sebelah, tapi tidak memunculkan party Shield Hero. Kita lihat saja, episode berikutnya party Shield Hero absen lagi gak ya?

Episode ini, saya suka cara mereka menaruh semua referensi seri utama masing-masing. Itu, waktu Ainz-sama pakai sihir tingkat tingginya, satu. Terus Aqua yang gak kena efek world item karena seorang Dewi, dua. Tanya yang tidak kena juga, dan dijelaskan juga sama Ainz, tiga. Sama si Subadrun, empat dan semua dapat referensinya. Tapi itu sebenarnya spoiler gak sih, si Subadrun?~ Lalu, tentu saja party Konosuba yang kena lagi. Terutama si dewi sableng kita, Aqua-sama! Si Ainz-sama sampai heran sendiri lihat tingkahnya Aqua, wkwk~ Dewi yang tingkahnya lebih memalukan dari manusia, wkwk~

Toilet-Bound Hanako-kun 05

CTian

Gak sempat bahas episode 4 minggu lalu, bahas dikit ya di sini~

Misteri Tangga Misaki selesai! Ah, Yako kecil imut sekali!~ Di manga, Yako kecil sebenarnya gak dapat jatah panel banyak, hanya 1 panel malah. Special thanks to Lerche yang ngasih jam tayang lebih untuk Yako kecil. Walau masih merasa Maaya Uchida lebih cocok untuk meranin Yako, tapi emang ara-ara vibe-nya Yukana-san lebih dapet sih~ Juga, suka sekali warna waktu adegan malamnya. Hijaunya mirip warna hijau dari sampul jilid kedua manganya, yang merupakan sumber cerita misteri Tangga Misaki ini~ That kiss, ahh jimat kok itu! Oke langsung bahas episode 5~

Masuk episode 5, benar kan jimat itu!!! I love cara Lerche adaptasi cerita ini. Waktu Hanako-kun nunggu di bawah pohon ghoib itu, Hanako-kun-nya transparan~ Memberi citra kalau Hanako itu memang sudah mati, sudah jadi arwah. Glad Lerche still keeps that, adaptasi terbaik musim ini. Lalu, adegan itu waktu Nene nangis. Ahhh jiwa fangirl-ku (walau saya seorang pria) bergejolak!!! Ship, ship, ship!! Nene sudah mulai penasaran dengan masa lalunya Hanako-kun. Apakah ini akan membawanya ke jawaban yang dia inginkan, atau?~ Ah sudah, nikmati saja.

Tapi, adaptasi animenya mengundur salah satu cerita di adaptasi ini. Iya, diundur sepertinya, soalnya bagian awalnya sudah diadaptasi di episode ini, jadi saya rasa tidak di-skip. Cerita apakah ini? Cerita tentang Minamoto bersaudara yang membasmi makhluk supernatural. Bukan cerita yang terlalu penting sih, tapi setidaknya penonton bisa lebih mengenal Minamoto bersaudara dan Hanako-kun melalui cerita ini.

Minggu depan akan membahas Nana Fushigi ke-5, Perpustakaan Pukul 4 Sore! Perpustakaan yang mempunyai buku berisi rekam jejak semua orang di sekolah~ Dari yang masih hidup, sampai yang sudah mati. Ahhh tidak sabar, satu lagi rahasia Hanako-kun akan terungkap di sini! Lalu, saya sudah jatuh cinta dengan seiyuu pemegang nomor Nana Fushigi ini. Om Kenjirou Tsuda, si wong sugih!~ (Kaiba Seto, Yu-GI-Oh!) Walau tidak sesuai fancast saya, tapi saya masih setuju dengan pemilihan ini. Vibe “orang tua” yang diberikan om Kenjirou pasti dapat banget di karakter satu ini. Tidak sabar, juga, ada salah satu adegan yang paling saya tunggu di adaptasi cerita ini.

BOFURI 05

CTian

Ahhh Maple having fun sekali di event kedua ini! Juga, ending-nya tidak terduga!~ Punya kesempatan untuk memilih skill baru dari event, dijadiin buat seneng-seneng aja. Kura-kura raksasa, terbang, terus nge-skill hujan racun. Gak ada masuk akalnya sama sekali, wkwk. Terus juga, bikin GM pusing sampai-sampai udah gak peduli lagi dong, wkwk~ Lebih terasa last boss daripada last bost yang mereka bikin, wkwk~ Ahhh, she’s cute is she?~ /plak

Sally juga jadi bintang utama di event kedua ini. Merupakan event pertamanya buat dia, langsung unjuk skill dengan pembantaiannya di malam terakhir event. She’s so badass lah, teman party yang cocok memang buat Maple yang tidak terduga itu. Tidak heran kalau di episode berikutnya sudah dapat julukan macam-macam seperti Maple. DAMN! SHE’S HOT IS SHE?~

Sangat menantikan kesenangan apalagi yang akan Maple lakukan. Apalagi dapat teman baru dari event kedua ini. I’m having fun too watch this anime for sure~

BlueHeaven

Flying poison fortress! GM sudah angkat tangan dengan kasus Maple. Sally juga mengamuk membuat meta NWO kembali terguncang. Legenda malam keenam event kedua akan terus diingat sebagai momentum lahirnya imba chara lainnya. Btw, Kasumi yahud juga hanya saja saya masih setia dengan Sally sebagai pilihan saya.

Runway de Waratte 05

CTian

Tolong, saya salah fokus sama thumbnail-nya Muse Asia untuk episode ini, wkwk~ Chiyuki muncul lagi, setelah absen 1 episode. Langsung ngasih service dong, Chiyuki tuh girl’s body goals banget ya kayaknya. Walau tingginya bukan model’s runway goals. My boy Ikuto! Di awal-awal saya merasa karakter ini kurang berkesan, tapi sekarang saya sudah merasakan vibe karakter shounen dalam dia. AKHIRNYA IKUTO MEMBANGKITKAN TEKNIK PERNAFASAN DESAINERNYA! /plak

Satu lagi karakter yang mengejar mimpinya. Voiced by Kayano Ai. Love her already!~ Munculnya karakter ini nih, saya merasa Ikuto sudah mulai membangkitkan teknik ‘ceramah shounen-nya’ juga. Belum banyak komen untuk karakter baru ini, tapi sangat menantikan perkembangannya. Also, fitter di episode 3 balik lagi, tsundere toh ternyata~ She’s cute too~ Semua karakter perempuan di anime ini loveable semua lah. Prianya juga sih~

Terakhir, momen Chiyuki x Ikuto di sini bikin jiwa fangirl-ku (walau saya seorang pria) bergejolak (juga)!~ My best couple for this season~

BlueHeaven

Duh Chiyuki sangat mantap fans servicenya. Terima kasih thumbnailnya Muse Asia.

Kaczmarek

Saya kasian sama Chiyuki disini, dia jadi objek fanservice terus. Tapi semua bisa dikesampingkan dengan sikapnya yang udah bodo amat alias pengen profesional jadi model disini.

Somali to Mori no Kamisama 04

Kaczmarek

Haitora, human in falcohol disguise. Koleganya disini adalah Uzoi, seorang…. bukan, seekor Harpy yang disuarakan Saori Hayami. Mendengar ocehan Somali dan Uzoi yang saling ngobrol bikin saya pusing. Apalagi cara berbicara mereka yang seperti para bocah. Kudu tahan deh sampai akhir musim demi mengikuti serial yang penuh misteri ini.

Darwin’s Game 05

Jangan terjebak dengan tampang lugunya

Kaczmarek

Here he comes. Souta/Sui muncul dan menyerang Shuka sampai kelelep. Ryuuji juga resmi bergabung grup ini, dengan kemampuannya yang lebih enak disebut sebagai “Bullsh*t Detector”. Kecurigaan Rein terhadap aturan main dalam event kali ini membuat saya berekspektasi bakal ada penghianatan dari timnya Kaname ini. Tapi yang paling mencurigakan tentunya Hiiragi disini. Mari kita tunggu minggu depan, dengan “Hardness” ehm ehm. Persiapkan waktu kalian. Ah and the code on the rings, seems like longitude and latitude number.

In/Spectre 05

Kaczmarek

Perkataan Kotoko ini masuk akal jika diaplikasikan tidak terhadap serial ini saja, melainkan juga kepada serial seperti Toilet Bound Hanako-kun dan Monogatari Series. Suatu makhluk halus yang sebenarnya tercipta berkat imajinasi manusia yang jumlahya makin dan makin tak terhitung. Tentu saja biang keladi kehadiran hantu ini tentunya sang ilustrator dan pengelola situs wiki itu. Tak mengherankan saat Kojin Nanase benar-benar muncul maka internet makin berulah dan menambah poin kehidupan bagi makhluk ini. Saya pun menduga situs seperti Pixiv di dunia ini juga ikut mendukung keberadaannya haha, sehingga Rule 34 untuknya sudah tak bisa terelakan. Yes, someone from this series might masturbate into Nanase (real life or in ghost form). Point breaker disini adalah saat Saki mengatakan kasus ini hanya populer di internet dibanding di televisi.

Episode ini juga terasa lebih pendek jika kalian benar-benar fokus terhadap dialognya. Tak terasa 20 menit telah berjalan dan membuat saya kesal sebenarnya, dikarenakan kasus pertama sebelumnya yang masih menggantung begitu saja. Mengesampingkan hal tersebut, dialog ketiga karakter utama ini bikin saya geli sendiri. Kuro yang masih mengagumi (tubuh) Saki, Kotoko yang kesal karena tak diperhatikan, dan Saki sendiri yang antara jijik sama kasihan dengan Kuro. Mengutip perkataan Kotoko, “Bisakah Saki menerima bahwa Kuro bakal menjadi suami terbaik?”. Dengan kekuatan tersebut, Kuro juga gak butuh asuransi kesehatan dan kematian haha. Ya tapi mental Saki dipertaruhkan nanti.

Hal terakhir yang saya ingin komentari disini adalah Kuro dan Kojin Nanase yang bertarung layaknya manusia biasa yang tak pernah ikut kegiatan bela diri (yang juga dikatakan sama Kotoko). Keduanya berkelahi dengan ceroboh dan namun Kuro paling tidak bisa berpikir cerdas disini. Ah yeah, dua aset itu memang sulit terlepas dari mata saya. Mohon maaf sebelumnya. Di cuplikan akhir, saya melihat Nanase yang masih hidup terbaring di TKP kematiannya. Apa jangan-jangan dia belum meninggal dan ia hanya terkonsumsi oleh narasi “Kojin Nanase” yang muncul di internet? Sehingga tubuhnya terpakai oleh wujud itu? Dan saya baru sadar In/Spectre itu pun dari Inspector. Thanks banget.

FGO Babylonia 16

Kaptain

Really beating us in the head with Siduri here. Sampe dikasih ED khusus. Tentu aja dirinya jadi trending di Twitter Jepang. Dari momentum kemarin kirain bakal sampe ngalahin Tiamat, tapi ini momentumnya udah stabil lagi. “Selama ada satu rambut yang tersisa Ushi bakal regen terus”, or just put a hole on her body that works too. 

Ini padahal ada gag bagus pas ngelapor ke Gil, tapi jatah komedi cuma boleh ada kalau Taiga nongol.

Ishuzoku Reviewer 05

Kaptain

Saya agak berharap kalau perang biar anime ini bisa bertengger di 10 besar top anime salah satu situs nyadarin orang kalau ranking itu buat ngukur popularitas sebuah seri dan bukan kualitas. Saya bukannya bilang seri ini nggak pantes dapet ranking tinggi, tapi rating yang terbuka untuk umum itu cenderung suka dipake buat ngedorong agenda dibandingkan dengan nilai kualitas seri.

Anyway, this show. Crim ini udah keracunan dan bisa aja suatu hari disuruh keluar beli martil & paku terus mikir “ini buat seks macem apa”. Surprisingly wholesome first part, cuma di bagian kedua rada unik aja tim kita ini berani banget makan sesuatu yang baru aja digerayangin beberapa jam sebelumnya.

BlueHeaven

Jika wibu bersama, nyalakan tanda bahaya! Pergerakan Ishuzoku Reviewers adalah bukan gerakan yang tidak bisa disepelekan. Membuat anime untuk bertengger di posisi top 10 MAL perlu kekompakan dan keseriusan. Hal ini sontak membuat saya tertarik untuk mencoba mencicipi anime yang dihentikan pihak yang menayangkannya. Tentu ini bisa jadi pelajaran buat pihak yang ingin menayangkan untuk selalu kroscek terlebih dahulu sebelum diluncurkan, jangan langsung ambil-ambil saja.

Toaru Kagaku no Railgun T 05

Kaczmarek

Kongou ternyata bisa berpikir tajam dan sangat teliti dari yang saya bayangin. Meskipun pertarungannya dengan Baba Yoshio harus kandas karena keinginannya untuk menyelamatkan sang kucing. And yeah, she need more screen time to know more about. Dan yak jika kalian mengingat seri anime Index dulu, Yoshio sudah muncul disana dan lebih kurus dari serial Railgun.

Saya sendiri menantikan bagaimana Wannai dan Awatsuki dapat menghajar Yoshio ya paling tidak sampai ia benar-benar menyerah. Yang ditakutkan disini adalah nanodevice yang tertanam dalam kaki Kongou dan bagaimana Yoshio bakal menghadang mereka lagi. Gadis psychometrist Tokiwadai yang tadinya dimintai bantuan nampaknya bakal nongol lagi juga.

Murenase! Seton Gakuen 05

Kaczmarek

Festival olahraga yang adil. Manusia berlomba dengan para hewan itu adil banget. Di episode ini juga Miyubi menunjukan kemampuan terbaiknya sejak episode pertama. Kungkang memang jago renang sih dan tak terlalu lambat kecepatannya. Yang menakjubkan disini adalah bagaimana Miyubi bisa sampai garis finis dan berhasil meraih kepopulerannya. Walau berakhir dengan suruhan Jin Shapiro untuk mati dulu.

Jangan lupa, Panda bakal muncul di episode berikutnya! Beruntungnya nama dia bukan Corona-chan..

Koisuru Asteroid 05-06

BlueHeaven

Feeling saya udah ga enak dari episode 4, dan ternyata bener Monroe sama Sakurai retired dari jabatannya dan menyerahkan kepemimpinan kepada Inose. Bisa dibilang ide klub geoscience cukup menarik dan berjalan sukses untuk festival budaya sekolah. Karakter baru juga mulai bermunculan, kita tunggu saja dua minggu lagi untuk episode selanjutnya klub geoscience ditangan maniak peta.

Girls Frontline

Kaptain

Night Mission baru enteng berkat HOC. Dari jadwal maintenance CT bakal tanggal 18 nanti. Pas sama patch 5.2 Shadowbringer. Harusnya sih story mainnya bisa lebih cepet berhubung ini HOC dah mostly operational.

Shadowbringer

Kaptain

Selamat buat yang main RDM on the other hand. Personally abis ngelarin MSQ bakal nyerbu Diadem selagi orang bakal bersedia bayar premium buat material baru.  Mungkin ini juga bakal pertama kalinya saya bakal nyoba relic weapon berhubung saya cukup invested sama latar questnya. Udah gitu subplot yang ada Cid didalemnya itu konsisten bagus.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Saya lebih pengen adegan valentine lama dipermak ulang dibanding dikasih VA. Berhubung adegan karakter yang lebih modern itu udah kayak Interlude durasinya. Ini tipe event yang abis saya dapet scene akhir langsung stop berhubung ini juga dah dapet semua event coklatnya.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Meskipun sudah masuk event, saya sendiri gaada niatan untuk ngelarin karena dunia nyata terlalu hectic dari yang dibayangkan. Pengen curi-curi waktu juga di lappy, cuman nyuri-nyuri waktu ini akan berujung pada keterusan main.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Memasuki pertengahan musim ini apakah ada seri baru yang kalian tonton akibat respon yang terus positif selama berjalannya musim?

Header: sky_freedom_