[JOI Spotlight] Saint of Epilepsy Edition

February 16, 2020 9:41 pm
[JOI Spotlight] Saint of Epilepsy Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertengahan musim ini. Banyak yang dapat pelajaran soal kelancaran produksi anime akibat wabah kali ini, dan staf JOI hanya berharap situasi ini tidak terus memburuk.

Eizouken 06

Kaptain

Saatnya outsourcing, topik yang lagi trending melihat banyak banget proyek yang molor musim ini. Seri ini juga akhirnya ngaku kalau nggak mungkin klub SMA bisa bikin feature length anime. Doumeki, yang banyak ngira kalau dia laki-laki; ini sebenernya masih lama gabungnya, tapi di anime ini ada penyesuaian biar dia bisa gabung lebih awal. Sekolah ini emang banyak klub aneh-aneh tapi reputasi Kanamori sebagai Yakuza sekolah udah jadi pengetahuan umum.

Memang Kanamori itu eksekutif proyek ini, tapi Asakusa selaku sutradara itu pada dasarnya pemegang tanggung jawab terbesarnya dan tekanan ini bikin dia dan nyaris ngubur proyek dengan ngalihin fokus. Ngejamin proyek punya fokus yang jelas itu tanggung jawab Asakusa dan semakin cepat dia belajar untuk fokus ke visi proyek, semakin baik. Walaupun impostor syndrome bakal terus nyiksa dia selama dia kerja di industri ini.

Murenase! Seton Gakuen 06

Kaczmarek

Meimei is here! Seperti yang sering digambarkan, Panda adalah binatang malas yang sering dikagumi orang-orang dan hewan lainnya, kecuali Jin Shapiro. Jin yang ternyata adalah cowok tsundere ini tampaknya sudah mengetahui latar belakang Meimei sebelum bertemu dengannya. Memaksanya untuk bekerja disini memang ada sisi positifnya, tapi sisi negatifnya ini yang saya gak perkirakan. Meimei jadi masokis, panda masokis ya Tuhan.

AAAAAAA MIYUBIIIII ROLLIN’

Kemudian layaknya spoiled brat dengan status “terancam”, Meimei berhasil melakukan gratifikasi terhadap anggota klub memasak. Dari banyak jenis, saya tertawa lebar setelah Meimei memberikan Segway kepada Miyubi. Dari dulu please, kasian ngeliat dia jalan paling lambat mulu hahaha. Oiya, saya sendiri baru tahu kalau mengganggu atau mengancam panda bisa dihukum mati.

I feel bad for the King. Semakin banyak episode yang tayang semakin dalam juga penderitaan King. Oiya, Yena akan kembali minggu depan! Mungkin anime ini saja yang saya gak pernah skip opening dan endingnya. Malah enak jadi lagu karaokean.

Dorohedoro 05

Kaptain

ED baru, kali ini fokus ke Mushroomslayer. Melihat ini sekarang di dunianya penyihir giliran Caiman & Nikaido yang keliatan kayak psikopat berhubung mereka sekarang jadi pembunuh berantai dan bukan penjaga Hole lagi.

  1. Cross Eyes itu organisasi yang mayoritas berisikan penyihir gagal. Sesuai pengakuan Risu nggak ada yang tahu siapa pemimpinnya.
  2. Devils is a thing, begitu juga dengan neraka. Nikaido kenal dan bahkan cukup dekat dengan salah satunya.
  3. Sihir Nikaido itu cukup berharga dan cukup langka buat ngakibatin kepanikan. Dia sendiri nolak pake sihir ini.

Darwin’s Game 06

Dingin-dingin enaknya…..

Kaczmarek

Shuka bisa bertahan hidup di dalam air ini membuat saya terhajar oleh common sense buatan FLIPFLOP. Sejak itu mungkin saya gak akan mengaitkan lagi dengan common sense dari dunia nyata. Shuka juga tampaknya memiliki bibit-bibit lolicon yang seharusnya dimiliki oleh Kaname. Episode ini juga diwarnai dengan unofficial first kiss dan juga official first kiss antara keduanya. Memang kebetulan atau disengaja minggu-minggu lalu disiarkan episode recap demi momen Valentine.

Karakter Shin dan Souta ini saya kira diisi oleh seiyuu yang berbeda, namun ternyata sama-sama diisi oleh Yumiri Hanamori. Tak heran ia bisa menyuarakan karakter laki-laki, seperti saat ia mengisi suara Asahi Koube dari Happy Sugar Life. Hal terburuk yang ditunggu-tunggu akhirnya akan datang. Bendera kematian dari Hiiragi sudah berkibar dan ini sudah saya prediksi dari ketidakadaan dirinya dalam animasi penutup serial ini.

Toaru Kagaku no Railgun T 06

Kaczmarek

Untuk kesekian kalinya, saya berterima kasih kepada J.C. Staff karena telah menggambarkan Awatsuki bisa secantik ini. Berkat karakter ini, saya juga harus membaca gaya apung secara lebih jauh. Grupnya Kongou memang tak seburuk yang Misaka kira. Mereka tak membencinya, hanya menggodanya demi mempererat pertemanan mereka. Mungkin ya mungkin, di akhir arc ini Kongou, Awatsuki, dan Wannai malah makin dekat dengan Misaka. Saya juga membayangkan Misaka akan semakin terbuka dengan mereka.

Runway de Waratte 06

Kaczmarek

I know they cut some slack here but still fair enough to watch. Ada hal yang mengganggu selain pace yang kencang ini, dan saya belum bisa menemukan kata yang tepat untuk mendeskripsikan hal tersebut.

CTian

Apa ini? Ujian chunin?? LOL~ Sumpah, itu impresi pertama saya selesai nonton episode ini. Udah mulai baca manganya, yang diterbitkan m&c!, wow animenya ngebut sekali. Manganya itu benar-benar detil ceritanya, konsep desain baju Ikuto (waktu dia ketemu bokapnya Chiyuki lagi) punya cerita yang keren banget ternyata. Tapi animenya gak kelihatan buru-buru sih kalau gak baca manganya. Baru ketahuan aja nih~

Yeeee!!! Fokus ke Chiyuki lagi!~ Setelah 3 episode fokus ke Ikuto saja. Sekali lagi, saya bisa merasakan semangat karakter shonen di gadis satu ini. “Stop saying negative things in front of me already!” suka sekali dengan dialog dia yang satu ini! Ingin kuteriakkan ini ke seluruh dunia~

Ishuzoku Reviewer 06

Kaptain

Satu aspek yang dilewatin: Golem Meidri jadi produk default di toko dan dimodifikasi dikit biar ga diamuk. Ngeliat respon komunitas soal kustomisasi karakter akhir-akhir ini, Ini tipe toko yang bakal laku cuma buat ngerakit doang dan ngetes produknya opsional. Udah gitu ada model DLC dengan nyiapin preset.

Bagian kedua tuh one big censorship joke, cuma saya ga yakin ini pantes dapet ED khusus but what do I know. Aspek menarik episode ini buat saya ya respon dari spesies yang lebih komunal saat berkembang biak dan fakta bahwa golem dunia ini pake Linux. Susahnya seri komedi itu nentuin apakah referensi yang anakronistik itu cuma buat guyonan doang atau detail penting dunianya.

FGO: Babylonia 17

We put buttposting on hold due to this

Kaptain

Halo Beast II, Beast of PlayStation 2 CG. Iya saya tahu Istharin itu top tier Buster Archer dan Tiamat yang kecil itu sebatas segel aja, tapi rada ga sreg aja ini cepet banget dimatiinnya. Babylonia secara efektif dah tamat sebagai peradaban jadi tugas Gil sekarang itu mastiin kalau ada bukti peradaban yang bisa ditinggalin. Tiamat butuh dua hari buat nyampe sementara Eresh butuh tiga hari buat nyiapin Underworld, jadi saatnya boss rush.

In/Spectre 06

Kaptain

Guess what, orang yang bisa manggil hantu/jurig/dewa sebagai saksi ataupun nugasin mereka untuk ngawasin tersangka ternyata berguna banget untuk investigasi. Tapi ini seri bukan soal mecahin misteri, tugas Kotoko itu ngejaga batas antara dunia manusia dan mistik jadi nangkep Nanase atau lapor polisi kalau pelakunya itu siluman dari shitposting itu nggak akan mecahin masalah. Tenaga Nanase itu dari kepercayaan netizen kalau Nanase itu setan pembunuh dan minimal tim kita harus nyari cara agar netizen menjauh dari topik ini.

Cuma ya sekarang ada polisi yang dibunuh sama Nanase jadi ya narasi kalau semua ini cuma keisengan aja udah nggak bisa dipake.

Kaczmarek

Ini seperti membaca visual novel namun versi visual yang lebih kinetik dari biasanya. Gak cuma icha-icha diantara Kotoko dan Kurou, namun juga material narasi yang cukup berbobot. Balik lagi ke kasus Kojin Nanase, penyebab dari kemunculannya kini sudah (secara resmi) terungkap. Kotoko yang sebenarnya bisa saja langsung menanyakan saksi mata youkai di lahan proyek yang menjadi TKP kematian Nanase masih sengaja mengejar fakta-fakta lain yang ia pikir dapat membantunya untuk menyusun skenario terbaru untuk (paling tidak) menghapus keberadaan makhluk pembunuh itu. Dengan berjalannya waktu, Kotoko memanfaatkan orang-orang di sekitarnya sebaik mungkin untuk mendapatkan fakta-fakta ini. Namun di satu sisi, saya keheranan dengan kapasitas otak dari remaja dewasa yang mau masuk fakultas hukum ini. She’s genius, cunning genius, but quite appalling.

Seperti yang dibilang Kaptain, nampaknya tujuan mereka bukan untuk memecahkan misteri namun hanya menjaga batas-batas antara dunia nyata dan dunia lain yang dirasa mengancam jika benar-benar saling berpengaruh secara signifikan. Ya masa gegara fanfic, setan disini bisa muncul menjadi berwujud hanya karena popularitasnya yang melonjak. Sebagai penutup, RIP Terada.

Somali to Mori no Kamisama 06

Kaczmarek

Mengutip dari salah satu komentator legendaris, John Motson. “This could be the one, again the darker side up into the headline”. Sedari awal episode saya sudah mengira anime ini bakal menjadi gelap segelap mungkin. Ini menjadi episode pertama yang benar-benar menguras emosi apalagi saat adegan Haitora membunuh ibunya Uzoi dan kemudian ia memakan jenazahnya bersama anak istrinya. Latar belakang keduanya muncul akhirnya terkuak.

Infinite Dendrogram 06

Kaczmarek

It’s an absolute downfall when you cut the important part of the story. Hal yang saya kira dapat terhindari jika mereka tidak ceroboh menyusun skenarionya. Saya malah berharap minggu depan bakal ada episode recap karena arc berikutnya akan lebih banyak adegan yang bakal memforsir kinerja staf. Paling tidak jangan sampai delay karena coronavirus. Oiya saya mengiira Gouz-Maise bakal muncul versi 3D, jadi shout out buat para animatornya.

Plunderer 06

Kaczmarek

Ini seriusan kehadiran Pelmo bakal secepat ini? Dia benar-benar ke abyss aja gitu? Ada yang aneh disini dan saya sebenarnya gak heran karena ini serial buatan kreator Sora no Otoshimono. Bakal akan ada twist di sana-sini, jadi semoga ini bukan kehadiran terakhir dari wanita yang disuarain oleh seiyuu dari Quetzalcoatl ini. Pelmo juga punya kemampuan firasatnya yang selalu benar, jadi kemungkinan besar dia bakal masih hidup di bawah sana.

Itu tangan Abyss-nya pas banget ngasih patting ke kepala Pelmo sebelom 100% turun semua badannya. Tapi gausah memanfaatkan kesempatan kali ya, dasar tangan mesum!

Toilet-Bound Hanako-kun 06

CTian

Misteri perpustakaan pukul 4 sore selesai. Sedikit kecewa sama adaptasinya. Pertama, kualitas animasinya mulai menurun, kelihatan banget sih ini. Kedua, kecewa adaptasi beberapa panel penting di manga kurang berasa di sini. Nothing special episode ini, kecuali ya kita tahu nama asli Hanako-kun waktu masih orang dan siapa itu Tsuchigomori. Kecewa satu lagi, itu kaki laba-labanya gak dipakai jalan masa!!! Kegantung begitu aja! Padahal di manga itu juga kaki buat dia jalan! Ah ya, adegan yang saya bilang tunggu-tunggu itu juga gak wow banget ternyata di adaptasinya. Itu, waktu adegan terakhir Hanako-kun nanya Tsuchigomori ngapain si Nene. Di manga adegan itu lumayan horror sih. Ya terus nyantai lagi dengan dialognya mereka setelah itu~

Btw, sudah baca manga rilisan Elex Media yang terbaru? Jilid 9? Adegan terakhir Nene sama Hanako di episode ini bikin nyesek saya yang baca jilid 9, SERIUS!!! Ahhh!!!! Parah-parah!~ Saya nonton anime ini berasa baca ulang lagi, tapi dengan kualitas yang sedikit menurun. Untung pemilihan warna dan cast-nya masih oke lho~ Kualitas animasinya kurang dan tema cerita horror-cute-nya agak berkurang juga. Serius, coba deh baca manganya kalau belum baca. Di Jepang sudah sampai jilid 12, di Indonesia sudah terbit hingga jilid 9~

BOFURI 06

CTian

Tolongg!!! Ada chuuni!! Wkwk, Kanade mendadak jadi chunni kebanyakan di dunia gim~ Akhirnya dia memutuskan untuk istirahat 3 hari untuk menerima dunia aslinya lagi. Terus… BIKIN GUILD!!! MAPLE JADI KETUA GUILD! WAHHH INI DIA EVENT YANG DITUNGGU-TUNGGU! Rumah guild-nya bagus banget! Heran kok belum ada yang ngambil yak~ Habis itu, ngerekrut semua friend list-nya dong. Lalu, ketemu lagi kembar yang mirip kayak Maple, LOL!~ Anime paling fun musim ini~ Menantikan kesenangan apalagi yang akan dilakukan Maple, dan kali ini bersama guild-nya.

Isekai Quartet 2 05

CTian

*Insert bad words here* kau Subaru! Lagu tema penutupnya lucu! Interaksi-interaksi antar karakternya cute sekali! Juga kacau! Gak kebayang Albedo bisa nyambung sama Petelgeuse Romanee-Conti (DEESS!!!). Muncul sebentar aja, ini karakter kayaknya lebih berkesan daripada karakter Shield Hero di seri ini.

Yap, Shield Hero Party muncul di episode ini, tapi cuman di ending doang kayak gitu. Boi, sedih sekali bagi yang nunggu mereka masuk line up ini. Tapi, episode berikutnya akan beraksi lagi sih, preview-nya kelihatan seru~ Ainz sama Megumin duet dong, LOL!~

Sekali lagi, *Insert bad words here* kau Subaru!

Chainsaw Man 057

CTian

Mau bahas manga juga! Toh sekarang bisa baca manga mingguan Shonen Jump gratis + simulrelease di Mangaplus! Iya, ini resmi dari Shueisha, jadi tentu support orang-orang yang terlibat dengan karya ini~ Saya akan bahas manga Chainsaw Man mulai minggu ini, dimulai dengan bab 57 aja yak gpp~ Kamu bisa baca 6 bab pertama dan 6 bab terbaru Chainsaw Man di aplikasi dan website Mangaplus!

Kadang saya lupa betapa tidak terprediksinya dan betapa anti-klimaksnya manga ini! Kacau, kacau kacau! Padahal saya udah mikir di bab 55 gimana 3 bersaudara ini kalah. Karena ada clue dari para almarhum, tentang bagaimana mereka mengidentifikasi seseorang. Ehhhhh, si Power malah save the day, wkwk!~ Tapi masih ada 1 saudara sisa, sangat dinanti ini balas dendamnya. Saya yakin dia bakal bikin repot di akhir. Itupun kalau gak dibikin kejutan anti-klimaks lagi sih, wkwk~

Itu pengawal Denji yang model rambutnya kayak protagonis cerita h*nt*i oke juga lah~ Setidaknya dia yang pertama menunjukkan kebolehannya. Sayang masih kurang waspada, tapi cara pemikirannya tentang orang profesional boleh juga. Walau yakin bakal jadi mayat juga di akhir arc ini. Jadi, belum ada yang musuh yang sepenuhnya tumbang di arc ini. Saya nunggu si yang punya harem bergerak, mau lihat blood fiend vs blood fiend!~

Girls Frontline

Kaptain

Ranking lebih bersahabat buat yang pengen dapet special equip. Kalau kalian dah punya HOC level 60 sih itungannya dah overkill. Rada ngeselin aja sih SKK JP dapet DJMAX sementara global langsung major event. Event GFL soalnya lebih kayak UAS kalau dibandingkan sama mobage lain.

Sekian JOI Spotlight kali. Berhubung ini relevan dengan Valentine, siapa Heroine favorita kalian dari musim ini?