Setelah Maskot Pokemon, Prefektur Iwate Luncurkan Proyek VTuber Sachiko Iwate

February 17, 2020 11:01 am
Setelah Maskot Pokemon, Prefektur Iwate Luncurkan Proyek VTuber Sachiko Iwate

Selain maskot, cara apa lagi yang dapat dijadikan simbolisasi dari suatu prefektur di Jepang? AnimeMangaLive-action? Bagaimana jika sebuah proyek VTuber? Prefektur Iwate baru-baru ini meluncurkan VTuber resmi mereka yang diberi nama Sachiko Iwate. Lewat akun Twitternya, ia mengenalkan diri pada Hari Valentine lalu.

Sachiko Iwate juga merilis video perkenalan dalam sebuah twit pada hari Sabtu kemarin. Ia akan menghadirkan berita dan program-program promosi dari Prefektur Iwate dalam channel YouTube-nya. Namanya sendiri, Sachi memiliki makna kebahagiaan dan keberuntungan yang mereferensikan tujuan utama proyek ini yaitu membagikan semangat menggunakan nama prefektur.

Seiyuu dari Sachiko sendiri adalah Mikoi Sasaki. Bagi yang masih bertanya-tanya siapakah seiyuu ini, Sasaki adalah salah satu anggota dari grup Milky Holmes. Dalam franchise Tantei Opera Milky Holmes, Sasaki memerankan karakter Hercule Burton. Sasaki juga dikenal sebagai seiyuu dari dunia novel visual menggunakan pseudonym Miu Kisaki dan Kokoro Moriya. Karakter-karakter yang ia perankan seperti:

  • Himeno Katsuragi (D.C. III ~Da Capo IIII~)
  • Yuuki Ikoma (Grisaia: Phantom Trigger)
  • Nano Yunohana (Tayutama 2 ~You’re the Only One)
  • Suzuma Akagi (Kamidanomi Shisugite Ore no Mirai ga Yabai)
  • Nana Saionji (Boku no Mirai wa, Koi to Kakin to. ~Charge To The Future~)

Di tahun 2020, Sasaki juga memerankan dua karakter yang novel visualnya akan dirilis tahun ini. Ia memerankan karakter Kiri Matsuyuki dari “Oreno Sugata ga, Toumei ni!? Invisible to Suuki na Unmei” dan Hinako Tsubaki dari “Re CATION ~Melty Healing~“.

Kembali ke Sachiko, ia digambarkan penuh dengan senyuman dan memiliki kemampuan bela diri terutama dalam menggunakan naginata. Ia juga menyukai drama-drama dengan tema sejarah. Rambut dari Sachiko menggunakan warna biru, warna yang sama dengan bendera dari prefektur. Di rambutnya juga terdapat ornamen lonceng angin  Nambu Tekki.

Pada tahun lalu, Prefektur Iwate juga menunjukan maskot terbaru mereka bernama Geodude. Geodude merupakan Pokemon buatan pemerintah Iwate dan memiliki tipe batuan dimana diambil dari kata Iwa yang berarti batu.

Sumber: Crunchyroll, Mikoi Sasaki LineBlog