[JOI Spotlight] Baka Mitai Edition

February 23, 2020 8:28 pm
[JOI Spotlight] Baka Mitai Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang berkat jumlah tanggal kalender saya baru ngeh ini tahun Kabisat. Seperti biasa para staf akan memberikan impresi mereka untuk seri yang hadir di minggu ini.

Eizouken 07

Kaptain

Ada yang kaget episode soal Mizusaki ini banyak fokus ke air? Pada dasarnya penggerak terbesar Mizusaki sebagai manusia itu adalah detail dari gerakan dan bagaimana animasi itu disiplin kreatif soal membuat gerakan. Passion dia emang udah jelas banget, tapi secara praktis juga diliatin bagaimana obsesi dia ini ngebantu karir modeling dan nolong kesehatan si nenek.

Sementara di aspek produksi si Asakusa disiksa lagi soal konflik kreatif. Mulai dari klien yang “nyumbang” suara mereka dan subkontraktor yang ngebandel karena punya visi sendiri. Sejauh ini Asakusa bisa nopang kesulitan produksi sendiri, tapi kita semua tahu ini nggak bisa berlangsung lama. Untuk aspek kreatif dia nggak bisa ngandalin Kanamori buat bilang “Hell no”.

Dorohedoro 06

Kaptain

Invasi Nikaido gagal, saatnya mundur balik ke Hole. Episode yang fokus pada para korban Hole seperti Shin yang setengah penyihir dan para penduduk Hole yang ingin pergi dari tempat ini dengan berubah jadi penyihir.

  1. Penduduk Hole punya cara buat ngelawan balik, tapi berkat Shin yang ngebantai para milisi para penduduk cuma bisa manyun aja sekarang. Paling nggak Nikaido dan Kaiman walaupun lebih informal itu lebih disukai.
  2. Risu tahu lebih banyak soal situasinya dan punya insentif buat nyari pembunuhnya. Walaupun invasi gagal paling nggak Nikaido tahu manusia di mulut Kaiman sekarang udah idup.
  3. Metode si pembunuh berantai salah, tapi memang bener ada metode buat manusia biasa jadi penyihir.

Murenase! Seton Gakuen 07

Hitomi mencegah kita menjadi Furry

Kaczmarek

Selain berperan sebagai heroine dengan tingkat kemungkinan friendzone yang melebihi tinggi kakaknya Ranka, Hitomi disini adalah sumber fanservice terbaik. Anehnya banyak penonton mencari fanservice dari para binatang disini, malah disuguhkan fanservice dari Hitomi. I didn’t complain about it tho, actually i quite like it hehe. Bahkan seorang Miyubi bisa mati enam kali dalam episode kali ini karena seronoknya Hitomi. Meskipun ada peluang Yena x Hitomi, saya gak bisa ngebayangin Yena menggunakan penis palsunya nanti kalau hubungan mereka makin jauh dari ekspektasi.

Beruntung saya pernah mendengar podcast Daniel Ricciardo tentang honey badger. Jadi saya gak heran dengan kemampuan dari tubuhnya. Saya juga melihat kelucuan dari Ranka yang bersembunyi di belakang Jin Shapiro sambil memegangi tangannya. Ini berasa anak sama bapak, jadi semoga Hitomi gak ngeliat Jin sama Ranka itu kayak pasangan. SEMOGA.

Stay tuned, another swimsuit episode! I guess?

Plunderer 07

Kaczmarek

Filler week, tapi disini juga diperlihatkan keeratan hubungan antara Jail dan Licht selain dari perebutan protagonis antara Lyne dan Hina. Seperti yang Pele kira, Hina sudah sedekade terakhir berkelana sendirian, sehingga gaperlu heran dengan kemampuan mencari makanannya di alam liar. Masalah utama dari episode ini adalah kualitas in-between animation yang makin mengecewakan alias menurun dari dua episode terakhir. Saya kurang tahu apakah produksi anime ikut terdampak dengan wabah COVID-19, namun kalau enggak, ini cukup mengecewakan. Probably the worst anime this season that i keep on watching.

Darwin’s Game 07

I’m sorry

Kaczmarek

Sunset Ravens hampir sempurna, namun ini jadi kali pertama clan ini bertarung dengan clan lainnya. Di episode ini saya gak mengira Hiiragi harus ngorbanin nyawa sampai seperti itu. Meskipun masuk kategori cara yang paling efektif, tapi tetap saja ini sedikit menyedihkan. Karena ia bisa saja masih hidup dan bergabung Sunset Ravens. Nunggu Liu sama Ximing nongol sih, tapi bakal sampe gak ya di musim ini?

Clan Eight sebenarnya lebih cerdas dari yang Kaname pikirkan. Jadi kemungkinan besar mereka (Kaname dlll) harus putar otak lagi untuk mengalahkannya. Saya agak bingung dengan Rein yang membuang senjatanya saat disatronin anggota Eight, apakah Rein bisa memanggil senjatanya itu kembali atau ia harus mengambilnya kembali di kemudian waktu?

In/Spectre 07

Ya gak heran laku banget photopacknya, saya juga mau beli.

Kaczmarek

Ada yang salah dari Anda, jika orang yang kekal malah mengingatkan tentang kesehatan tubuh anda. Daftar komentar di postingan atau utas dalam anime ini juga lucu-lucu dan nampak lebih realistis. Dari komen yang berbobot seperti “Nanase Karin tidak suka dengan bagaimana polisi menangani kasusnya jika polisi adalah orang pertama yang mati” hingga yang insensitive seperti “Aku tidak peduli jika dia hantu. Biarkan aku menyentuh payudara Nanase Karin”. Lebih lucunya Kotoko mengira Kurou sudah menyentuh payudara Nanase. Saya pikir dia akan melarangnya, tapi kenapa malah nyuruh Kurou untuk nyentuh saja karena itu kesempatan dalam hidupnya hahahaha. Respon Kurou juga cukup beralasan sih, kalo dia ngikutin nafsunya akan payudara mungkin dia gabakal mau pacaran sama Saki dan Kotoko.

Kotoko ini kurang diapresiasi oleh Saki. Ia sendiri baru sadar bocah dewasa ini bisa berpikir lebih luas dalam memecahkan masalah terutama kasus ini. Yang menjadi batu sandungannya disini adalah keduanya saling menutup-nutupi petunjuk lain, yang sebenarnya bisa dijelaskan ke masing-masing. Mengurangi potensi akan ketidakpercayaan, mungkin titik balik impresi Saki nanti adalah saat kasus Nanase bisa diselesaikan. Namun kita tahu sendiri juga bahwa membuat kebohongan sebanyak mungkin itu sangat sulit agar para pembaca atau pemerhati Nanase bisa teralihkan pemikiran mereka.

Satu sosok belum tertangani secara maksimal, kita disuguhkan sosok terbaru bernama Sakuragawa Rikka. Sepupu Kurou yang lebih tua tiga tahun darinya. Saya kaget setelah Saki bilang bahwa dialah orang yang disukai oleh Kurou sebenarnya. Lebih bikin kagetnya, dia (katanya) sudah meninggal. Namun kecurigaan lain muncul di bagian preview episode minggu depan, dimana Kotoko membacakan “Siapakah sosok orang yang mengontrol Kurou dari dalam bayangan ini?”. Entah apakah masih berhubungan dengan kasus Nanase atau tidak, tapi kemungkinan besar masih ada. Karena semua karakter disini masih bisa menjadi “Kreator” wiki Kojin Nanase itu. Just in case kalian gatau, seiyuu Rikka adalah seiyuu veteran yang lebih aktif dalam proyek dubbing film-film luar Jepang yaitu Mayumi Sako.

Kaptain

Beberapa bagian bisa aja sih dipangkas berhubung ini pada dasarnya ngulang lagi dialog minggu lalu, capek ngeliat kamar hotel mulu. Topik yang lagi trending adalah “Nanase ngeakibatin korban jiwa” dan seperti yang udah dijelasin berkali-kali, cerita palsu yang dibuat itu harus meyakinkan netizen kalau ini pembunuhan konvensional, jadi harus ada tersangka yang bukan siluman, penjelasan kenapa ada Nanase yang gentayangan di kota, dan kenapa si detektif jadi korban. Ada empat cerita yang disiapin dan ngeliat pace ceritanya kayaknya tiap episode bakal fokus ke satu cerita, terus episode 12 bisa jadi epilog.

Harusnya dari latar belakang Kurou juga udah jelas kalau Rikka ini nggak normal. Ini setting di mana monster seperti Kurou itu bisa dibuat manusia dan hantu gentayangan itu faktor dalam misterinya.

Somali to Mori no Kamisama 07

Kaczmarek

Saya lupa mereka punya tujuan berbeda, dan gak bakal ngira bakal berpisah. Di episode ini kita diperkenalkan dengan Hazel dan Praline, salah dua dari witches yang secara cuma-cuma menyimpan segala bentuk literatur dari segala penjuru. Seperti yang Golem katakan, tempat ini cukup meyakinkan untuk mencari petunjuk. Namun usahanya agak dipersulit dengan kehadiran Pescafish atau silverfish versi dunia ini. Apalagi buku yang ditemukan ternyata terakhir dibaca lebih dari 300 tahun lalu, saya gak yakin eksistensi manusia saat ini bakal lebih dari yang dibayangkan.

FGO Babylonia 18

Kaptain

Saya mulai dari yang saya nggak suka: Hitachibou yang tiba-tiba aja nongol dan udah gitu ga dikasih kesempatan buat pake NP punya dia yang walaupun di gameplay wise jelek di animenya bisa keren. Secara realistis sih staf produksi kemungkinan harus milih siapa yang dapet prioritas produksi, dan jelas lah karakter SSR yang punya 3 NP yang dapet semua budgetnya.

It didn’t disappoint, Divine class Servant kayak Quetz yang walaupun dah kena nerf emang pantes dapet momen kayak gini. Episode selanjutnya Maret nanti dan kali ini penundaan memang udah sesuai jadwal produksi dan bukan karena wabah. Kecuali saya salah ngitung masih ada 6 lagi karakter yang perlu pake NP mereka.

Ishuzouku Reviewer 07

Kaptain

Ya, mayoritas episode itu buat ngeliat berbagai spesies menstruasi di panggung. All is well. Ngelanjutin topik minggu lalu: Ya, pengunjung dari dunia lain itu faktor di dunia ini dan relevan dengan kenapa si Demon pengen menangin pemilu. Sayang aja sih fokus ke Demon nggak akan kesampaian di season ini berhubung bakal ada lebih banyak karakter yang perlu dikenalin, tapi fanservice & worldbuilding wise mereka itu salah satu ras yang paling menarik.

Untuk segmen terakhir, survey diambil pas seri ini masih manga. Ada survey yang lebih baru di Twitter & Crim muncakin peringkatnya.

Chainsaw Man 58-59

CTian

Karena Weekly Shonen Jump 13 itu early release, jadi ikut bahas juga yak, bab 59~

Woww!! Saya suka sekali sama panel adegan si bungsu nangis. Sudut penggambaran dari jendelanya itu lho, unik menurut saya. Karakter si bungsu juga yang awalnya tidak pro itu sepertinya sudah diarahkan ke jalan yang benar. Semoga saja tidak kena serangan anti-klimaksnya Fujimoto-sensei. Untuk ceritanya, para antagonis di arc ini mulai terlihat gerakannya, dan mereka sudah tiba di Jepang! Tapi itu Quanxi santai banget dah!~ Sempet-sempetnya mampir ke restoran sushi dan… AHHH!! Color page bab 59, astaga! Langsung bahas bab 59 nih yak!

Selain adegan color page-nya yang bikin mata melek, pewarnaannya juga unik sekali! Lalu hebatnya juga, di bab 59 semua antagonis ditunjukkan progresnya. Tolka dan gurunya yang tinggal memberi final stab, si bungsu yang baca mantra kayak mbah dukun, Quanxi & haremnya yang sedang “main gunting” dan Santa Claus dari Jerman yang menyerbu Denji dkk dengan bonekanya, kacau, sangat kacau! Dan karena serangan ini akhirnya, ada Denji-Power moment lagi, ahhh!!~Juga, fakta Denji bukan sepenuhnya manusia lagi-lagi diangkat di sini. Penasaran akan dibawa ke mana perkembangan ini. Ngelihat Santa Claus dari Jerman udah bikin Denji dkk serepot ini, jadi makin penasaran bakal sehebat apa Quanxi dan haremnya! Yang pasti saya mau lihat Blood Fiend vs Blood Fiend! (2)

Spider Devil juga sudah muncul lagi di bab 59. Bernama Prinz, nampaknya Devil yang satu ini akan menunjukkan kebolehannya di arc ini. Tolong jangan jadi korban anti-klimaks, tolong. Saya malah menunggu interaksi Devil satu ini dengan karakter lainnya~

Terus, ada yang spesial nih di bab 59. Chainsaw Man membuka polling popularitas karakter pertama! Dan kita pembaca di Indonesia juga bisa ikutan vote lho! Bisa kamu akses polling-nya di sini https://www.shonenjump.com/j/vote_chainsaw/.

Polling ini diadakan dari 22 Februari 2020, pukul 00.00 (JST) sampai 8 Maret 2020, pukul 23.59 (JST)! Sehari kamu bisa vote satu karakter yang kamu ingin pilih! Ada 83 karakter yang bisa kamu pilih, mayoritas sih mayat dan mob unik lainnya. Bahkan ada mobil Kobeni dan sup rubahnya Tolka di bab 54, WWW!!!~ Hasil polling ini akan diumumkan pada bulan Mei 2020.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Nimbun LMD sebanyak mungkin demi naikin ke elite 1 dan 2. Baru dapet Cuora dan Lappland, namun saya belum nyerah ngejar jin Ifrit dan gletser Eyjafjallajökull. Saya seharusnya bisa upgrade beberapa bagian di base, namun saya tahan pelan-pelan dulu karena setiap hari cuman bisa ngeclaim daily login.

Girls Frontline

Kaptain

Saatnya Homeward Bound, except with Terminator. Masih grinding buat Phyton dan ngelatih MOD 3 baru. Nggak masalah pelan-pelan ngeliat ini juga emang bagus character moment-nya. Saya bilang kualitas ceritanya naik banget berhubung kita lebih fokus di karakter dibanding eksposisi di Singularity yang in a way dibutuhin banget berhubung masalah utamanya akhirnya diungkap. Kita udah masuk season 2 cerita GFL sekarang dan saya bilang seri ini sekarang bisa ngelepas kostum “Kancolle but with guns” mereka.

Shadowbringer

Kaptain

Pengen cerita Mahou Shoujo? Silakan mainin Raid tier baru. Pengen Tomino era Gundam? Silakan main Trial story. Secara pribadi tier kali ini lebih gampang dari tier sebelumnya dan selama nggak kelamaan saya apresiasi mid-fight cinematic-nya. Udah dibilangin cerita 5.2 ini kebanyakan setup buat 5.3, tapi ya kita tetep dapet bombshell soal plotpoint dari 2010 dulu.

FSH jadi gampang dilevel sekarang berkat Ocean Fishing, kalo dikebut besok bisa aja sih udah 80, tapi ini dipelanin aja buat Beast Tribe. Hiu juga udah dapet jadi urusan saya sama konten ini udah kelar.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri yang sudah hadir minggu ini?

Header: Meowdy_nio