[JOI Spotlight] Lifeguard Edition

March 1, 2020 7:29 pm
[JOI Spotlight] Lifeguard Edition

Selamat datang di JOI Spotlight tepat di pembuka bulan Maret ini. Akhir musim ini bakal jadi aneh dengan banyaknya jadwal penayangan yeng berubah, begitu juga dengan awal musim semi nanti yang sampai-sampaia da yang pindah musim akibat pandemi global. Untuk sekarang mari kita lihat impresi para staf JOI untuk berbagai seri yang sudah tayang di minggu ini.

Eizouken 08

Kaptain

Penyelesaian arc Mizusaki dengan diterimanya restu dari orang tua soal disiplin dia ini. Cuma rada bikin khawatir aja soal insiden penggerak episode ini tuh konflik kreatif yang bikin luka fatal. Cuma ya untuk Kanamori saya optimis dia bisa ngelawan satu sekolah sendirian. Saya nggak usah ngomong banyak soal adegan promo+kejar-kejaran yang merupakan salah satu highpoint seri ini, cuma rada aneh aja di 205x ini masih aja DVD dipake.

Ono selaku sponsor utama yang paling suka ikut campur nyatanya juga orang yang paling ingin penayangan perdana seri mecha dia sukses. Ini udah 8 episode dan nggak ada satupun episode lemah dari anime ini, kalau ini bisa dipertahanin empat episode lagi saya bakal dapet kandidat anime of the year.

Dorohedoro 07

Kaptain

Episode Baseball, karena ini Dorohedoro, it does what Dorohedoro wants. Johnson sekarang jadi kru reguler, begitu juga dengan 13 yang tentu aja kalah pamor sama kecoak yang pake Sneaker.

  1. Big reveal. Sihir Ebisu yang ngubah Kaiman. Ini informasi yang sekarang diketahui organisasi En, tinggal masalah waktu aja sampe ingatan Ebisu pulih sepenuhnya.
  2. En punya pasangan yang spesialiasinya itu ngilangin sihir. Walaupun ngeselin skillset dia ini berguna banget di setting kayak gini. Makanya dia dibiarin idup.
  3. Masih soal pasangan, Matsumura mati permanen. Sucks to be you Fujita.

Murenase! Seton Gakuen 08

Kucing Renang, Kucing Renang

Kaczmarek

Oke, baru tahu Jerapah juga ada yang gay dan yang ceweknya malah fujoshi. No, please Jin Shapiro gaboleh terjun ke jurang itu. Semoga ini orang bisa bekerja lebih keras lagi demi dapetin hati Hitomi. Tapi sayangnya konten di serial ini udah pasti friendzone. Saya sedikit kasian dengan Kana. Bukan, bukan karena ia tidak bisa bergabung ke klub itu, melainkan karena tiap ia bersedih, orang atau binatang lain mengira dia lagi senang. Kemudian, saya mengira melon disini itu bagian lain, tapi ternyata di dalam kepala mereka toh. “Gunakan melonmu! Gunakan melonmu!”.

Dengan adanya gadis lumba-lumba, saya merasa lega Jotaro gaada di serial ini dan saya kecewa Ranka ending song gak muncul di episode ini.

Plunderer 08

Kaczmarek

Big WTF for this episode. Saya gak bisa komentar buruk lagi sama serial ini, sampai ada cerita lain yang bisa mancing perkara.

In/Spectre 08

Kaczmarek

Obrolan dalam mobil dan imajinasi Kurou di episode ini sangat cringeworthy. Hal ini dibuat seolah mereka menyampingkan komedi dan premis arc ini, namun tidak, semuanya masih terhubung. Terutama dalam persepsi antar karakter seperti Rikka x Kotoko, Rikka x Saki, dan yang paling penting persepsi Kurou x Rikka. Alasan mengapa Kotoko dicegah untuk mencari Kurou di awal-awal episode tak lain juga karena masalah ini.

Kotoko dan Kurou sebenarnya sudah mengetahui siapa orang dibalik Kojin Nanase, namun seperti yang Kotoko katakan, ia tidak memiliki bukti otentik yang mudah dipercayai dan masuk akal dalam logika masyarakat. Jika ia sudah memaparkan ke Saki soal hipotesis itu sebelum Terada kehilangan nyawanya, jawaban akhir dari pihak kepolisian tentunya tak jauh dari hal yang dianggap masuk akal bagi masyarakat lagi. Terada just not in right place in the right time. Satu-satunya cara ya dengan meng-counter perbuatan Rikka tak lain dengan skenario balasan untuk mengurangi status keabadian dari Kojin Nanase sendiri.

Dialog akan makin rumit di episode berikutnya, dan semoga kalian gak capek berhentiin scene dan bacain komen netizen forum wiki itu.

Kaptain

Kalau masih belum nangkep soal latar belakang si sepupu, sekarang dikonfirmasi kalau Rikka itu Kudan juga dan ngejelasin kenapa kematian Nanase jadi target proyek dia ini.

Saya harap staf produksi bisa lebih kreatif soal penceritaannya berhubung kita bakal terancam ngeliat Kotoko duduk manis di jok belakang aja untuk sisa arc ini. Framing dengan rapat parlemen udah dipake jadi sekarang bisa lebih gampang ngejelasin targetnya. Rikka ingin perundangan “Kojin Nanase is real and will murder you” dilulusin dan Kotoko punya 4 proposal untuk nandingin. Let the shitposting commence.

Darwin’s Game 08

Kaczmarek

Yep, Sunset Ravens is here! Dengan opsi aliansi dengan Danjou Boxing Club dan anggota lain yang “bisa” bergabung, ini menjadi awal Kaname untuk mendewasakan diri. Time skip ini juga sedikit membuat saya mengucek-ucek manga-nya. Apalagi Wang yang akhirnya nongol di dunia nyata.

Ishuzoku Reviewer 08

Kaptain

Mungkin ini karena si Amahara emang bikin seri soal horny ladyknight, tapi walaupun bukan dia yang ngegambar; si “aktris” itu keliatan jelas banget bikinan dia. Para True Succubus dapet nilai yang ga begitu tinggi lebih karena kunjungan ke mereka itu untuk keperluan profesional daripada buat hiburan.

Berhubung pembaca JOI itu anak baik semua hal ini sih nggak relevan, tapi True Succubus yang walau wujudnya bisa gonta-ganti penggambaran pentilnya dibela-belain biar beda semua, karena ini itu bagian yang ga bisa dirubah transformasi mereka.

Toilet Bound Hanako-kun 07-08

CTian

Setelah kecewa di episode 6, episode 7-8 berhasil menangkis kecewaan itu. TSUKASA SI BANGSAT!! DEBUT!!! Ternyata bener, yang bikin seri ini gregetan emang karena SI BANGSAT!! Tsukasa ini. Terungkap sudah tentang siapa yang dibunuh Yugi Amane di masa hidupnya, adik kandungnya sendiri!

Debut di episode 7, eh dia nongol di opening video episode 8. Walau sebenarnya udah muncul dari opening video episode 1. Di situ saya sempat tertipu lho! :” Persis kayak saya tertipu di cover salah satu jilid manga-nya :’ Adik sepupu saya juga sampai histeris waktu saya kasih tahu itu bukan Hanako-kun (Amane) yang ada di opening videonya :”’

Masih ngomongin SI BANGSAT!! Tsukasa, entrance debutnya dia bikin merinding! Terus-terus, waktu entrance ketemu Mitsuba MY BOY! dan Kou~BEST BOY!!!~, adegan dia fade in-nya itu lho! Itu original dari animenya! Simpel, tapi ngena banget! AHHH BANGSAT KAU TSUKASA!!!

Cukup ngomongin SI BANGSAT!! Tsukasa ah! Saya juga mau bahas MY BOY! Mitsuba! Suaranya ngeselin! Awalnya sedikit annoying sama suaranya waktu muncul pertama kali di episode 7. Tapi, waktu episode 8, karena dia tampil full juga, jadi terbiasa dan merasa memang beginilah Mitsuba~ Jarang-jarang saya nemu cowok manis yang diisi cowok manis juga. Kobayashi Daiki, yang saya pernah dengar waktu dia ngisi suara Nico di NANBAKA.

Masih bahas Mitsuba~MY BOY!!!~, bener-bener diadaptasi dengan baik karakter ini! Walau sayang waktu Mitsuba dan Kou motret adegan kecil-kecilnya gak ditunjukkan sama sekali. Tapi, tetap aja ngena! Interaksi Kou dan Mitsuba ini agak menjurus sih, ya buat para kreator doujinshi seneng lah dapat materi~ Tapi, hubungan ini emang tulus pertemanan kok! Kou juga baik banget sih, heran Ahh MY BOY Mitsuba, you will be missed. RIP Mitsuba(?)

Kou juga yang bareng Mitsuba terus jadi salah satu spotlight di 2 episode ini. Kapal Nene & Kou mulai berlabuh! Sial!!! Sebenarnya saya gak mau Kou lebih sedih dari ini, Kou deserves better! Tapi… FEELS TRAIN IT’S COMING! LIHAT AJA NANTI DI AKHIR SERI SIAPA YANG PALING MENDERITA! AHH! Masih belum siap! Ya semoga aja cerita yang itu tidak dipotong juga.

Ngomong-ngomong dipotong, SAYANGNYA ITU CERITA MINAMOTO BERSAUDARA DIPOTONG SAMA ANIMENYA! Iya, yang saya kira awalnya bakal diundur, ternyata benar-benar dipotong! Padahal habis dari Tsuchimogori bisa dimasukkan, ehh mereka langsung main double cut. Iya! Double! Cerita Minamoto bersaudara dan Nene si Putri Duyung dipotong dong!!!~ Kecewa-kecewa. Walau bukan cerita yang penting-penting banget, tapi ada banyak detil tentang karakter dan hubungan antar karakter di sana! Ah, kecewa!

Kalau manga-nya bikin gregetan gara-gara isi kontennya, saya lebih gregetan sama animenya karena cara adaptasi kontennya itu!

Arknights (EN)

Kaczmarek

3-8 ini cukup chaotic, manic, dan annoying. Seperti ngejar Platinum Relic di Crash Bash dalam map N.Ballism. Pain in the arse and definitely i could swear a lot. Fokusin dulu untuk E2 beberapa operator, tapi ini dibikin pahit karena Eyja belum juga dateng ke Base. Please jangan sarankan saya untuk make guide di Youtube, paling gak sampe bulan depan.

Kantai Collection

(Source: Kiho Nakano)

Kaczmarek

Sejak kena DDoS, saya harus bergantung kepada SoftEther demi bisa daily login. Namun memasuki hari Sabtu kemarin, nampaknya sudah kembali normal seperti biasa. Untuk para attackers, “Buat apa coba nyerang dead game yang saya masih setia mainin ini!”

Girls Frontline

Kaptain

Yeah, chapter 3 ga macem-macem soal misinya. Kita emang udah punya lebih banyak waktu buat HOC dan M200, tapi saya ngerti sekarang kenapa pemain server lama ragequit sama map yang isinya nonstop Hydra ini. Masih di tengah chapter 3 berhubung ini nunggu ngisi Fairy Point dari farming. Harusnya sih minggu depan udah bisa kelar total dan anteng nyari drop yang belum didapetin.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri yang sudah hadir di minggu ini sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: pinkishcats