Sekolah-Sekolah di Jepang Tutup, Surplus Persediaan Susu Tak Bisa Terhindarkan

March 6, 2020 9:44 am
Sekolah-Sekolah di Jepang Tutup, Surplus Persediaan Susu Tak Bisa Terhindarkan

Pemerintah Jepang baru-baru ini umumkan bahwa kegiatan belajar mengajar dari sekolah dasar hingga menengah atas resmi diberhentikan terkait wabah COVID-19 yang kian menyebar di seluruh penjuru negara. Pemberhentian KBM ini tak hanya berdampak dari sisi pendidikan, namun juga ke industri peternakan. Bagaimana bisa?

Diwartakan oleh Sankei News, Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan melaporkan bahwa dari sekitar 20.000 ton susu yang didistribusikan setiap harinya, sekitar 2.000 ton-nya dikirimkan ke sekolah-sekolah. Susu ini dikhususkan untuk para siswa-siswi saat makan siang. Dengan berhentinya KBM di sekolah, otomatis terdapat surplus sekitar 30.000 ton susu dari produsen. Pemerintah sendiri menginginkan surplus ini untuk diolah menjadi bubuk susu, mentega dan produk susu lainnya. Akan tetapi tak semua pabrik pengolahan memiliki alat untuk memproduksi output tersebut.

Terkait dengan masalah ini, sejumlah pengguna Twitter memberikan respon tegas kepada pemerintahnya. Salah satunya adalah penasihat kooperatif pertanian dengan nama pengguna Miyabi (@miyabi02294470).

“Tak peduli merek apa itu, dimohon untuk membeli susu, susu lokal dan minumlah. Ada kemungkinan bahwa susu yang dialokasikan untuk makan siang di sekolah akan masih tersisa. Sapi perah tidak dapat mengatur jumlah susu yang mereka produksi. Jika susu yang diambil dari sapi-sapi ini tidak dapat dijual, peternak sapi perah tak dapat memenuhi kebutuhannya. Dalam skenario terburuk, mereka dapat bangkrut dari bisnisnya.”

Tak hanya menyarankan untuk membeli produk-produk susu, netizen Jepang di Twitter juga memberikan berbagai saran penggunaan susu untuk dibuat makanan. Berbagai utas berisi resep masakan dibuat, seperti contohnya yang dibuat oleh Youtuber satu ini:

Cottage Cheese

Ramen Carbonara

Shkmeruli

Tak lupa juga dari kolumnis kuliner Syunkon yang telah banyak merilis Food Review di majalah-majalah.

Bacon Potato Pie

Lalu masakan apa lagi yang dapat diolah menggunakan susu yang akan menjadi pilihan kalian? Saya sendiri pasti mencoba membuat kue ataupun dessert seperti es krim. Namun sayangnya, saya belum memiliki alat-alat yang cukup untuk membuat itu. Ya terpaksa diminum saja sambil nulis artikel ini.

Sumber: Grapee