Yuk, Ikut Jadi Reviewer Komik Romantis dari Harlequin Comics Bersama JOI!

March 7, 2020 13:33
Yuk, Ikut Jadi Reviewer Komik Romantis dari Harlequin Comics Bersama JOI!

Buat kamu-kamu yang suka untuk me-review, suka dengan genre shoujo, pastinya bisa menulis dengan baik, Jurnal Otaku Indonesia lagi butuh kamu nih! Terutama kamu yang memang gemar dengan seri-seri romantis, karena kali ini Jurnal Otaku Indonesia bekerja sama dengan Harlequin Comics yang berencana untuk merilis aplikasinya di Indonesia dalam waktu dekat.

Buat yang belum tahu dengan Harlequin Comics, Harlequin Comics adalah serial komik romantis yang diadaptasi dari novel-novel Harlequin dan didistribusikan oleh SB Creative. Serial ini membawakan komik-komik Harlequin yang berawal dari Bahasa Jepang dan sudah diterjemahkan ke berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia. Saat ini sudah ada 774 judul yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dengan 25 judul baru setiap bulannya.

Komik-komik dari Harlequin Comics ini bisa kamu temukan di situs yang dikelola SB Creative, romancecomics.com. Dalam situs ini kamu akan menemukan banyak komik-komik Harlequin yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Harga setiap komik digital pun relatif murah, untuk menyewa komik selama 3 hari hanya 1 Dolar saja, tapi kamu hanya perlu menambah 1 Cent untuk membeli komik tersebut. Ngapain rental kalau bisa punya, ya nggak?

Nah, kali ini JOI ingin mencari 30 orang penulis yang bisa menulis review dari komik-komik Harlequin ini. Tidak hanya komiknya akan kami subsidi, tapi para penulis juga akan mendapatkan kompensasi material senilai 50.000 IDR langsung setelah tulisan kamu diterima oleh tim JOI.

Yang harus dilakukan penulis:

  1. Rental atau beli 1 komik Harlequin Bahasa Indonesia di website romancecomics.com menggunakan poin yang akan diberikan nanti.
  2. Tulis dan submit review komik tersebut ke tim JOI.
  3. Review akan di-publish secara harian di JOI dan setelah review kamu di-publish, share review kamu ke akun sosmed masing-masing.

Tertarik untuk mencoba? Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mendaftar serta ketentuan penulisan review Harlequin.

Cara mendaftar:

  1. Register akun di website romancecomics.com
  2. Daftarkan diri melalui google form berikut: GOOGLE FORM
  3. Tim JOI akan menghubungi kamu secepatnya

Bagi yang sudah terpilih untuk menulis review, kami akan memberikan poin untuk me-rental 1 buah komik Harlequin Bahasa Indonesia sesuai pilihanmu. Namun harap diingat, masing-masing penulis harus memilih judul komik yang berbeda dan JOI akan menyediakan sebuah tracker untuk mengetahui judul-judul komik mana yang sudah diambil oleh penulis lain. 

Ketentuan penulisan review:

  • Pendaftaran ditutup pada hari Senin 9 Maret 2020 23:59 WIB.
  • Poin akan diberikan manual ke akun romancecomics.com paling lambat hari Rabu 11 Maret 2020.
  • Pilih 1 judul komik Harlequin Bahasa Indonesia dan isi judul yang kalian mau review di tracker yang akan tim JOI kirimkan saat menghubungi kamu nanti.
  • Judul-judul baru belum tentu bisa dirental atau dibeli menggunakan poin.
  • Submit review ke tim JOI melalui email [email protected] paling lambat hari Minggu, 15 Maret 2020.
  • Komisi yang dibayarkan segera setelah review kamu terkumpul dan dikaji ulang oleh tim JOI. 
  • Spesifikasi penulisan review: minimal 600 kata, ditulis sesuai EYD, tidak menggunakan bahasa kasar.
  • Bila berkenan, penulis dapat menyematkan nama dan link media sosial pilihan penulis dalam reviewnya.

Diharapkan penulis bisa menemukan poin positif dari judul yang telah penulis baca dan tidak menjatuhkan judul yang sudah dibacanya.

Sorry. No data so far.