[JOI Spotlight] Hitbox Edition

March 8, 2020 8:14 pm
[JOI Spotlight] Hitbox Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Seperti biasa para staf akan memberikan impresi untuk seri yang hadir di minggu ini.

Eizouken 09

Kaptain

Kita udah cukup tau kalau margin buat studio itu rendah banget, dan ini ditunjukkan dengan kru kita yang walaupun penayangannya sukses tetep aja melarat. Sekarang latar belakang Kanamori yang jadi fokus dan keungkap juga dari kalau dirinya itu pernah kerja di tempat yang tutup karena walaupun kualitas produk dan jasanya bagus sayangnya promosinya jelek.

Belum ada nama resminya soal metode ini, tapi kerjasama dengan pemda atau organisasi setempat itu metode yang bagus buat ngedapetin dukungan serta bayaran yang adil, untuk sekarang kita sebut aja “Mari Okada Method”. Sekarang kita dapet proyek yang skalanya tambah besar dalam wujud “XCOM dengan kearifan lokal”

Dorohedoro 08

Kaptain

Kaget aja eksekutif di atas nongol lebih awal. Kaiman sekarang lebih pinter soal penyusupan dan nggak asal-asalan ngebunuh penduduk sipil lagi, ini juga pertama kalinya ada penyihir yang pake full satu kostum dan nggak cuma pake topeng aja.

  1. Semua penyihir bekerja dalam pasangan dan ini bisa dibilang lebarannya dunia sihir. Tentu aja ada metode buat maksa penyihir lain jadi pasangan.
  2. Satu lagi pria misterius dengan masker gas. Kali ini orang yang dipercaya Risu yang mulai kehabisan teman.
  3. Harusnya bisa disimpulin kalau penyihir waktu itu Nikaido. Melihat banyaknya fokus pada sistem pasangan di arc kali ini, bad things will happen.

Darwin’s Game 09

Kaczmarek

Femme Fatale semacam Xuelan ini cukup berbahaya kalau dijadiin musuh, tentunya bakal menguntungkan kalau idealismenya bisa dikendurkan sendiri. Saya sendiri masih penasaran dengan kekuatan sigil dari Ximing, karena saya yakin dia player juga. Ngeliat bergabungnya Xuelan ini tentunya bakal bisa ngebayangin bagaimana nanti Shuka dan dia bakal cekcok terus di markas. Semoga aja Kaname bisa nahan amarahnya. From my point of view, i prefer Xuelan hahaha.

Somali to mori no Kamisama 08-09

Kaczmarek

I have a slight flashback about Utawarerumono from this series. Something similar, but i couldn’t find it. Dengan ini berarti catatan manusia masih hidup itu memang benar adanya, namun karena cara pandang mereka tergambar sama terhadap para makhluk lainnya, saya pesimis terhadap keberadaan mereka. Episode 8 ini cukup menyedihkan sedangkan episode 9 yang lebih mendalami hubungan Somali dan Golem. Disini juga kita belajar soal masalah gigi dari Sowak, hydromys sang tukang gigi. Sedikit nostalgia ketakutan akan dokter gigi pada masa muda.

In/Spectre 09

Kaczmarek

Dari preview episode berikutnya sudah kelihatan dua skenario lain yang telah dipersiapkan oleh Kotoko. Saya sedikit kesal dengan Kurou yang kayak latihan tarung secara berulang-ulang, walau kenyataannya dia juga gabisa matiin wujud dari makhluk jadi-jadian itu. Seperti yang Saki sadari, skenario pertama ini malah menyudutkannya. Posisinya juga gabakal aman kalau skenarionya berakhir disitu aja. Ya beruntungnya Kotoko masih punya skenario lain untuk episode berikutnya, kalo enggak mungkin Saki sudah satu sel dengan pembunuh di arc awal itu.

Kaptain

Satu shipost done. Saya emang punya banyak komplain soal adaptasinya, tapi anime lebih bagus dalam nampilin balance of power antara Nanase dan Kuro. Tentu aja ini kebohongan yang paling lemah karena waalupun ada tersangka, motifnya tergolong kabur. Masih ada amunisi semacam Ayah & Kakak Nanase sekaligus latar belakang Nanase yang ngebuat dia ditakuti keluarganya.

Ishuzoku Reviewer 09

Kaptain

Iya, kru kita mikir apakah para format review klonengan lain perlu dikirimin C&D bakal jadi cerita jangka panjang seri ini. Nih anime emang berdedikasi buat ngasih lebih detail lebih lanjut soal review yang di manga cuma dialog aja, makanya saya penasaran ini buat di tempat yang dapet perfect score bakal kayak gimana peningkatannya.

FGO: Babylonia 19

Kaptain

Saya cuma ngarep Pteranodon yang jadi tunggangan Mash & Guda bisa evakuasi, most underrated ally IMO. Sejauh ini sayangnya emang karakter yang ada ngelempar NP terus ngilang, tapi sekarang Super Hassan resmi hadir buat dua ronde akhir ini dan tinggal satu orang lagi aja yang perlu dateng buat ngelengkapin party kita. Atau mungkin dua kalau Taiga tiba-tiba nongol.

Murenase! Seton Gakuen 09

Kaczmarek

Saya mengira Tarsius dalam serial ini juga bakal berwujud sekecil mungkin, tapi ternyata engga. Manako yang diisi sama Ayaneru ini benar-benar sedikit mengejutkan rupanya, saat gelap doang tapinya. Kemudian ini Meimei kenapa sampai dikagumin sama harimau juga? Agak aneh wkwk. Saya juga berharap ditampar sama Miyubi.

Segmen kedua episode ini juga sedikit vulgar dalam kondisi terbalik. Ya ini soal ketua OSIS yang malu-malu saat make baju. Tapi kenapa bagian akhirnya malah telanjang bulat, ya Tuhan. Saya cukup bersyukur Jin gak sekamar sama jerapah gay itu. Serial ini bakal makin mendapat perhatian dari fudanshi atau fujoshi nantinya. Selain itu, saya sedikit mengkritisi produksi efek suara dari naked mole ini yang malah terdengar kayak anak ayam daripada tikus mol.

Chainsaw Man 60

Ini si Quanxi~

CTian

Pertama, Quanxi is f*cking awesome! Gila! Ternyata tidak mengecewakan sama sekali karakter yang satu ini. Tapi, Quanxi dijadikan prioritas kedua sama Makima, di bawah Santa Claus Jerman, kenapa? Karena Santa sambil ngopi saja udah bisa bikin kekacauan dengan kemampuan Doll Devil, sedangkan Quanxi kudu pasang badan untuk tempur sendiri. Quanxi kelihatannya memang lebih kuat, tapi lebih beresiko juga.

Lalu, si sensei detil sekali dah sama kekuatan Quanxi. Saking cepatnya, pedang yang dipakai Quanxi itu langsung rusak, itulah kenapa dia harus bawa banyak pedang! Tapi, pedang terakhir kan juga dah rusak tuh, apakah dia masih menyimpan kekuatan lain!? Ngomong-ngomong kekuatan, Angel Devil juga sudah mengeluarkan kekuatannya yang lain. Masih penasaran dengan back story yang dia punya sampai-sampai tidak mau menggunakan kekuatan yang op itu.

Terus, terus, terus~ Bahas Quanxi lagi, karena memang dia bintang utama bab ini. Adegan Quanxi ngebantai pakai pedangnya itu sebenarnya terinspirasi dari salah satu manga yang Tatsuki Fujimoto-sensei baca. Kali ini dia baca manga one-shot “Kirisuke and Johnny 499-person Massacre”, yang juga direferensikan dia jadi judul bab ini. Dia sangat merekomendasikan manga ini, sampai nulis di kolom komentar dia di edisi WSJ ini. Dia nih emang fanboy sejati dah! Itulah salah satu alasan saya suka sekali sama karyanya ini! Tidak hanya manga, sebelumnya dia juga pernah ngereferensi “Sharknado” di arc Bomb Devil! Format meme juga pernah saya temukan di manga ini. Bukan level fanboy lagi ini, tapi sudah level man of culture~

Speaking of culture, bahasa Tiongkok yang dimasukin ke sini menjadi bahasa asing kedua yang muncul di manga ini. Setelah sebelumnya bahasa Rusia yang muncul lewat lagu yang dinyanyikan Reze. DAMN! I MISS REZE!!! AHH!! Setelah ditranslate, dialog Quanxi ke harem fiend-nya ini ternyata badass sekali lah!! Kira-kira gini yang dikatakan Quanxi “Nyonya-nyonya tolong urus sisanya (mayatnya), ya,” yang lalu si Quanxi hilang dalam kecepatan cahaya!~ Si harem yang rambutnya aneh itu ketawa dong, dan billang “Hahaha, ada mayat yang berbicara.” Damn!! Di dialog itu emang mereka semua dah mati! “OMAE WA, MO SHINDEIRU!!!” GILA, GILA, GILA!! AHHHH!!! SALAH SATU YANG TERBAIK DARI CHAINSAW MAN INI SIH! TIDAK SABAR HEAD TO HEAD-NYA GIMANA ASTAGA!!

TOLONG DONG SALAH SATU PENERBIT DI SINI TERBITKAN TANKOUBON-NYA! AKU INGIN SEKALI NGOLEKSI!!! TERIMA KASIH SEKALI YANG MAU MEMBACA REQUEST INI, MAAF JUGA KALAU NGEREPOTIN!

Toilet-Bound Hanako-kun 09

CTian

Belum nonton sih, tapi pengen lihat preview episode 10. OOF! DISKIP! Langsung masuk Neraka Cermin!? Terus itu 2 episode sisanya ngapain dong!? Mau masukin festival!? Senang sih, Tapi agak aneh gak sih jadinya?~ Share your thoughts on comment below /plak

Entah kenapa perasaan pengen ngedrop animenya sudah mulai muncul. Tapi, saya tetap tamatin aja lah, mau lihat penyelesain akhirnya seperti apa. Pembahasan episode 9 nanti aja ya, barengin episode 10. Yang pasti nanti bahas kesetiaan (dibaca kegeblekan) Natsuhiko lah, wkwk~

Castlevania S3

Kaptain

Secara keseluruhan nggak sebagus S2 yang tentu aja bisa dimengerti ngeliat kebanyakan plotpoint itu setup buat S4. Secara teknis 4 garis cerita berbeda dijejalin ke satu musim. Saya ngeliat Isaac sebagai pemenang musim ini, selamat atas petualangan yang secara keseluruhan itu positif, some flipping rude people aside. Hector walopun dikhianati lagi paling nggak dapet Dom GF yang peduli sama dia in monstrous way dan besar banget kemungkinan bakal ada konflik antara keempat bersaudari. Sypha & Trevor walaupun harus diingetin lagu kalau mankind is super awful paling nggak punya satu sama lain.

And then there’s Alucard. You know what man, kalau situ pengen jalan-jalan ngebantai penduduk atau monster sekitar, silakan saja. You deserve one after that nonsense. Istana juga perlu dekorasi tambahan biar pendatang berikutnya nggak ngelunjak lagi.

Girls Frontline

Kaptain

Continuum Turbulence saya secara efektif dah kelar. Doll limited juga dah dapet semua. Ranking juga udah walaupun main stealth, yang saya oke aja ngeliat pas artikel ini ditulis dapet ranking 18%. Ngediskusiin soal eksistensi sama robot yang kolornya nongol bikin saya jadi kangen Nier Automata lagi.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Woot woot Arts Life. Iya saya tahu dirinya nggak kompetitif gameplay-wise walaupun punya kualifikasi sebagai kandidat Beast. Cuma saya seneng aja sama tipe straight up villain di game kayak gini.

Trails of Cold Steel 3

Kaptain

Dengan berat hati-hati entri ini ngebuat saya sadar kalau seri Trails/Kiseki emang kuat di worldbuilding dan character writing, tapi semakin gede lingkup ceritanya keliatan banget plot writing itu aspek lemahnya. Saya sedetik pun nggak percaya kalau karakter yang “mati’ di akhir itu permanen ilangnya. Fakeout kayak gini yang udah terjadi berkali-kali itu bikin kesabaran saya menipis. Ini juga kerasa banget perpindahan XSEED ke NISA di faktor skrip. Dialog secara keseluruhan kerasa kaku tapi untungnya kebantu sama performance dub. Sayangnya staf yang bikin seri ini lebih hit di barat juga ga ada lagi di XSEED.

Saya bakal tetep beli CS4 walopun saya yakin karakter yang bakal nambah banyak juga tentu akan bikin saya makin kesel. The new branch campus kids saya positif semua, sengeboseninnya Kurt paling nggak ga separah Gaius yang walopun dapet jabatan tinggi sekarang tetep aja ampas story wise. Juna megang peringkat atasnya untuk karakter baru favorit saya. Arc Altina, Ash, & Musse tentu baru bakal keungkap sepenuhnya di game selanjutnya. Saya sendiri ngeliat Musse sebagai Emma generasi baru, infodumper misterius yang bisa ngalihin topik by being extra horny instead of being awkward.

Kaget aja sih saya bisa seneng sama Aurelia. Kemungkinan besar karena dia punya interaksi yang enak sama Michael dan di seri dimana mayoritas boss battle itu “Aku hanya menggunakan 0,0000001% kekuatanku, situ tetep kalah” dia berhasil ngebuat tim 100% no nonsense win.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri yang sudah hadir pada minggu ini?

Header: SSAMBAtea