Shinzo Abe Meminta Pembatalan Acara Olahraga dan Budaya dalam 10 Hari Ke Depan

March 11, 2020 9:40 am
Shinzo Abe Meminta Pembatalan Acara Olahraga dan Budaya dalam 10 Hari Ke Depan

Untuk meningkatkan efektivitas penanganan terhadap coronavirus, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meminta dilakukannya pembatalan acara olahraga ataupun budaya dalam 10 hari ke depan. Sejumlah acara penting seperti AnimeJapan 2020 yang rencananya digelar pada 21-24 Maret mendatang juga telah dibatalkan. Tak hanya itu, operator liga sepakbola Jepang atau J League juga umumkan penundaan pertandingan sejak akhir Februari lalu.

“Kami dalam waktu yang sangat krusial untuk mencegah cepatnya penyebaran infeksi secara domestik,” Shinzo Abe menyatakan dalam pertemuan Satuan Tugas Pemerintah pada hari Selasa kemarin yang dilansir dari Japan Today. “Sekitar 10 hari hingga panel para ahli mengumumkan evaluasi terbaru, saya meminta kerjasamanya (dengan penyelenggara). Sifat permintaan ini belum mengikat, namun ada opsi untuk meningkatkan level kewaspadaan dimana Abe akan menginstruksikan seluruh Pemerintah Daerah setempat untuk membatalkan segala bentuk acara yang menarik banyak pengunjung dalam satu ruangan.

Kekhawatiran atas penyakit ini telah menyebabkan pembatalan atau penundaan berbagai acara di Jepang, serta perusahaan-perusahaan Jepang mengumumkan ketidakhadiran mereka di acara-acara, konvensi, dan pameran dagang luar negeri. Acara cosplay Nipponbashi Street Festa Osaka tidak akan diadakan pada 15 Maret karena masalah yang sama. Sony Interactive Entertainment, Bushiroad, Square Enix, dan perusahaan lain telah mengumumkan ketidakhadiran mereka dari berbagai acara di luar negeri.

Dengan banyaknya aktifitas perekonomian yang juga terdampak oleh wabah virus ini, ada peluang besar terjadi resesi di Jepang akibat dari perubahan kecepatan produksi yang menjadi lambat. Salah satu sektor yang paling terdampak adalah pariwisata, dimana tempat-tempat seperti Tokyo Disneyland, Museum Ghibli dan Tokyo Skytree telah ditutup sementara.

Pada acara olahraga, operator J League telah mengumumkan bahwa mereka menunda seluruh pertandingan sepakbola di tiga divisi liga dan Piala Levain hingga pertengahan Maret ini, dengan opsi perpanjangan hingga bulan April. Sementara itu, liga baseball profesional Jepang yang seharusnya berjalan pada 20 Maret, harus ditunda ke waktu yang tak ditentukan. Bahkan turnamen Spring Grand Sumo yang digelar selama 15 hari harus dilanjutkan tanpa adanya penonton.

Begitu juga dengan berbagai penundaan produksi anime yang mengakibatkan berbagai penundaan dan keterlambatan penayangan. Anime seperti Toaru Kagaku no Railgun T dan Infinite Dendrogram belum lama ini juga menunda penayangan mereka. Kemudian proyek anime musim depan seperti Maou Gakuin no Futekigousha dan Re:Zero juga resmi ditunda penayangannya hingga musim panas mendatang. Bila kondisi tidak membaik ada risiko bahwa Olimpiade 2020 juga akan dibatalkan.

Angka jumlah korban infeksi COVID-19 setiap harinya makin bertambah di Jepang. Selain dari kapal Diamond Princess yang terdapat sekitar 700 penderita, hingga kini total penderita mencapai sekitar 1200 jiwa. Dikonfirmasi angka ini masih fluktuatif karena sebelumnya pada 6 Maret, sekitar 250 orang telah dinyatakan sembuh.

Gambar: Hochi News, Forbes

Sumber: Japan Today, Japan Times