Gagal Menjadi Manusia Tidak Didistribusikan di Toko Buku Fisik

March 16, 2020 10:33 am
Gagal Menjadi Manusia Tidak Didistribusikan di Toko Buku Fisik

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, Penerbit Mai menerbitkan novela Ningen Shikkaku (Gagal Menjadi Manusia) di Indonesia. Penerbit Mai menginformasikan bahwa buku ini tidak akan didistribusikan di toko buku fisik.

Pihak Mai mengaku membutuhkan waktu administrasi yang lama untuk memasukan buku ke toko buku konvensional. Mereka tidak mau hilang fokus, dan lebih memproritaskan tujuan dari penerbit Mai sendiri. Mereka juga sudah menyiapkan buku-buku baru lagi, walau belum akan hadir dalam waktu dekat.

Lantas, di mana saja para pembaca dapat membeli buku ini?  Nantinya kamu dapat membeli buku ini di toko buku online, DemaBuku dan Owl Books Store. Untuk sementara, baru 2 toko ini saja yang sudah dikonfirmasi akan menjual buku ini.

Tentang Gagal Menjadi Manusia

Gagal Menjadi Manusia—diterbitkan sebagai Ningen Shikkaku, 1948—adalah buku terakhir yang pernah ditulis oleh Dazai Osamu. Novela ini sebelumya dimuat sebagai serial di sebuah majalah sastra. Dazai Osamu dan kekasihnya menenggelamkan dirinya tepat sebelum bab terakhir dimuat. Karena itu, novela itu dianggap sebagai wasiatnya, dan menjadi karya terakhir yang berhasil ia selesaikan.

Gagal Menjadi Manusia mengisahkan Oba Yozo yang sedari kecil tidak bisa menunjukkan siapa dirinya sendiri dan bersembunyi di balik lawakan dan tingkah lucunya. Ia dibayang-bayangi ketakutan akan manusia sepanjang hidupnya. Novela ini merupakan buku terlaris kedua di Jepang sepanjang masa setelah Rahasia Hati karya Natsume Soseki.

Ningen Shikkaku Telah Diadaptasi Menjadi Banyak Media

Buku ini juga sudah diadaptasi menjadi banyak media berbeda. Film anime Human Lost: Ningen Shikkaku yang tayang di Jepang Oktober 2019, merupakan salah satu adaptasinya. Adaptasi film anime garapan Madhouse pada tahun 2009 bahkan mendapatkan Platinum Grand Prize pada Future Film Festival di Italia.

Difilmkan juga menjadi laga hidup (live action) pada tahun 2009 sebagai peringatan 100 tahun kelahiran Dazai Osamu. Lalu, difilmkan kembali pada tahun 2019, dan ditayangkan pada 350 layar bioskop, mendapatkan peringkat keempat pada minggu pertama.

Bahkan Nigen Shikkaku ini mendapatkan 3 adaptasi manga yang berbeda. Yang paling terkenal adalah adaptasi dari Junji Ito yang diserialisasikan tahun 2017 hingga 2018. Manga ini diterbitkan oleh penerbit Shogakukan, dan diterbitkan dalam 3 jilid.

Sumber: Penerbit Mai