Persiapan Comic Market 98 Dimulai Walau dalam Bayang-Bayang Pembatalan

March 16, 2020 10:44 am
Persiapan Comic Market 98 Dimulai Walau dalam Bayang-Bayang Pembatalan

Pada hari Minggu kemarin, pihak penyelenggara Comic Market atau Comiket merilis pernyataan terkait progres persiapan acara mereka. Comic Market 98 yang rencananya akan digelar pada Golden Week 2 hingga 5 Mei 2020 tetap akan digelar dengan opsi pembatalan dan penundaan. Hal ini masih terkait dengan wabah COVID-19 yang menghalangi sejumlah kegiatan indoor dengan keramaian tinggi. Persiapan untuk acara ini juga resmi dimulai.

Penyelenggara Comic Market 98 telah selesai menyebarkan pemberitahuan kepada seluruh partisipan melalui kantor pos Adachi Kita pada pukul 14:30 waktu setempat. Pemberitahuan ini terkait dengan biaya, struktur koordinasi, rundown acara, hingga distribusi barang-barang buatan para circle menuju lokasi utama acara yaitu di Tokyo Big Sight. Pihak penyelenggara juga merubah sistem kode dari setiap genre-nya dan daftar dapat kalian lihat di tautan ini. Mereka juga memperingatkan adanya kemungkinan keterlambatan distribusi akibat dari wabah yang sudah menelan 31 korban jiwa dan menjangkiti 839 orang. Sehingga para partisipan diharapkan membaca secara teliti terkait proses gugatan jika barang-barang mereka hilang atau rusak.

Comic Market 98 rencananya digelar pada Golden Week yaitu 2 hingga 5 Mei 2020 di Tokyo Big Sight. Gelarannya harus dimajukan dikarenakan venue utama acara yang akan digunakan sebagai pusat pers utama dan penyiaran internasional untuk Olimpiade 2020 Tokyo. Olimpiade ini dijadwalkan berlangsung dari 24 Juli-9 Agustus 2020. Penyelenggara Comiket juga mulai mengimplementasikan biaya masuk sejak Comiket 96, namun sebelum edisi itu digelar mereka mencabut keputusan tersebut.

Pemerintah Jepang sudah mengumumkan bahwa acara indoor berskala besar yang digelar pada 26 Februari hinga 10 Maret dianjurkan untuk ditunda atau dibatalkan terkait penyebaran COVID-19. Kemudian pada 11 Maret lalu, Shinzo Abe meminta acara berkarakteristik besar dari olahraga hingga budaya di seluruh Jepang untuk kembali ditunda atau dibatalkan hingga 10 hari kedepan. Sifat permintaan ini belum mengikat, namun ada opsi untuk meningkatkan level kewaspadaan dimana Abe akan menginstruksikan seluruh Pemerintah Daerah setempat untuk membatalkan segala bentuk acara yang menarik banyak pengunjung dalam satu ruangan. Abe juga akan umumkan evaluasi penanganan coronavirus pada 21 Maret mendatang.

Gelaran Comic Market sebelumnya yaitu Comic Market 97 dapat menjaring hingga kurang lebih 750.000 pengunjung dalam empat hari. Sementara itu pada registrasi cosplayer pada acara tersebut terhitung 8.245 pria dan 16.888 wanita. Dalam C97 juga dibuka tempat untuk mendonorkan darah yang dibuka pada tiga hari pertama. Korporasi yang membuka stan dan panel dalam gelaran ini tercatat hingga 144 perusahaan.

Gambar: Comic Market, Forbes

Sumber: Comic Market