[Review] Miliuner dan Cinderella Palsu

March 17, 2020 5:31 pm
[Review] Miliuner dan Cinderella Palsu

Ditulis oleh: Lyra Callisto

Layaknya dongeng, komik Miliuner dan Cinderella Palsu mengisahkan tentang kisah seorang wanita kalangan biasa dengan seorang miliuner. Janice Maynard sebagai penulis cerita ingin menceritakan kisah seorang wanita biasa bernama Hattie Parker dan seorang pria bernama Luc Cavallo. Seperti di dongeng, Luc Cavollo sang tokoh utama dikisahkan bagaikan seorang pangeran. Nanami Akino sebagai artist komik ini, menggambarkan Luc sebagai pria tampan berambut hitam dan bermata biru yang memiliki aura wibawa. Sedangkan Hattie digambarkan sebagai wanita berambut pirang dan bermata coklat.

Meski komik ini menggunakan judul Cinderella, tidak ada saudara tiri dan ibu tiri dalam komik ini. Cerita dalam komik ini lebih rumit daripada cerita dongeng. Komik Miliuner dan Cinderella Palsu bercerita tentang cinta dan dendam. Berlatar belakang di Atlanta, Hattie Parker, mantan guru SMA memutuskan untuk meminta bantuan kepada Luc Cavallo, mantan kekasihnya. Ia meminta Luc menikahinya meski ia pernah menolak lamaran Luc sepuluh tahun yang lalu. Permintaan Hattie bukan tanpa alasan. Ia berharap mendapatkan hak asuh Deedee keponakannya. Kakaknya meninggal karena kecelakaan yang disebabkan oleh suaminya. Meski kakak ipar Hattie bersalah, ia bisa begitu saja lepas dari hukuman karena keluarganya yang kaya. Akan sulit bagi Hattie untuk melawan Eddie, kakak iparnya karena ia lajang dan tak memiliki pekerjaan. Mendengar hal itu Luc mengiyakan permintaan Hattie. Ia akan menikahi Hattie dan mengadopsi Deedee sebagai anak mereka. Alasan Luc membantu Hattie tidak lain karena dendam. Ia merasa tersakiti atas penolakan Hattie terhadap lamarannya sepuluh tahun yang lalu. Hattie tidak ada kecurigaan terhadap Luc yang mau membantunya. Pernikahan mereka pun hanya pernikahan kontrak. Saat Hattie mendapatkan hak asuh Deedee, Luc akan menceraikannya. Selama masa pernikahan itulah Luc berencana melaksanakan dendamnya. Setelah puas ia akan menceraikan Hattie. Sebagai penulis cerita atau novel aslinya, Janice Maynard sukses membuat pembaca penasaran.

Komik ini sangat menarik untuk dibaca karena kedua tokoh utama saling mencintai tapi mereka, Hattie berpikir tidak pantas menjadi istri Luc, sedangkan Luc sendiri mengira dirinya tak lagi mencintai Hattie dan hanya ada dendam di hatinya. Alurnya naik turun yang membuat pembaca tidak bosan. Di tambah lagi gambaran Nanami Akino yang begitu indah. Ia dapat menggambarkan hal-hal sedetail mungkin. Seperti gambar rumah Luc yang begitu mewah, pakaian, perhiasan, lokasi honeymoon Hattie dan Luc di Key West yang luar biasa indah. Nanami Akino sangat detail ketika menggambarkan bunga dan tanaman, mirip seperti aslinya. Hal ini membuat pembaca tidak hanya menikmati ceritanya tapi juga gambarannya.

Karakter tokoh dalam komik ini juga terbilang berbeda. Jika cerita dongeng ada sosok yang pangeran yang sempurna dan gadis baik hati yang lemah, di komik ini tokoh Luc Cavallo bukanlah pria sempurna. Terlahir di keluarga kaya membuatnya menjadi arogan, keras kepala dan pendendam. Meski begitu ia masih memiliki kebaikan dalam hatinya. Ia masih memiliki rasa peduli dan cinta terhadap Hattie. Tapi karena harga dirinya ia tidak bisa melihat perasaannya sendiri. Ia juga digambarkan sebagai pria yang gila kerja. Ia seorang yang perfeksionis. Tidak ada kata tidak dalam hidupnya. Itu yang membuatnya putus dengan Hattie. Sedangkan Hattie Parker digambarkan sebagai wanita biasa yang kurang percaya diri dan memiliki kecemasan berlebih. Karena itulah ia memutuskan untuk menolak lamaran Luc. Ia mencemaskan berbagai hal jika ia menikah dengan Luc. Tapi ia juga sosok yang berani. Ia berani melawan kakak iparnya, Eddie dan keluarganya. Ia tidak takut dengan Eddie yang suka mengancamnya dan yang telah membunuh kakaknya secara tidak langsung. Sosok Hattie di komik ini memiliki banyak perubahan saat di masa lalu dan masa kini. Tidak seperti Luc yang selama sepuluh tahun tidak ada perubahan. Tapi sering berjalannya waktu, keberadaan Hattie di sisi Luc membuat perubahan dalam diri Luc. Selain protagonis Hattie dan Luc tentu saja ada sosok antagonis yang tak lain adalah Eddie. Hidup di keluarga kaya tapi memiliki karakter yang berbeda dengan Luc. Eddie digambarkan sebagai sosok yang arogan, tidak peduli, jahat, licik dan manja. Karena keluarganya yang selalu melindunginya dan membelanya meski salah membuat Eddie seperti itu. Ia tidak merasa bersalah saat orang lain terluka bahkan meninggal atas perbuatannya. Karakter Eddie di komik ini menjadi bumbu penyedap cerita. Selain mereka bertiga ada juga tokoh figuran yaitu Leo, kakak Luc. Leo memiliki rasa peduli yang besar terhadap adiknya. Meski begitu ia tidak segan memarahi adiknya jika salah. Ia juga memiliki rasa tanggung jawab yang besar dan tegas. Sosok Leo dalam komik ini memiliki pengaruh besar terhadap hubungan Luc dan Hattie. Ibarat dongeng, sosok Leo seperti ibu peri.

Banyak hal yang dapat dipetik dalam komik ini. Pertama, jujur dan komunikasi ada hal yang penting dalam hubungan, jika tidak jujur maka akan timbul kesalahpahaman. Kedua, berprasangka buruk dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Ketiga, kejahatan akan kalah dengan kebaikan. Terakhir, kebahagiaan dan cinta tidak dapat dibeli dengan uang atau harta. Hal-hal sederhana bisa membuat bahagia tanpa perlu menghambur-hamburkan uang.

Cerita asli komik ini yang berbentuk novel terbit pada tahun 2011. Lima tahun kemudian tahun 2016 terbitlah versi komiknya yang berbahasa Jepang. Untuk versi bahasa Indonesia terbit bulan Juni tahun 2019. Kita dapat membacanya di situs romancecomics.com