Siapa Itu Harlequin Comics dan Kenapa Jurnal Otaku Bekerja Sama dengan Mereka?

March 17, 2020 17:02
Siapa Itu Harlequin Comics dan Kenapa Jurnal Otaku Bekerja Sama dengan Mereka?

Belakangan ini mungkin kamu melihat kalau JOI mulai mengedepankan konten-konten dengan wewangian shoujo, bukan berarti JOI bakal jadi Jurnal shoujo Indonesia kok, tapi kami memang sedang melihat reaksi otaku di Indonesia dengan komik shoujo. Terutama dengan konten-konten yang dibawakan oleh Harlequin Comics, yang menjadi teman bekerja JOI kali ini. Tapi siapa sih Harlequin Comics ini? Emang mereka bawa komik apa saja? Karakter DC Universe yang mana lagi sih Harlequin Comics itu? Yuk akan JOI jawab pertanyaan-pertanyaan itu di artikel kali ini.

Siapa itu Harlequin Comics

Sebelum membahas Harlequin Comics, ada baiknya kita membahas Harlequin terlebih dahulu, perusahaan yang pertama kali didirikan pada tahun 1949 dan telah mencatatkan sukses sebagai penerbit buku wanita terdepan di Jepang selama 70 tahun. Perusahaan ini pun memiliki track record yang baik, mereka bisa menerbitkan sampai 100 judul per bulannya dalam bentuk print maupun digital. Buku dari Harlequin ini juga tidak hanya terbit di Jepang, tapi juga di 17 negara dengan 18 terjemahan bahasa.

Harlequin sendiri ternyata adalah divisi dari perusahaan HarperCollins, yang merupakan penerbit terbesar kedua di dunia yang memiliki kantor utama di New York. Namun we’re not here to talk about the parent company. Sebagai penerbit, Harlequin sendiri langganan untuk masuk ke ranking New York Times, USA TODAY, Publishers Weekly, dan masih banyak lagi. Dengan angka penjualan yang cukup besar, yaitu 6,8 milyar buku terjual hingga saat ini.

Novel-novel romantis milik Harlequin kemudian diadaptasi menjadi komik-komik bergaya Jepang. Editor komik Harlequin bekerja sama dengan berbagai kreator komik di Jepang dan mulai membuat adaptasi novel-novel Harlequin hingga sekarang. Komik-komik Harlequin ini lalu didistribusikan secara digital oleh penerbit SB Creative. Menurut saya pun banyak orang yang lebih suka untuk membaca dalam format komik, karena lebih mudah untuk dinikmati berbagai kalangan demografi dibandingkan dengan membaca novel yang panjang dan penuh dengan teks.

Bekerja sama dengan banyak kreator komik berarti ada banyak variasi gambar untuk seri komik romantis Harlequin. Banyak kreator komik Harlequin yang tidak hanya mengadaptasi, tapi juga terinspirasi dari novel Harlequin dan membuat komiknya sendiri. Durasi pembuatan sebuah komik dalam Harlequin Comics sangat beragam, mulai dari 3 minggu sampai ke 4 bulan, tergantung tingkat kesulitannya.

Kamu bisa menemukan komik-komik tersebut lewat di situs resmi milik SB Creative, yang kita kenal dengan nama Romance Comics. Namun komik dari Harlequin tidak hanya dijual di situs mereka sendiri, mereka juga menjualnya di Amazon dan juga Google Books, serta tempat-tempat lain di mana kamu biasa menemukan e-book di internet.

Cara mendapatkan komik Harlequin di Indonesia

Kalau kamu kira mendapatkan komik Harlequin itu susah di Indonesia, jawabannya adalah tidak. Karena selain mereka sudah membuka situs Romance Comics untuk semua orang, tapi juga sudah ada lebih dari 770 komik Harlequin yang diterjemahkan ke bahasa Indonesia dengan 25 judul baru setiap bulannya. Beberapa dari komik yang mereka keluarkan bahkan sudah full color membuat kamu lebih nyaman saat membacanya, because aesthetics. Bila kamu ingin sekaligus belajar bahasa asing, jangan takut karena Romance Comics pun membawakan komiknya dalam 11 bahasa lain.

Di Indonesia, komik Harlequin bisa kamu temukan tidak hanya di situs Romance Comics, tapi juga di Google Play Books, Apple Books, Amazon, dan masih banyak lagi platform penjualan e-book di Indonesia. Saat ini kamu bisa menyewa komik Harlequin dengan harga 1 US Dollar selama 3 hari, tapi bila kamu menambah 1 Sen saja menjadi 1.10 Dollar, maka komik tersebut bisa kamu miliki dan dibaca kapanpun kamu mau dalam library dalam akun milikmu.

Jangan lupa kalau Harlequin juga akan memberikan poin setiap kali kamu beli komik. Dengan poin tersebut, kamu bisa membeli atau menyewa komik lain yang ada di situsnya. Basically semacam cashback untuk beli komik lagi setiap kali kamu beli komik, komikception.

Tapi tidak semua komik berbayar lho, kamu juga bisa membaca komik gratis di situs Romance Comics, dan tidak tanggung-tanggung, ada 286 judul gratis yang ditawarkan oleh Harlequin untuk kamu baca dalam berbagai bahasa! Lumayan kalau kamu ingin sekalian belajar bahasa yang lain.

Kerja sama JOI dengan Harlequin

Harlequin sebenarnya sudah cukup lama lho mulai mengedarkan komiknya untuk pasar Indonesia, dan kenapa sekarang JOI bekerja sama dengan Harlequin adalah untuk memperluas pasar ke kalangan muda-mudi yang ingin mencari kisah kasih romantis dalam bentuk manga. Walaupun penuh drama, manga Harlequin juga selalu memiliki akhir yang baik bagi karakternya.

Selain itu, siapa tahu Jurnal Otaku juga mendapat pembaca wanita, ya nggak? Seperti yang tersirat ataupun tidak, mayoritas pembaca JOI saat ini adalah para kaum Adam, dan tidak ada salahnya dong kami menambah pembaca wanita. Siapa tahu nanti ada yang jadian di antara pembaca, ya nggak?

Jadi, kalau kamu suka dengan komik romantis dan penasaran dengan komik-komik Harlequin, terus ikuti JOI selama satu bulan ke depan karena kami akan membawakan informasi-informasi menarik seputar Harlequin, dan juga review-review dari kawan-kawan penulis yang akan kami terbitkan mulai minggu ini.

Sorry. No data so far.