Bang Dream 3rd Game Anniversary! Masih Numpang Lewat? Atau Sudah Sebesar Idolm@ster?

March 21, 2020 4:48 pm
Bang Dream 3rd Game Anniversary! Masih Numpang Lewat? Atau Sudah Sebesar Idolm@ster?

Hallo Hallo, sepertinya sudah lama saya aktif nulis lagi. Dengan situasi terkini yang kalian tau sendiri bagaimana, saya akhirnya bisa menyempatkan waktu buat nulis sesuatu.

Sebelumnya, Selamat Ulang Tahun untuk game Bang Dream yang ke-3! Ya, game rhythm yang dimotori oleh Kasumi Toyama dan kawan kawan ini sudah berumur 3 tahun. Umur yang saya sempat ragukan ketika awal perilisan franchise ini, entah itu anime maupun game-nya.

Tahun 2015 adalah pertama kali proyek ini diumumkan, dimana mereka mengumpulkan satu persatu personil. Di tahun yang sama, demi mendongkrak popularitasnya, Bang Dream mengadakan konser hingga 3x dimana setiap konsernya mereka mengumumkan member baru untuk melengkapi band mereka. Kemudian setelahnya pada 2016, nama Bang Dream, dengan Poppin’ Party sebagai ‘band’ utama sebenarnya telah menuai hasil. Tampil diacara tahunan Animelo Summer, manga yang serialisasinya berlanjut, merilis dua single dari Poppin’ Party, dan terakhir adalah pengumuman Roselia sebagai band baru dari franchise Bang Dream mewarnai tahun 2016.

Namun pada tahun 2017, yang mereka harapkan menjadi puncak sepertinya tidak terlalu berjalan dengan lancar pada awalnya. Anime-nya yang tayang pada bulan Januari, dikerjakan oleh Xebec tidak terlalu banyak menarik penonton.

Masih ingat bukan, kasus salah satu toko di Jepang yang menjual merchandise Bang Dream, dimana mereka cukup kesulitan mendapatkan pembeli. Padahal sebelumnya, Presiden Bushiroad mengemukakan dengan pede bahwa sekarang adalah era nya Girls Band. Kejadian tak lakunya merchandise ini yang membuat sebagian orang termasuk saya yang beranggapan usia franchise ini tidak akan bertahan lama.

Cukup wajar sepertinya, di tahun-tahun itu kita melihat franchise idol besar masih merajai pasar. Sebut saja Idolm@ster, Love Live, ataupun Walkure masih memegang kendali konsumen. Belum juga kehadiran beberapa pendatang baru lainnya seperti Kemono Friends semakin membuat nama Bang Dream tenggelam.

Tapi siapa sangka, rilisnya game Bang Dream untuk Android dan IOS mampu menyelamatkan nama franchise ini. Game Bang Dream resmi dirilis pada 16 Maret 2017 dan pada kurun waktu kurang dari seminggu mampu menyentuh angka satu juta pemain. Awalnya saya agak sedikit bingung, dari mana datangnya pemain pemain ini. Pemikiran saya membuahkan beberapa hasil, seperti lagu cover, seiyuu yang terkenal, atau fitur Live2D yang ada di gamenya.

Lagu Cover sepertinya menjadi daya tarik utama bagi sebagian pemain termasuk saya. Kalo boleh cerita, saya dulu tertarik ketika Popipa akan meng-cover “God knows..” Ya, lagu legendaris dari anime Suzumiya Haruhi. Hal ini sepertinya sulit dibantah karena hingga sekarang pun, lagu cover mampu menarik pemain pemain baru dari berbagai franchise lainnya. Lagu cover dari Bang Dream juga kadang membuat saya atau mungkin sebagian dari kalian bernostalgia, contoh seperti Kanade dari Sukima Switch, kemudian Go!! yang merupakan opening Naruto jaman dulu atau yang lumayan lama lagi Sousei no Aquarion yang dinyanyikan kembali oleh Yukina dan Kasumi.Tentu beberapa cover mereka ga sebagus penyanyi aslinya, dan juga ada yang malah lebih keren dari versi aslinya. Dimana menurut saya sejauh ini, Afterglow adalah jagonya kalau disuruh cover lagu.

Lalu bagaimana dengan lagu original mereka? Bagus juga kok, ga jelek kecuali Afterglow. Saya sendiri pada masing masing band punya lagu favorit. Seperti Natsuzora Sun Sun Seven di Poppin’ Party, atau Mou Ichido Luminous di Pastel Palettes. Sisanya, balik lagi tergantung selera masing masing ya..

Seiyuu di dalam franchise ini juga ga main main. Siapa yang ga kenal Ayaneru, Itou Miku, atau Hikasa Yoko dan beberapa nama beken lainnya. Saya berpendapat bahwa walaupun mereka ga bisa mainin alat musik, seperti member Roselia dan Poppin Party, dengan nama mereka yang terkenal sehingga harapannya mampu mendongkrak populartias Bang Dream. Jadi perekrutan mereka sebagai member untuk band Afterglow, Hello Happy World, dan Pastel Palettes sepertinya hanya untuk menarik perhatian pemain.

Saya pikir bukan sebuah langkah yang buruk, mengingat juga lumayan susah nyari seiyuu yang bisa mainin alat musik, toh juga mereka punya solusi lainnya yang ada di Raise A Suilen, yang akan hadir juga di gamenya pada awal musim panas nanti. Hingga akhirnya perekrutan member band terbaru Morfonica, dimana semua membernya mampu memainkan alat musik, bahkan mereka merekrut seorang Ayasa, seorang pemain violin yang dengan karir solo nya pun dia sudah cukup hebat dan terkenal.

Fitur yang ada di game-nya sepertinya ga terlalu berpengaruh begitu banyak, seperti game-game lainnya pada jaman sekarang yang menggunakan fitur Live2D. Ga lupa gachanya juga kadang ngeselin , ketika yolo bisa 3 / 4 SSR nyangkut tapi ketika 10 roll cuman disamperin 1 biji SR. Lalu, sistem game-nya yang menurut saya juga cukup simple tapi juga gampang bikin bosen.. Tapi yang bikin engga bosen lagi ya itu balik lagi ke lagu cover mereka, seperti itulah kurang lebih menurut saya.

Apakah itu saja yang bikin Bang Dream bertahan hingga sekarang? Tentu masih banyak faktor lainnya. Seperti band yang variatif, kerecehan seiyuu mereka(the most important), acara mereka yang beragam, atau bahkan meme meme mereka yang melintas di timeline saya setiap hari. Di Indonesia sendiri saya pikir franchise ini semakin besar dan bakalan semakin besar, walaupun saya sendiri ga ngikutin circle manapun mengenai Bang Dream ini.

Kesuksesan game-nya selama 3 tahun ini juga merupakan wujud dari kesabaran dan ketekunan Bushiroad yang akhirnya membuahkan hasil. Merayakan ulang tahun ke 3 ini, cukup banyak event terutama star gems yang dibagikan kepada para player. Tak lupa semua band juga mendapatkan jatah cover yang hingga artikel ini diterbitkan, baru dua yang terungkap yaitu Bad Apple untuk Roselia, dan chAngE untuk Morfonica. Sementara untuk versi Globalnya, dengan tertawa jahat saya ucapkan selamat, kalian mendapatkan pengumuman yaitu Bang Dream akan berkolaborasi dengan Baby Shark. Anime nya pun juga mengikuti perkembangan game, dan hingga saat ini, musim ke-3 Anime Bang Dream masih tayang.

Duh Kanon ku cantik..

Pertanyaan saya, apakah franchise ini sudah mampu bersaing dengan senior mereka? Sebut saja Love Live dan Idolm@ster. Atau malah Bang Dream sudah sebesar mereka? Haha, terlalu berlebihan ya sepertinya. Kemudian, Bagaimana pendapat kalian mengenai game Bang Dream atau franchise ini secara keseluruhan yang telah mencapai tahap ini? Apakah faktor yang saya sebutkan diatas juga terpikirkan oleh kalian? Atau kalian punya pendapat lain? Silahkan tulis di komentar jika kalian punya  pendapat lain dan juga jangan ragu untuk mengkoreksi tulisan ini karena saya sendiri belum terlalu lama di Bang Dream, jadi mohon maaf apabila ada kesalahan info.

bang dream

So, sekali lagi Selamat Ulang Tahun ke-3 untuk game Bang Dream. Semoga kedepannya masih akan memberi sesuatu yang baru lagi, tak lupa kejutannya serta tentunya cover lagu anisong nya! Terima kasih dan sampai jumpa!