[JOI Survey] Seberapa Besar Minat Kamu Membaca Komik Shoujo?

March 21, 2020 3:57 pm
[JOI Survey] Seberapa Besar Minat Kamu Membaca Komik Shoujo?

Siapa sih yang dari kecil nggak baca komik? Ya ada aja sih, tapi kita tidak bisa memungkiri kalau sebagian besar dari kita memulai masa muda dengan membaca komik, itu sudah jelas. Because reading novels as a kid is a tough choice. Komik menjadi salah satu bagian yang penting dalam hidup kita, saya masih ingat dulu Dragon Ball, Doraemon, Shoot!, Kung Fu Boy menjadi rebutan anak-anak di sekolah.

Sebagai seorang anak laki-laki, tentunya kami memiliki preferensi sendiri dalam membaca komik dan memilih komik-komik yang lebih macho. Karena sejak dahulu pun selalu ada serial cantik, sebuah kategori komik yang dikhususkan pada demografi wanita and more often than not, dijauhi oleh kaum lelaki. But now I am working with them, funny how life can turn out to be sometimes huh?

Seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, kali ini Jurnal Otaku bekerja sama dengan Harlequin Comics yang mengadaptasi novel-novel romantis dari penerbit Harlequin menjadi komik romantis. Komik-komik tersebut kemudian diterbitkan oleh SB Creative secara digital melalui platform romancecomics.com. 

Komik-komik dalam situs Romance Comics juga sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan pastinya bisa dinikmati siapa saja. Harga beli yang sangat murah, yaitu 1.1 Dolar saja untuk setiap komik memudahkan kamu untuk membeli komik yang kamu inginkan tanpa menjebol kantong terlalu dalam. Bila kamu belum mau membeli, ada juga free preview yang memperlihatkan sebagian dari komiknya untuk membantu keputusan membaca kamu. 

Romance Comics juga menyediakan komik gratis yang bisa kamu baca dalam berbagai bahasa bila kamu ingin mencoba melihat kualitas dari komik-komiknya dulu. Lumayan kan daripada bengong di rumah, kamu sekarang bisa baca komik legal tanpa biaya.

Dalam kesempatan kali ini, Jurnal Otaku bersama dengan Harlequin Comics ingin melihat ketertarikan dan minat kawan-kawan terhadap seri-seri romantis dari Jepang ini. Karena itu, JOI mengadakan sebuah survey kecil-kecilan yang bersifat sukarela untuk melihat minat tersebut. Siapa tahu di antara kamu ada yang lagi nyari-nyari seri romantis untuk mengisi kekosongan di hati.

Sekiranya tertarik, mohon untuk mengisi survey di bawah ini:

https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScETsQnisdgysCaZs-GfJk2LPZXqdZ_KSzwstfEG861RnVC0g/viewform

Survey ini akan kami adakan selama 30 hari ke depan untuk kawan-kawan, besar harapan kami kawan-kawan dapat mengisi survey tersebut untuk mengetahui minat pembaca terhadap seri-seri Harlequin Comics dan juga perkembangan situsnya untuk menyesuaikan lebih lanjut kepada preferensi kawan-kawan di Indonesia. 

Misalnya kawan-kawan ingin supaya lebih banyak komik thriller yang muncul dan diterjemahkan, kamu bisa isi pilihan tersebut. Misalnya kawan-kawan merasa sistem pembayaran di Harlequin kurang lengkap, kalian juga bisa memilih sistem pembayaran yang sekiranya bisa memudahkan. Atau kalian ingin membaca lebih mudah lewat aplikasi? Silahkan suarakan opini kalian dalam survey ini.

Kami akan sangat berterima kasih kepada kawan-kawan yang sudah meluangkan waktunya untuk mengisi survey tersebut.

Cheers!