[JOI Spotlight] Spring at Home Edition

March 22, 2020 7:11 pm
[JOI Spotlight] Spring at Home Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang mulai mendekati akhir musim dingin ini. Berbagai seri sudah mulai mengakhiri masa tayang mereka dan tentunya staf JOI akan memberikan berbagai impresi akhir untuk seri-seri tersebut.

Eizouken 11

Kaptain

Topikal banget ini Kanamori sakit. Penjelasan kenapa orang kayak Asakusa & Kanamori bisa serasi, dan saya demen sama Kanamori yang ga usah dikasih reaksi yang berlebihan langsung terjun nyelamatin Asakusa. Di aspek cerita, Asakusa akhirnya sampe di poin di mana tugas penulis di proyek kayak gini itu semacam paramedik, pake material yang udah ada dan modifikasi sesedikit mungkin buat bikin cerita baru.

Kalau manajemen sekolah terus nekan klub sekarang gantian publik yang neken sekolah karena ngedikte kreativitas. Masalah Eizouken nggak bisa outsourcing dikira udah kelar tapi ternyata jadi perkara lagi di audio akhir produksi.

Dorohedoro 10

Kaptain

Iya, prosedur ngeresmiin hubungan kayak gitu amat because they’re wizards. Kaiman nemu cara nyusup yang lebih aman, cuma pertemuan selanjutnya dengan Nikaido nampaknya bakal nyakitin keduanya.

  1. Chidaruma itu bos para Devil. Dirinya mulai sadar kalau ada bawahan yang membangkang untuk nyembunyiin fakta kalau ada penyihir yang bisa manipulasi waktu.
  2. Akumanju itu manju normal. Hukuman mati diberikan karena para Devil pada umumnya itu sangat nggak suka dilucuin. Silakan bayangin apa yang bakal mereka lakuin buat pembelot.
  3. Ada bagusnya Fujita & Ebisu ga diresmiin kontraknya, the later itu kelewat nggak stabil bahkan untuk standar penyihir

Murenase! Seton Gakuen 11

An is gay, Meanwhile Jin on his dream

Kaczmarek

Yes, where i could sign milking challenge? Hitomi unintentionally grows her harem with futanari and prehistoric human. Jin sang animal-slayer kini malah makin banyak saingan. Ia juga akhir-akhir ini berimajinasi yang enggak-enggak. Ya gimana “enggak-enggak”, harapan saya dalam imajinasi Jin itu Hitomi dan Anetani saling berantem, tapi malah gunting-guntingan woy. King dan Shiho juga tampaknya malah tetap di jalur yang mereka harapkan, walau sudah dihajar sama ortunya. Tak lupa juga referensi dari Dragon Ball disana hahaha.

Siapakah boss yang dimaksud oleh Anetani ini? Kraken? Dinasaurus? Beruang? Mammoth? Kalau disuruh menyarankan, lebih baik Jin menikahi Anetani dan Hitomi sebagai langkah terbaik dalam mencegah kepunahan. IYKWIM.

Darwin’s Game 11 (End)

Kaczmarek

Berakhir dengan membunuh Wang adalah cara terbaik menutup serial anime-nya. Saya gak mengharapkan ada sekuel dari adaptasi anime-nya, tapi teaser di akhir credit scene bikin harapan saya sedikit berubah. Gak jauh beda saat Rokka no Yusha dulu. Jadi, bagaimana dengan adaptasinya? 7/10 bagi saya untuk keseluruhan aspek. Animasi dan penyusunan skripnya juga rapih, ditambah dengan transisi yang cukup padat.

Toaru Kagaku no Railgun T 07-08

Fanservice bersumber dari anak SMP, kalian kudu sadar diri.

Kaczmarek

We got a glimpse of straight things from Kuroko hahahaha. Agak mengesalkan memang jika kasus ini tidak segera diatasi, apalagi sejumlah orang yang dianggap terlibat padahal tidak makin ditekan untuk menggali dari kehilangan ingatannya. Jujur saya kurang suka cara Misaki menggunakan cara tersebut, kemudian di episode berikutnya terjawab sudah motif darinya.

Saya yakin sih pandangan para penonton terhadap Misaki banyak yang berubah dari episode ini. Interaksi diantara dia dan Misaka ini bagai komedi yang seharusnya sudah muncul dari awal cerita. Ya karena ini enggak fokus sama komedi jadi ya gak mungkin menumbuhkan peluang itu. Saya juga mendapatkan alasan mengapa Misaki memiliki clique sebesar itu, tentunya ini berhubungan dengan fisiknya yang kurang mendukung. Maksudnya soal stamina, keatletisan, dan aspek jasmani lainnya, bukan soal fisik itunya

In/Spectre.11

Kaczmarek

Hipotesis keempat ini paling mudah dipercayai. Walau saya sendiri kaget mengapa Nanase (dalam cerita ini) dapat membuat Terada tak berdaya hanya dengan sebilah senter. Satu hal yang gak dibahas disini adalah kendaraan yang dibawa oleh Terada tidak dijelaskan dalam pemecahan kasus utamanya. Kalau dibilang “kopong”, solusi ini memang benar adanya seperti tiga solusi lainnya. Namun seberapa “kopong”? Solusi keempat yang paling kecil menurut saya.

Saya mencoba mengesampingkan itu payudara dari awal kasus, namun ternyata Kotoko sendiri yang memenangkan pembicaraan tersebut dengan topik itu! Yang paling lawak adalah saat Saki mengatakan bahwa Terada bukan penggemar dari payudara besar hahahahahahahaha. Ditambah dengan self accusation Kotoko bahwa Kurou demen yang kecil, dan akhirnya ditepis langsung sama mantannya.

Kaptain

Nggak penting kalau jawabannya masuk akal, yang penting itu skenario akhir yang cukup menarik buat nyetir kepercayaan netizen. Makanya penting untuk kesimpulan akhirnya itu dibuat sendiri oleh mereka, karena kemampuan Rikka sendiri nggak bisa ngendaliin orang sebanyak ini. Tinggal satu misteri aja yang belum dijawab, alasan kenapa Rikka ngebikin Nanase.

Azur Lane 12 (End)

Kaczmarek

Glad to remove this series. That’s pretty good ending for all sake. Berharap ada episode tambahan untuk mengembangkan detail dari musuh mereka, dan yang terpenting bagi saya adalah “kapal terbangnya”. Hal terlucu dari episode terakhir ini adalah Zuikaku yang jedotin kepalanya ke Kaga, mengingatkan saya dengan serial favorit lainnya haha. Ah yeah, Bisko nongol paling tidak 12/13 detik sudah sangat mencukupi permintaan penonton (semoga saja).

FGO: Babylonia 21 (End)

One last butt

Kaptain

Masuk ke sesi perpisahan khas game ini. Atau lebih kasarnya sesi “Situ suka karakter ini kan? Buruan muter gacha gih”. Rada kecewa aja Taiga ga ngikut balik Chaldea ngeliat dia tuh gratisan dari nih Singularity. Seperti yang udah ditulis di artikel tadi, kita langsung lanjut ke Solomon yang berhubung stafnya masih sama, semoga aja rajin pamer pantat juga.

Saya punya kepercayaan kalau anime Fate itu tugas dasarnya biar laku itu tampilin pertarungan & NP sespektakuler mungkin. Anime Babylonia udah menuhin tanggung jawab minimum mereka tapi konsekuensinya ya semua aspek lainnya jadi kerasa kering. Ujung-ujungnya ya cuma Taiga aja sumber komedinya dan Fujimaru Ritsuka adaptasi ini juga jadi kelewat aman “pililhan” dialognya dan hasilnya ya mbosenin.

Ishuzoku Reviewer 11

Kaptain

Ini bagian si Incubus jadi dipanjangin. Lucu aja sih seri yang bikin kontroversi akibat nilai di yang dipompa di situs tertentu itu ngasih fokus ke episode di mana skor sempurna itu nggak guna kalau kayak gini dipakenya.

Saya punya opini rendah sama adventurer guild di cerita kayak gini, tapi standar minimum saya yaitu “Guild sebagai super temp-agency” bisa dipenuhi seri ini; world ending threat, dungeon, dan perang ga terjadi tiap hari jadi normalnya ya para anggota guild punya profesi konvensional. Gag favorit saya dari seri ini tuh makanya “Party kita nyelametin dunia biar bisa dapet uang jajan.”

Minggu depan entah bakal ditutup sama demon atau “pernikahan”. Keduanya soalnya bisa punya cliffhanger bagus buat sekuel nanti.

Infinite Dendrogram 10

Kaczmarek

Masa lalu Marie Adler akhirnya dibuka. Ia ternyata adalah seorang mangaka yang serialnya terkena axe oleh penerbitnya. Walau sudah ditawarkan pindah ke majalah lain, namun ia mengalami kesulitan mengembangkan karakternya. Jadi ia menggunakan media Infinite Dendrogram sebagai ajang roleplay sambil membuat cerita untuk manga-nya? Cukup gila sih, jika melihat efesiensi waktunya.

Kemudian, Hugo ini sebenernya perempuan di dunia nyata?!? Jujur saja ini cukup mencengangkan karena jauh dari perkiraan saya. Jangan bilang Rook Holmes juga perempuan di dunia aslinya, karena kalau begitu serial ini bakal menambahkan tag harem di berbagai situs. Untuk Rook, saya sudah curiga sejak embryo-nya adalah seorang succubus dan Rook sendiri menjadi muncikari. Tolong jangan sampai please!

Toilet-Bound Hanako-kun 10-11

CTian

Hmmmm…. Hmmm…. Hmmm! Gak jadi bahas Natsuhiko deh, langsung bahas Neraka Cermin. Jadi, selamat anda mendapatkan Nana Fushigi ke-3 yang baru!!! MITSUBA!!! AHHHHHHH!! :’’ Selanjutnya menceritakan kisah Putri Duyung untuk namatin serinya.

Sumpah, cerita Putri Duyung ini menurut saya pribadi gak cocok jadi klimaks, lebih cocok Neraka Cermin ini. Nene, Hanako, Kou tergeletak di toilet, lalu tamat dengan Mitsuba yang join kelompoknya Tsukasa . Ehh malah dibalikin lagi ke cerita Putri Duyung. Ini cerita sebenarnya Putri Duyung ada di 2 cerita sebelum Neraka Cermin. Dan yap, mereka nge-skip satu cerita penting dari manganya, Nana Fushigi Pertama.

Sepertinya saya akan bikin full series review untuk seri ini. Ini review dari sudut pandang pembaca manga yak~ Tapi tenang, akan menjauhi spoiler kok. Kalau penasaran sama manganya, manganya sudah diterbitkan di Indonesia lho oleh penerbit Elex Media. Berjudul Hanako si Arwah Penasaran, Elex Media sudah menerbitkan hingga jilid ke-10~

Chainsaw Man 61-62

CTian

Big reveal! Plot Twist! Arghhhh!! Denji gak bakal dikasih kisah percintaan yang baik kayaknya. Makima is the big boss?! Kishibe (saya memanggilnya Jiraiya) ingin membunuh Makima?! Tapi sepertinya ini hanya dendam pribadinya si Jiraiya saja, mungkin gak semua ingin membunuh Makima. Saya sadar ini setelah ngebaca ulang dan merhatiin dialog si Jiraiya sama Makima. Jiraiya sering bilang Makima nih tukang bohong. Juga waktu Denji nyebut-nyebut Makima di depan Jiraiya, ekspresi Jiraiya turut prihatin gitu ke Denji. Hmm, masa lalu seperti apa yang mereka punya?~

Masih ngomongin Jiraiya, atau yang julukannya “Mad Dog”, ternyata dia mantan rekannya Quanxi!! Saya percaya dialog Quanxi sama Mad Dog ini sepertinya memakai bahasa Tiongkok, terutama di notes Mad Dog. Makanya Mad Dog biarin Power sama Denji ada di situ. Dialog Quanxi saya rasa tertuju ke Makima, tentang reporter perempuan yang ketahuan rahasianya itu. Jadi spekulasi saya Quanxi juga ada apa-apa sama Makima, melihat sex appeal dia yang juga seperti itu. Ahhhh makin rumit hubungan antar karakter ini!

Habis ngobrol sama “Mad Dog”, Quanxi gelut lagi sama Yoshida yang rambutnya mirip karakter genre tertentu, yang Devil-nya juga merupakan tag di genre tertentu, IYKWIM. Dengan kuda-kuda yang sepertinya tidak asing. Apakah ini… JOJO REFERENCE!!? /plak! Bukan! Ini mungkin referensi dari The Raid! Iya, film The Raid yang dibintangi Iko Uwais itu. Kuda-kuda bertarungnya ini ngereferensi pertarungan terakhir di The Raid 2. Walau belum diumumkan secara resmi, tapi kemungkinan besar memang ini ngereferensi dari sana. Melihat Tatsuki Fujimoto memang penggemar film The Raid, bahkan menjadi salah satu film action favorit dia lho! Wawancaranya tentang ini bisa kamu baca di sini!

Last not the least… Rest in peace Kobeni’s Car, you will be missed… I vote for her btw saat voting popularitas karakter Chainsaw Man yang pertama. Menunggu pengumuman hasilnya di bulan Mei nanti~

Sekian JOI Spotlight kali ini. Saya yakin ini sudah sering didengarkan melihat kondisi saat ini, but please stay clean, staf safe.