[Review] Cinta Bersemi Kembali

March 22, 2020 1:10 pm
[Review] Cinta Bersemi Kembali

Cinta Bersemi Kembali adalah salah satu komik Harlequin yang dapat dibaca di romancecomic.com, yang digambar oleh Yoko Yokota dan cerita dari novel milik Michelle Celmer. Bercerita tentang Ivy Madison yang membantu pernikahan saudara sepupunya, Deidre dengan Blake di Dallas, USA. Ivy seorang psikolog, dan pengarang buku best seller New York Times selama lima bulan berturut-turut. Selama membantu persiapan pernikahan Deidre, Ivy tidak menyangka bahwa mantan suaminya, Marshal Dilon, turut diundang oleh Deidre untuk menjadi grooms man atau pengiring pengantin laki-laki karena ia merupakan sahabat dari Blake, sedari kuliah dulu yang kini telah sukses menjadi raja minyak.

Cerita dalam komik ini termasuk sangat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Ivy merupakan karakter yang ambisius untuk menggapai segala sesuatu yang telah ia impikan, walau tidak berjalan sesuai rencana. Ivy termasuk karakter yang berwatak keras, namun ia sangat lembut dan penuh perhatian terhadap orang yang dikasihinya, salah satunya adalah sepupunya yang bernama Deidre. Ivy tidak ragu untuk membela sepupunya dari segala ejekan yang merendahkannya, dia juga tak segan dalam mengambil tindakan. Karakternya mengajarkan kita untuk menjadi orang yang berterus terang. Ivy memiliki kekurangan dalam sudut pandang. Ia gampang menyimpulkan semuanya hanya dengan satu sudut pandang dan tidak menerima opini lain, hingga ia bertanya pada orang yang memiliki masalah dengannya, sehingga ia memiliki dua sudut pandang dalam memandang masalah tersebut. Ia digambarkan memiliki rambut hitam pekat dan sorot mata yang tajam, dan penuh karismatik. Dilon berwatak dingin dimana ia selalu bergaul dengan banyak orang, namun ia memiliki misi untuk membalaskan dendamya pada Ivy karena sudah merasa dipermalukan oleh Ivy lewat bukunya yang best seller. Ia orang yang dapat menenangkan Ivy karena ia memahami karakter Ivy dengan sangat dalam. Ia juga termasuk orang yang miliki karakter sama dengan Ivy sehingga mereka merupakan pasangan yang cocok.

Melihat karakter Deidre yang memiliki tubuh yang besar dan tambun menjadikan dia sasaran empuk body shaming untuk karakter kekasih adik Blake, yaitu Heather dan Liz. Namun, keteguhan hati Deidre sangat patut untuk diberi apresiasi tinggi. Ia sadar diri bahwa kekurangan dia menjadikan orang lain dengan mudahnya merendahkan dia, namun dia percaya bahwa dia dan Blake bisa bahagia. Ia miliki hati yang lapang, bahwa semua orang yang merendahkan dia pantas untuk dimaafkan. Keberanian dia membuahkan hasil, dia berhasil menikah dengan Blake walau harus membatalkan resepsi pernikahan mereka. Dapat disimpulkan bahwa karakter ini berperan banyak dalam kisah Ivy dan Dilon yang harusnya menjadi cerita utama, namun nampaknya Deidre mampu mencuri perhatian pembaca dengan sifatnya yang lembut dan berhati emas tersebut. 

Plot dalam komik ini sederhana, yaitu Ivy bertemu dengan Dilon di pernikahan sepupunya, dan kemudian banyak hal terjadi selama satu minggu di Dallas, dan berakhir Dilon melamar Ivy di apartemennya saat mereka sudah kembali ke kota masing-masing. Namun sayangnya ada beberapa plot hole yang tidak menjelaskan bagaimana Dilon membalaskan dendamnya, namun dalam scene ketika Dilon menjelaskan semuanya mengapa mereka berpisah, beasiswa Ivy dicabut, hingga dia menjadi raja minyak yang sukses cukup menjelaskan maksud dari dendam itu sendiri, namun alangkah baiknya jika dijelaskan lebih spesifik. Penggunaan bahasa yang terlalu baku menyebabkan beberapa pembaca bingung, seperti penggunaan kata “Taipan Minyak” yang  berarti “Raja Minyak” atau “Pengusaha Minyak” dapat membuat beberapa orang bingung dengan istilah baku tersebut. Juga penerjemahan yang dilakukan secara perkata, bukan perkalimat, masih banyak ditemukan dibeberapa panel dan halaman. 

Komik ini mengajarkan kita untuk melihat masalah dalam dua sudut pandang agar dapat memahami secara sempurna, dan tidak gegabah dalam mengambil kesimpulan dan tindakan. Cerita ini juga memnggambarkan mengenai bodyshaming yang dialami oleh Deidre dan bagaimana ia menanggapinya. Juga, menjelaskan bahwa pernikahan mengharuskan kita untuk selalu berkomunikasi agar tidak terjadi salah paham dan menemukan kesepakatan bersama, karena sesungguhnya pernikahan itu bukanlah hal yang mudah.

Written by Erippi