10 Rekomendasi Anime untuk Ditonton Saat Swakarantina

March 24, 2020 6:24 pm
10 Rekomendasi Anime untuk Ditonton Saat Swakarantina

Pemerintah mengumumkan kepada masyarakat Indonesia untuk sebisa mungkin tinggal di dalam rumah. Hal ini dikarenakan wabah virus COVID-19 yang telah menyebar di Indonesia. Anjuran untuk bekerja dari rumah (work from home) dan aktivitas pendidikan secara e-learning pun menjadi salah satu kegiatan yang mulai digandrungi oleh masyarakat saat ini. Tidak hanya di Indonesia, di negara-negara lain juga mulai melakukan gebrakan yang sama.

Bagi para sebagian jumlah otaku, tinggal diam di dalam rumah bukanlah hal yang sulit. Apalagi ada tipe otaku yang hidup secara hikikomori atau no-life sebutan gaulnya. Asalkan ada game dan anime, hiburan bisa didapat dengan mudah.

Untuk memenuhi hasrat inilah, JOI membuat daftar rekomendasi anime yang bisa kamu tonton semasa swakarantina. Beberapa judul mungkin telah kamu tonton, namun tidak ada ruginya untuk menonton ulang anime yang tidak akan membosankan untuk dilihat kembali ini. Kalian yang baru banyak dapet waktu luang dan baru mulai dengan hobi ini juga bisa menggunakan seri di bawah untuk rekomendasi anime awal.

1. Hunter X Hunter (2011)

Tayang : Oktober 2011-September 2014

Total Episode : 148

Genre : Action, Adventure, Fantasy, Shounen, Super Power

Salah satu anime legendaris yang tak dapat dipungkiri oleh fans anime manapun. Hunter x Hunter (2011) mengisahkan perjalanan Gon sebagai hunter untuk mencari ayahnya, Ging Freecss. Dalam perjalanannya ia ditemani oleh Killua, Kurapika, dan Leorio. Menempuh banyak halangan dan rintangan, petualangan Gon sangat mengasyikan untuk ditonton. Beberapa karakter seperti Hisoka atau Meruem menambah keseruan dari anime sehingga sangat disayangkan untuk dilewatkan.

Sambil menunggu kelanjutan dari kisahnya yang masih belum mendapat adaptasi anime terbaru, tidak salahnya kita diam dirumah menonton kembali Hunter x Hunter yang membuat masa kecil dua generasi otaku begitu indah. Buat kamu yang belum pernah menonton disarankan dengan sangat untuk menontonnya, apalagi suara narator sama musik pengiringnya bikin hype tiap menonton episode per episode.

2. Naruto

Tayang : Oktober 2002-Februari 2007, Februari 2007-Maret 2007 (Shippuden)

Total Episode : 220+550 (shippuden)+10 (movie)

Genre : Action, Adventure, Comedy, Super Power, Martial Arts, Shounen

Siapa yang tidak kenal dengan karakter berambut kuning ini? Anime Naruto telah tayang di Indonesia melalui stasiun televisi Global TV. Kisah Naruto dalam upaya menjadi hokage di desa konoha sangatlah populer di kalangan otaku manapun. Perjuangannya untuk mengembalikan temannya Sasuke kembali ke jalan yang benar merupakan misi lain yang harus dilaksanakan sepanjang anime ini berjalan.

Meski sudah ada penerusnya yakni Boruto, anime Naruto tentunya masih menjadi berlian yang tidak akan mudah terkikis oleh zaman. Menonton kisah sedih, kocak, dan menegangkannya tentu membuat jiwa kita bernostalgia ditengah kondisi yang masih paceklik untuk bersosialisasi di luar rumah.

3. Death Note

Tayang : Oktober 2006-Juni 2007

Total Episode : 37

Genre : Mystery, Police, Psychological, Supernatural, Thriller, Shounen

Dua pemeran utama dari anime Death Note, baik Yagami Light dan L merupakan karakter yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata. Yagami Light mendapat death note yang bisa membunuh nama orang yang ditulisnya dari shinigami Ryuk. Kematian misterius yang berantai membuat polisi bergerak. Dipimpin oleh L, para detektif mencoba menguak pelaku dari insiden misterius ini.

Perang otak antara kedua karakter inilah yang membuat Death Note menjadi favorit bagi banyak otaku. Menontonnya kembali tentu tidaklah membosankan, meski kita sudah mengetahui trik yang bakal dilakukan (sudah dibuktikan oleh penulis).

4. Jojo Bizzare Adventure

Tayang : Oktober 2012-Juli 2019 (terbagi dalam 5 part/season)

Total Episode : 152 (terbagi dalam 5 part/season)

Genre : Action, Adventure, Supernatural, Drama, Shounen

Inilah waktunya untuk rekomendasi anime yang sudah sering dijadikan template meme ini. Jika kamu pernah mendengar suara lantunan piano diiringi kata: “I giorno giovanna have a dream” atau tulisan menancing dengan katakana “ゴゴゴゴ” itu berasal dari anime legendaris ini.

Jojo adalah sebuah anime yang populer, dengan art style yang unik terkesan maskulin. Jojo juga sering diparodikan oleh anime lainnya karena keunikannya. Terlepas dari unsur meme dan art style maskulin, Jojo memiliki cerita yang enak ditonton berkat pertarungan yang strategis dan perjalanan panjang yang semakin lama kalian menyaksikan cerita garis darah keluarga Joestar ini, semakin kalian kagum dengan fakta bahwa semua penyakit di seri ini dimulai dengan anjing yang ditendang.

5. Girls und Panzer

Tayang : Oktober 2012-Juni 2019

Total Episode : 12+1 (movie)+1 (special)+6 (das finale, 2 telah tayang, 4 masih menunggu)

Genre : Sports, Military, School

Mewakili para otaku yang gemar dengan hal moe dan gadis kawaii, anime ini merupakan salah satu series terbaik dari subgenre CGDCT. Kisah sekelompok murid perempuan yang menempuh ekskul unik senshadou dan bertempur dengan alat militer berat seperti tank adalah keunikan yang dimiliki GuP. Ini bukanlah moefikasi, melainkan para gadis menjadi krunya. Walaupun diisi oleh karakter perempuan, GuP memiliki penjelasan yang spesifik mengenai tank dan tipe-tipenya.

Girls und Panzer memenuhi segala aspek dari segi cerita, penggambaran karakter secara singkat namun padat, dan soundtrack gubahan beberapa lagu nasional dari berbagai negara. Karakter utamanya, Nishizumi Miho bukannya gadis yang beta seperti CGDCT biasanya. Tidak hanya itu, animasi yang memukau dengan berbagai sudut pandang membuat anime ini sangat indah untuk ditonton. Menonton GuP membuat kamu bisa belajar kendaraan militer ini sambil menikmati cantiknya para karakter yang dinamai cukup unik ini.

6. Doraemon (1979)

Tayang : Oktober 1979-Maret 2005

Total Episode : 1787+40 (movie)+ 2 (special 3D film)

Genre : Adventure, Comedy, Fantasy, Kids, Sci-Fi, Shounen

Wah kalau yang ini gausah ditanya lagi, dari tua hingga muda siapa tak kenal dengan robot kucing (atau “musang”?) dengan kantung ajaibnya. Doraemon adalah robot dari masa depan yang membantu Nobita dalam mengatasi permasalahannya. Dengan berbagai alat dari masa depan seperti baling-baling bambu, pintu kemana saja, hingga mesin waktu semuanya bisa menjadi menyenangkan.

Anime yang tayang di RCTI ini, ternyata punya versi tahun 2005 dan tahun 1973, namun saya sarankan untuk menonton versi 1979 karena yang ini lebih dikenal oleh publik Indonesia. Selain ribuan episode dari serial TVnya, Doraemon memiliki sejumlah film layar lebar yang layak kamu tonton untuk mengisi waktu luangmu di rumah.

7. Suzumiya Haruhi no Yuutsu

Tayang : April 2006 – September 2009

Total Episode : 28 (+1 Movie)

Genre : Sci-Fi, Slice of Life, Mystery, Comedy, Parody, Romance, School

Kamu mau tetap (sedikit) berpikir dikala gabut karena ga ada kerjaan di rumah? Cobain nonton ini. Mumpung KyoAni lagi gratisin streaming legal untuk beberapa animenya termasuk ini.

Bercerita tentang Kyon, seorang siswa SMU biasa yang hidupnya berubah total saat bertemu dengan Suzumiya Haruhi. Seorang gadis absurd yang tanpa sadar memiliki kekuatan layaknya Dewi. Bisa mewujudkan semua keinginan ekstraterestrial absurdnya dan membuat masalah untuk orang-orang disekelilingnya. Lihat cowok yang paling kiri dari gambar diatas? Ya, itulah bayangan ekspresimu nanti setelah menonton ini.

Dan selagi kamu sempat, cobalah untuk sekalian menonton movie-nya Suzumiya Haruhi no Shoushitsu. Masih menjadi salah satu movie anime terbaik sepanjang masa versi MAL.

8. Yami Shibai

Rekomendasi Anime

Tayang : Juli 2013 – September 2019

Total Episode : 91 (13 episode per-season)

Genre : Dementia, Horror, Demons, Supernatural

Yami Shibai cocok buat kamu yang suka dengan genre horor tapi bosan dengan format anime panjang (24 menit). Setiap episode dari Yami Shibai hanya berdurasi kurang lebih 4 menit, dan tiap episodenya tidak bersambung.

Serial ini bercerita tentang cerita hantu, urban legend, dan kisah seram yang dikemas apik melalui animasi sederhana ala wayang kertas Jepang (Kami Shibai). Dan karena format episodenya yang pendek, kamu pasti ga bakal terasa saat nonton ini sampai 91 episode.

Tips: Lebih enak untuk ditonton kala malam hari, menyendiri di rumah, ga ada orang lain, udah gitu lampu digelapin semua.

9. Shigatsu wa Kimi no Uso

Rekomendasi Anime

Tayang : Oktober 2014 – Maret 2015

Total Episode : 22

Genre : Drama, Music, Romance, School, Shounen

Mumpung udah mau bulan April, kali ini kita coba rekomendasi anime yang berhubungan dengan bulan April. Dan kali ini kita sarankan satu drama musikal yang cukup bisa mengoyak hati.

Bercerita tentang Kousei Arima, seorang pianis yang trauma dan ga mau nyentuh piano lagi setelah ibunya meninggal. Namun semua itu berubah ketika ia bertemu dengan seorang gadis pemain biola cantik bernama Miyazono Kaori. Bukan ya, bukan Kaori yang suka tsun-tsun sama maskot kami, Shimako.

Tapi ternyata Miyazono Kaori ini … tonton aja deh biar lebih dapat feels-nya.

10. Baka to Test to Shoukanjuu

Rekomendasi Anime

Tayang : Januari 2010 – September 2011

Total Episode : 26

Genre : Comedy, Super Power, Romance, School

Gimana jadinya kalau kamu bisa memanggil makhluk 2D untuk saling bertempur? Seru? Nah, sekarang gimana jadinya kalau kekuatan makhlukmu tergantung dari nilai akademismu. Pastinya makin semangat belajar kan?

Bercerita tentang SMA Fumizuki yang menerapkan sistem unik untuk membuat siswanya giat belajar. Dengan mengimplementasikan sistem “kasta” yang dinilai berdasar hasil akademis siswa-siswanya. Nah, dalam sekolah itu para siswa juga bisa bertarung dengan makhluk panggilan yang kekuatannya berdasar dari nilaimu di pelajaran tertentu.

Serial komedi ini cocok untuk kalian yang masih menempuh pendidikan formal dan butuh motivasi untuk belajar lebih giat.

Untuk sekarang kami baru memberikan 10 rekomendasi anime dulu. Kami yakin banget banyak dari kalian yang menyiapkan rekomendasi pribadi di luar daftar di atas. Silakan beri rekomendasi anime lewat kolom komentar di bawah!