Yanagawa Rio, Mangaka Veteran Genre Dewasa Tutup Usia Akibat Serangan Jantung

March 25, 2020 8:20 am
Yanagawa Rio, Mangaka Veteran Genre Dewasa Tutup Usia Akibat Serangan Jantung

Berita duka datang dari dunia mangaka Jepang. Pada hari Senin kemarin, saudari perempuan dari Yanagawa Riomangaka genre dewasa membuat twit mengenai wafatnya saudara laki-lakinya. Diketahui sang mangaka meninggal dunia akibat dari serangan jantung pada hari Minggu kemarin.

Pada tanggal 28 Januari lalu, mendiang membuat twit yang menyatakan bahwa ia harus ke rumah sakit dikarenakan suatu hal. Sehari berikutnya, mendiang juga mengeluhkan obat yang ia konsumsi. Kemudian pada tanggal 9 Februari, sebuah twit dipublikasi yang berisi ucapan terima kasih bagi yang sudah mendukung mendiang selama ini. Dalam twit tersebut juga diungkap bahwa mendiang tidak dapat membuat twit dikarenakan penyakit yang dideritanya.

Setelah satu bulan tidak ada kabar, akun Twitter mendiang yang dioperasikan oleh saudarinya kembali mempublikasi twit yang menyatakan bahwa mendiang telah berpulang pada 22 Maret lalu. Dari utas pendek tersebut, sang mangaka meninggal dunia pasca menderita serangan jantung dan sebuah foto yang menunjukan gambar lokasi dan jadwal upacara pemakamannya diperlihatkan. Sejumlah foto-foto dalam upacara pemakaman juga diperlihatkan. Dalam foto tersebut, berbagai ilustrasi buatan mendiang dipajang bersama karangan bunga sebagai tanda penghormatan.

Banyak sekali netizen Twitter dari Jepang yang dibuat kaget dengan berita ini. Mereka ikut berbelasungkawa dan mendoakan semoga keluarga selalu dikuatkan. Tak lupa juga dari tim editor majalah Monthly Action Pizazz, majalah dari serialisasi manga karya mendiang.

Kami segenap kru Jurnal Otaku Indonesia ikut berduka atas kepergian salah satu mangaka veteran yang sudah aktif dari tahun 1999 ini.

Gambar: Rio Yanagawa

Sumber: Rio Yanagawa