5 Tempat Kamu Bisa Baca Komik Romantis dari Harlequin Comics

March 26, 2020 4:41 pm
5 Tempat Kamu Bisa Baca Komik Romantis dari Harlequin Comics

Di masa-masa kamu harus diam di rumah seperti ini, tentu bosan menjadi musuh yang paling besar bagi kita semua. Walaupun sepertinya pemain GBF tidak terkena sindrom bosan karena sudah terlatih untuk mengulang-ulang pekerjaan yang sama ratusan, bahkan ribuan kali; tidak semua pembaca JOI adalah pemain Granblue and hey, if you’re bored then you’re bored. Salah satu cara mengusir bosan favorit saya adalah untuk membaca komik, dan rubrik kali ini sangat tepat untuk merekomendasikan itu, apalagi kalau kamu sangat suka dengan komik romance.

Seperti yang sudah kamu tahu, rubrik kali ini terjadi karena kerja sama Jurnal Otaku dan Harlequin Comics yang membawakan banyak komik romantis ke Indonesia. Harlequin membawakan banyak update setiap minggu dalam bahasa Indonesia, kira-kira 25 komik diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia setiap minggu on top of ratusan komik lain yang sudah ada di situsnya. Semua komik ini juga diterjemahkan dengan baik dan dengan bahasa yang nyaman untuk dibaca.

Penasaran bagaimana dan di mana kamu bisa membaca komik-komik dari Harlequin Comics? Inilah 5 tempat di mana kamu bisa membaca komik-komik mereka.

1. Situs Romance Comics

Tempat pertama yang bisa kamu datangi untuk membaca komik dari Harlequin Comics tentunya adalah lewat situs resmi mereka di romancecomics.com. Situs resmi ini memiliki koleksi komik-komik Harlequin Comics tidak hanya dalam bahasa Indonesia saja, tapi juga dalam bahasa Inggris, Jepang, Prancis, Vietnam, dan belasan bahasa lain untuk kamu yang ingin sekalian belajar bahasa asing.

Untuk membeli komik dalam situs ini, ada 2 macam cara yaitu dengan membeli atau menyewa komik tersebut selama 3 hari. Untuk menyewa komik selama 3 hari, kamu cukup membayar 1 Dolar saja, namun kamu hanya butuh menambah 1 Sen saja untuk membeli komik tersebut dan komik tersebut akan tersedia dalam library kamu kapanpun kamu ingin baca ulang.

Untuk kamu yang tidak ingin mengeluarkan uang banyak hanya untuk beli komik digital, mereka juga memiliki program bulanan yang hemat. Di mana kamu dapat mengeluarkan sejumlah uang untuk bisa membaca sampai 20 komik setiap bulannya. Harlequin akan memilihkan komik-komik pilihan setiap bulan yang bisa kamu baca saat ini hanya dengan harga 5 dolar sebulan saja. Tentu masih ada opsi harga lain yang lebih mahal, namun 5 dolar untuk 20 komik? That’s pretty good.

Dalam situs ini juga ada sistem poin yang diberikan bila kamu membeli komik atau mendaftarkan diri dalam program bulanan milik mereka. Poin ini kemudian bisa kamu gunakan untuk menyewa atau bahkan membeli komik lain yang kamu inginkan. Mungkin poin-poin ini bisa dikatakan sebagai cashback yang bisa kamu gunakan lagi dalam situs romancecomics.

Read it here: Romance Comics

2. Google Play Books

Bagi kamu yang sudah terbiasa untuk membaca komik secara digital lewat Google Play Books, komik-komik dari Harlequin Comics juga tersedia dalam platform ini. Cukup dengan mencari judul yang kamu inginkan tau dengan keyword “Harlequin Comics” dan kamu bisa mendapatkan banyak pilihan komik untuk dibaca. Apalagi Google Play Books juga pastinya sudah dibawa oleh kamu yang menggunakan smartphone Android, jadi nggak perlu untuk gonta ganti aplikasi lagi dong. Beberapa dari reviewer daily review untuk komik dari Harlequin Comics juga ternyata sudah menggunakan aplikasi ini untuk membaca rilisannya.

Bedanya dari situs Romance Comics? Yang jelas tempat bacanya berbeda dan di Google Books juga tidak ada tempat yang se-organized di situs resmi dari Romance Comics. Update dari situs ini pun relatif cepat jadi kamu tidak perlu merasa ketinggalan kalau baca lewat Google Play Books. Apalagi kamu juga bisa menggunakan Google Play credit untuk membeli bukunya, jadi memudahkan pembayaran buku-bukunya.

3. [Coming Soon] Aplikasi iOS dan Android

Bagi pemilik smartphone pastinya lebih memilih aplikasi yang sudah didedikasikan untuk membaca sesuatu dibandingkan harus cari-cari bukunya lewat browser. Apalagi banyak perk yang mungkin hanya ada di aplikasi dan tidak ada di browser default masing-masing smartphone kamu. Ya, Harlequin Comics berencana untuk merilis aplikasi baik untuk platform iOS dan juga Android. Dengan aplikasi ini diharapkan pembaca dapat membaca komik-komik rilisan mereka dengan lebih mudah dan lebih teroptimisasi. And everything would fall under 1 easy click karena aplikasinya didedikasikan untuk membaca buku saja.

Sayang, saat ini aplikasinya masih dalam tahap pengerjaan dan belum ada informasi pasti kapan akan dirilis, tapi pantengin Jurnal Otaku terus ya untuk informasi lebih lanjut karena kita pasti ngasih tahu saat aplikasinya terbuka atau dirilis untuk umum.

4. Amazon

Opsi yang ini mungkin cocok buat kamu yang tidak berada di Indonesia, karena saat ini Amazon belum masuk resmi di Indonesia, tapi dengan banyaknya yang jual Kindle di Tokopedia, someone must’ve been using their service regularly right? Amazon juga menjadi salah satu tempat penyebaran dari komik-komik Harlequin Comics, dan homepage dari Amazon pun lebih banyak merekomendasikan komik-komik yang dinilai cocok dengan preferensi kamu, jadi bila kamu suka mendapatkan komik randomoften feeling adventurous, atau memang in general lebih suka feel membaca dengan menggunakan Kindle, Amazon bisa menjadi tempat membaca yang baik untukmu.

Selain itu, seperti dalam Google Books, mereka juga menawarkan opsi-opsi menarik seperti dark mode atau Sepia mode saat membaca, membuat tampilan layar jadi jauh lebih nyaman saat digunakan. Kindle juga memiliki program subscription yang menawarkan unlimited bahan bacaan di kala kamu bosan. Jadi misal kamu sedang bosan membaca komik, kamu bisa refreshing dengan membaca buku atau majalah yang lain yang ditawarkan oleh Amazon.

5. iBooks

Harlequin Comics

Huruf “i” yang berada di depan platform kali ini menjelaskan dengan jelas bagi siapakah platform yang satu ini ditujukan, ya iBooks merupakan aplikasi membaca buku digital yang dimiliki oleh iOS, para pengguna smartphone buatan Apple. iBooks adalah native application yang kamu dapat untuk membaca dengan menggunakan iPhone, at least setidaknya sampai Harlequin Comics mengeluarkan aplikasi khusus iOS mereka sendiri. Tidak banyak perbedaan yang bisa kamu dapatkan dari reading platform ini dibandingkan dengan Amazon dan Google Books. If anything, iBooks punya sistem DRM sendiri yang disebut fair play but that doesn’t belong in this article, I think.

Komik-komik dari Harlequin Comics memang memiliki banyak alternatif tempat membaca, jadi kamu tidak perlu bingung harus nyari ke mana lagi. Apalagi beberapa dari aplikasi ini seharusnya sudah ada di smartphone pilihanmu sejak pertama kali membeli. Namun memang, mungkin ada perbedaan harga buku tergantung platform mana yang kamu gunakan, kadang lebih murah di satu tempat dibanding tempat yang lain. Jadi pilihlah tempat membaca yang sesuai dengan preferensi kamu ya, siapa tahu kamu lebih cocok di Play Books dibandingkan di situs resminya sendiri.