10 Rekomendasi Anime untuk Ditonton Saat Swakarantina (Bagian Kedua)

March 27, 2020 4:24 pm
10 Rekomendasi Anime untuk Ditonton Saat Swakarantina (Bagian Kedua)

Masih kurang dengan list yang kemarin? Atau kamu ingin mencari anime underrated yang mungkin belum pernah kamu tonton sebelumnya? Kami masih punya rekomendasi anime lain yang layak kamu tonton selama masa karantina diri. Berikut daftarnya!

1. Sakura Wars (Sakura Taisen)

Tayang : Desember 1997 – Agustus 2007

Total Episode : 25+11 OVA+ 1 movie+ 6 (Paris)+ 6 (New York)

Genre : Adventure, Mecha, Sci-Fi, Shounen

Kalau di artikel bagian pertama anime buatan MadHouse yang menjadi rekomendasi awal, kali ini artikel bagian kedua mengawalinya dengan cara yang sama. Kapan lagi bisa lihat karya Madhouse jadul.

Sakura Taisen merupakan perpaduan budaya yang cukup kental bisa dilihat dari adanya kombinasi samurai dan steampunk. Anime ini menjadi salah satu adaptasi game buatan SEGA yang cukup menyita perhatian pada zamannya. Sakura Taisen pernah tayang di SCTV diawal tahun 2000-an. Lagu pembukanya membakar semangat teitoku kagekidan dengan lirik khas hashire-nya.

Sakura Taisen layak kamu tonton mengingat versi terbarunya akan rilis 3 April di musim mendatang. Rasakan pertempuran para gadis menjaga kota dengan robot yang bisa menggunakan samurai yang disebut koubu dari ancaman musuhnya.

2. Legend of the Galactic Heroes (Ginga Eiyuu Densetsu)

Tayang : Februari 1988 – Maret 1997

Total Episode : 3 movie prequel + 110 OVA

Genre : Military, Sci-Fi, Space, Drama

Space Opera, begitulah julukan untuk anime yang satu ini. Jauh sebelum ada Death Note dengan duel otak antara dua karakter utama yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata, Ginga Eiyuu Densetsu telah menampilkan opera dengan tema demikian. Uniknya, anime ini tidak hanya mempertaruhkan soal nyawa atau nasib bumi, namun keseluruhan galaksi dan alam semesta.

Diceritakan, manusia telah maju dalam berbagai bidang di masa depan hingga dapat menciptakan alat yang melebihi kecepatan cahaya. Perpindahan antara planet dan galaksi bisa dilakukan dengan sekejap, populasi manusia pun menyebar ke berbagai planet di alam semesta. Setelah melewati berbagai peristiwa bersejarah, terbentuklah dua kubu yang saling merebutkan alam semesta: Kekaisaran Galaksi dan Aliansi Planet Bebas.

Dua tokoh utama kita sama-sama memiliki kecerdasan yang luar biasa dalam memimpin perang antar galaksi. Yang Wen-Li adalah anak seorang pedagang yang mengawali karir militer dengan pangkat dari bawah namun dengan cerdiknya berhasil mengkomando pasukannya untuk menghindari dari kekalahan telak. Sementara Reinhard Von Lohengramm mendapat kuasa secara cepat akibat perkawinan kakak perempuannya dengan raja dan membuktikan dirinya genius dalam urusan perang dan politik dalam negeri.

Terjadinya perebutan kuasa di dalam anime ini tidak menahan anime ini dalam mengungkap segala macam kejelekan pemerintahan dan kebrutalan dalam sejarah dan perang karena bentuknya dalam wujud OVA. Meski telah mendapat versi baru dengan nama Die Neue These, anime ini tetap layak untuk ditonton mengingat peringkatnya sebagai urutan 5 terbaik di MAL.

3. Isekai Shokudou

Tayang : Juli 2017 – September 2017

Total Episode : 12

Genre : Comedy, Fantasy, Mystery, Cooking

Isekai merupakan subgenre yang sedang hangat di kalangan otaku sekarang. Banyaknya seri isekai dengan karakteristik MC yang overpower atau menumpuk harem adalah hal yang populer. Ternyata dibalik semua itu, masih ada beberapa serial isekai yang tidak melulu mengandalkan pertarungan dan mengalahkan raja iblis.

Isekai Shokudou mungkin terdengar asing bagi beberapa otaku karena anime ini sendiri agak tersembunyi dibalik gemerlap kesuksesan serial isekai mainstream lainnya. Anime ini menyajikan visual makanan yang menggoda selera dan cerita yang cukup menenangkan hati. Restoran turun temurun yang bisa mendatangkan pelanggan dari dimensi manapun adalah ide yang cukup simpel namun bisa sangat menghibur, memberikan suasana dan pandangan baru terhadap genre isekai yang seringkali dianggap ampas oleh sebagian otaku.

4. Seto no Hanayome

Tayang : April 2007 – September 2007

Total Episode : 26 + 2 OVA sequel

Genre : Comedy, Parody, Romance, School, Shounen

Penulis masih menganggapnya menjadi salah satu anime komedi terbaik sepanjang masa. Wait, Did I mentionMasa“!? Ya Masa-san adalah daya tarik yang tak akan terlupakan dari anime ini. Setiap kata dari Masa adalah mutiara yang menggugah orang yang mendengarnya.

Sebenarnya anime ini bukan soal Masa, tapi seorang pria hoki yang mendapat istri seorang duyung. Kehidupan komedi romantisnya sangat menarik karena Ayah dari duyung itu adalah kepala geng Yakuza. Tambah apesnya lagi, sang MC ditaksir oleh anak seorang gangster yang rupanya bak terminator. Menonton kekacauan hidupnya dan petuah dari Masa-san adalah paket komplit yang bisa kamu temui saat menonton anime yang tidak cukup ditonton sekali atau dua kali ini.

5. Fumikiri Jikan

Tayang : April 2018 – Juni 2018

Total Episode : 12

Genre : Comedy, Slice of Life

Bosan dengan anime serial TV? Merasa tak punya waktu menonton itu semua? Kami juga merekomendasikan sebuah anime pendek yang berjudul Fumikiri Jikan. Anime ini bisa ditonton dengan mudah di CrunchyRoll bahkan MyAnimeList secara gratis.

Fumikiri Jikan memperlihatkan percakapan, pemikiran berbagai orang random ketika sedang menunggu kereta lewat hingga palang pintu kereta terbuka. Anime ini mengandalkan permainan kata di setiap episode yang hanya menampilkan maksimal dua orang berinteraksi selama 3 menit. Meski dibawakan secara singkat, anime ini sangatlah menghibur sehingga cocok ditonton buat kamu orang yang super sibuk.

6. Kokuhaku Jikkou Iinkai Series

Tayang : April 2016 – Desember 2017

Total Episode : 1 (Zutto Mae kara Suki deshita) + 1 (Suki ni Naru Sono Shunkan wo) + 6 (Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta)

Genre : Comedy, Drama, Romance, School

Sebuah anime yang terinspirasi dari kumpulan video musik yang dibuat HoneyWorks, itulah Kokuhaku Jikkou Iinkai Series. Kalau kamu cukup perhatian, HoneyWorks telah mengisi banyak sekali lagu untuk serial anime seperti Naruto Shippuden, Haikyuu, Ao Haru Ride, Gintama, Araburu Kisetsu no Otome-domo yo. HoneyWorks juga membuat beberapa lagu terkenal seperti Romeo yang sampai dicover ke dalam game Bang Dream Girl Band Party. Karena detail untuk HoneyWorks sendiri cukup panjang kamu bisa lihat rangkumannya disini.

Kokuhaku Jikkou Iinkai adalah serial lagu yang diciptakan oleh HoneyWorks, mengisahkan kisah cinta anak-anak SMA yang berbunga-bunga. Lirik dan melodinya begitu berkelas untuk sebuah video vocaloid hingga terbentuklah versi animenya yang bisa kamu tonton dalam 3 judul.

Zutto Mae kara Suki Deshita dan Suki ni Naru Sono Shunkan wo adalah anime layar lebar dengan durasi 1 jam 3 menit, sementara Itsudatte Bokura no Koi wa 10 cm Datta adalah serial anime 6 episode dengan durasi 23 menit per episode. Ketiga adaptasi anime ini merangkum kisah 4 pasangan dari banyak cerita yang dibuat HoneyWorks melalui video musiknya.

Ini adalah anime yang bisa ditonton baik oleh laki-laki atau perempuan. Ya meskipun ceritanya mungkin akan cukup menyiksa para jones yang nonton sendirian dirumah, namun ceritanya cukup membuat saya (yang juga dari kalangan no couple) berhenti dari ritual mengutuk menjadi tangisan, tawa, dan bahagia mengikuti alur dan musik yang disajikan dalam anime ini.

7. Ryuugajou Nanana no Maizoukin

Tayang : April 2014 – Juni 2014

Total Episode : 11 Episode

Genre : Detective, Comedy, Romance, Supernatural

Salah satu mutiara dari musim semi tahun 2014. Ryuugajou Nanana no Maizoukin menceritakan kehidupan Juugo Yama yang berubah 180 derajat setelah tak diakui oleh keluarganya. Ia kemudian berpindah ke Pulau Nanae, pulau yang memiliki fasilitas dan sarana prasarana yang sangat memadai untuk pendidikan anak-anak. Ia memutuskan tinggal di sebuah apartemen murah yang memiliki penghuni arwah gamer gentayangan bernama Nanana.

Nanana dikenal sebagai pencetus dari “Nanana’s Collection”, alat-alat dengan kemampuan magis yang posisinya tersebar di seluruh penjuru Pulau Nanae. Kasus kematian Nanana sepuluh tahun yang lalu juga masih belum terpecahkan, dan Yama berusaha untuk mencari siapa pelakunya. Ia juga harus terlibat dalam sekelompok pencari harta karun dan pencuri yang mengancam nyawanya. Namun ternyata, segala hal yang ia hadapi saat ini merupakan bagian dari rencananya sebelum sampai ke Pulau Nanae.

8. Sakurako-san no Ashimoto ni wa Shitai ga Umatteiru

Tayang : Oktober 2015 – Desember 2015

Total Episode : 12

Genre : Seinen, Detective, Mystery, Violence

Serial buatan dari Oota Shiori ini berpusat pada Kujou Sakurako, seorang osteologis yang kehidupannya selalu dipenuhi tulang, tulang, tulang, kematian dan misteri. Ia juga dikenal sebagai orang yang anti sosial dan memiliki masalah dalam berinteraksi dengan orang lain. Sakurako selalu ditemani oleh asisten pribadinya yang masih duduk di bangku SMA, Tatewaki Shoutarou. Shoutarou sendiri menganggap dirinya sebagai tukang asuh Sakurako dan tidak melihat objek asuhannya secara romantis ataupun dalam ranah pertemanan.

Keduanya selalu aktif dalam pemecahan misteri pembunuhan atau insiden yang terjadi di daerahnya. Jika pihak berwajib membutuhkan bantuan Sakurako dalam penanganan suatu kasus yang melibatkan mayat, Shoutarou sendiri yang menjadi perantaranya. Keduanya berhadapan dengan banyak kasus di lingkungannya, hingga mereka menyadari ada hal yang tersembunyi dari seluruh kasus ini.

Bagi yang menyukai serial pemecahan kasus seperti Gosick, Kabukichou Sherlock, dan Lord El Melloi, serial ini bisa menjadi rekomendasi untuk ditonton. Tak hanya premis ceritanya, visual dan musiknya juga sangat bagus. Apalagi yang menggubah musiknya adalah TECHNOBOYS PULCRAFT GREEN-FUND dan Akira Itou (Baccano, Aldnoah Zero) yang menata visualnya.

9. Kaiji

Tayang : Oktober 2007 – September 2011

Total Episode : 52 Episode

Genre : Thriller, Gambling, Death Game, Anti-Moe

Kenapa Anti-Moe? Karena seri ini itu tentang a bunch of failed human being yang walaupun dikasih kesempatan untuk memperbaiki diri malah terus-terusan jatuh ke jurang yang lebih dalam. Walaupun merekomendasikan seri yang bikin stres di situasi kayak gini itu kesannya ya nggak bertanggung jawab, saya tetap akan mendukungnya berhubung ini salah satu seri yang sangat bagus banget dalam menceritakan orang-orang yang ditekan habis-habisan dan nggak punya jalan lain selain maju ke depan.

Format cerita Kaiji itu pada dasarnya Itou Kaiji dapet masalah because he’s a failure, yang ngebuat dia harus main Death Game buat nyelesaiin masalah yang maksa dia untuk pake 100% kekuatan fisik dan mental dirinya. Sebenernya saya cuma nyaranin season pertama aja berhubung season kedua itu kebanyakan waktunya abis buat duduk di depan mesin Pachinko.

10. Konosuba

Tayang : April 2014 – Maret 2017

Total Episode : 20 Episode, 2 OVA, 1 Film

Genre : Comedy, Fantasy, Parody, Boobs

Berhubung filmnya sudah “mudah diakses”, nampaknya ini waktu yang bagus buat kembali ngerekomendasiin seri yang berkali-kali dapat impresi positif dari situs ini. Sebagai parodi, Konosuba menceritakan bagaimana orang yang mencoba mencurangi sistem dunianya dikadalin habis-habisan karena berasumsi kalau dunia yang dia datangi itu setting isekai biasa. Sebenernya saya rada risih merekomendasikan seri ini sebagai seri isekai pertama untuk ditonton berhubung parodi itu baru efektif kalau penontonnya paham dengan apa yang diparodiin.

Ini bukan satu-satunya seri isekai komedi, namun saya bilang ini yang paling efektif menggunakan resep “4 orang brengsek yang celaka melulu” sebagai fondasi yang baik. What you’re seeing is what you get, nggak usah ngarepin twist besar di akhir atau ceritanya terus jadi kelam karena penulisnya udah kehabisan materi komedi. Kriteria yang dibutuhkan untuk nonton cuma kalian bisa tahan nggak sama para petualang disfungsional ini dan dada yang bebas dari kekangan gravitasi?

Setelah nyaris setengah dekade dari penayangan perdana, nyatanya juga anime yang dulu dikritik “grafiknya jelek! kenapa nggak Kyoani aja yang nggarap!?” juga masih terus diparodiin akibat identitasnya yang kuat. Konosuba itu diberkati oleh staf produksi serta casting seiyuu yang kuat banget, dan saya bilang seri ini walaupun bukan yang pertama kali melakukannya; membuat tipe karakter Damegami jadi populer.

Masih banyak mungkin anime selain yang berada di daftar seperti Gintama, One Piece, FullMetal Alchemist atau antimainstream seperti Honzuki dan lainnya. Namun dengan rekomendasi sebanyak ini, niscaya masa swakarantinamu akan berlalu tanpa kamu sadari sembari menikmati anime pilihan kami. Stay safe at home guys!