Comic Market 98 Umumkan Pembatalannya

March 27, 2020 5:26 pm
Comic Market 98 Umumkan Pembatalannya

Melalui akun resminya, penyelenggara telah mengumumkan bahwa acara Comic Market 98 harus ditunda akibat situasi saat ini. Halaman resmi mereka mengatakan bahwa keputusan ini diambil untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Dikatakan bahwa dengan penundaan Olimpiade Tokyo, tidak jelas apakah Tokyo Big Sight akan tetap bisa digunakan untuk acara pada Juli/Agustus 2020. Comiket 99 juga masih diragukan dapat diadakan pada musim dingin 2020.

Ini adalah pertama kalinya acara Comiket dibatalkan sejak 1975. Penyelenggara namun memastikan bahwa katalog cetak masih akan rilis pada 11 April, yang dijual untuk mendukung penyelenggaraan selanjutnya. Biaya prapembelian untk pengunjug dan circle maupun parkir juga direncanakan akan dikembalikan mulai 15 April.

Melihat penundaan ini, beberapa circle juga memutuskan untuk mengalihkan penjualan mereka ke format digital atau menjualnya di lain hari pada toko buku.

Comic Market 98 rencananya digelar pada Golden Week yaitu 2 hingga 5 Mei 2020 di Tokyo Big Sight. Gelarannya harus dimajukan dikarenakan venue utama acara yang akan digunakan sebagai pusat pers utama dan penyiaran internasional untuk Olimpiade 2020 Tokyo yang ternyata juga ditunda paling lambat sampai 2021. Penyelenggara Comiket juga mulai mengimplementasikan biaya masuk sejak Comiket 96, namun sebelum edisi itu digelar mereka mencabut keputusan tersebut.

Gelaran Comic Market sebelumnya yaitu Comic Market 97 dapat menjaring hingga kurang lebih 750.000 pengunjung dalam empat hari. Sementara itu pada registrasi cosplayer pada acara tersebut terhitung 8.245 pria dan 16.888 wanita. Dalam C97 juga dibuka tempat untuk mendonorkan darah yang dibuka pada tiga hari pertama. Korporasi yang membuka stan dan panel dalam gelaran ini tercatat hingga 144 perusahaan.

Sumber: Halaman Resmi