[Review] Daring to Trust the Boss

March 27, 2020 17:50
[Review] Daring to Trust the Boss

Saya Ayik ingin mengulas tentang komik ini. Komik ini memiliki cover ( sampul ) yang menarik, dengan adanya potongan adegan yang ditampilkan untuk menjadi sampul depan. Pembaca akan tertarik dengan mudah untuk membacanya, dengan latar tempat di dalam ruangan perkantoran dengan pemandangan malam hari kota New York seperti bintang-bintang membuat sampulnya memiliki daya tariknya. Dihalaman pertamanya buku ini memperlihatkan struktur membaca komik ini dengan tepat agar pembaca dapat memahami jalan cerita si penulis, dengan adanya itu pembaca akan dengan mudah memahami isi cerita dengan baik.

Penambahan hiasan hiasan pada komik ini bisa dibilang cukup sedikit, agar pembaca tidak cepat bosan, sebaiknya ada penambahan hiasan hiasan yang pas dengan latar atau suasana pada saat adegan tertentu sehingga pembaca merasa dimanjakan dengan suasana yang ditampilkan grafis yang ditampilkan cukup baik dari segi kontras suasana yang digambarkan namun masih kasar pada bagian karakter. Pada bagian ini penampilan karakter yang ditampilkan cukup baik dengan ilustrasi tokoh namun pada penggambaran latar tempatnya bisa ditampilkan lebih banyak lagi agar pembaca tidak bosan dengan sistuasi yang ditampilkan.

Sifat karakter yang ditampilkan memberikan kesan yang baik bagi para pembaca namun jika untuk kedepannya ada perubahan sifat yang drastis dari masing masing tokoh kearah yang yang benar maka sudah dipastikan buku ini layak berada pada posisi 5 besar. Dengan kehadiran tokoh tokoh pendukung baik antagonis, protagonis konflik yang kecil akan membuat suasana yang dihasilkan akan terlihat alami, dan konflik yang besar seakan terus berlanjut hingga mencapai titik puncak masalah hingga dapat di selesaikan dengan baik pula.

Pada bahasa yang ditampilkan sudah bagus namun terdapat banyak pemborosan kalimat dan beberapa penempatan kata yang tidak pas. Terkadang pembaca akan merasa kebingingungan karena hal tersebut. Nilai lebih dari komik ini adalah : 

  1. Alur 

Alur cerita yang disampaikan menurut saya sangat baik keseimbangan antara  keseharian dan romantis disertai dengan bumbu bumbu yang membuat pembaca sangat iri akan hal-hal romantis mereka. Pada episode 1 ini alur yang digunakan adalah alur maju yang semua adegannya mengarah ke masa depan. 

  1. Sampul 

Sampul buku ini menarik dengan potongan adegan dan latar tempat dan latar suasana yang indah dan romantis sehingga pembaca dapat merasakan gambaran isi dari komik Daring To Trust The Boss.

  1. Grafis

Grafis yang ditampilkan sangatkan mendetail gambar yang ditampilkan dapat membuat pembaca nyaman. Dengan grafis yang ditampilkan pembaca dapat lebih memahami mimik wajah dari karakter.

  1. Latar 

Latar tempat yang dipilih dengan baik namun latar tempat yang ditampilkan sangat sedikit. Latar suasana yang ditampilkan membuat pembaca merasakan hal yang sama pada karakter. Suasana yang ditampilkan mengarahkan pembaca untuk melihat dan sekan merasakan langsung hal yang terjadi di adegan komik tersebut. Penempatan latar waktu yang begitu abstrak membuat pembaca penasaran dengan adegan selanjutnya.

  1. Konflik 

Konflik yang ditampilkan pada episode 1 sangatlah baik dengan mengawali konflik kecil yang membuat pasangan karakter menjadi awal dari percikan romantis sehingga mereka dapat lebih dekat lagi untuk kedepannya dan diakhiri dengan konflik besar sehingga pembaca penasaran dengan kelanjutan dari episode 1 ini.

Jika membicarakan kelebihan pasti juga ada kekurangan. Dari hasil analisis saya kekurangan dalam buku ini : 

  1. Penggunaan Bahasa. 

Penggunaan bahasa yang berbelit-belit dapat mengakibatkan kejenuhan / kebosanan pembaca, penempatan kata yang kurang tepat dapat mengakibatkan pembaca bingung dengan cerita yang ingin disampaikan penulis 

  1. Hiasan Buku 

Pada hiasan buku ini kurang banyak. Sebaiknya ilustrator dapat menambah hiasan-hiasan pada buku sehingga megangkat suatu suasana menjadi lebih terasa. Agar pembaca lebih terbawa ke dalam cerita ini. 

  1. Latar Tempat

Latar tempat yang ditampilkan sangat sedikit. Dengan pengambaran tempat yang sedikit membuat pembaca bosan. Dengan menambah latar tempat yang sesuai dengan suasana yang ingin ditampilkan makin beragam juga hal yang dapat ditambahkan, sehingga pembaca tidak bosan dengan suasana dan adegan yang ditampilkan 

Sekian & Terima kasih

Sorry. No data so far.