[JOI Spotlight] Drift Away Edition

March 29, 2020 8:31 pm
[JOI Spotlight] Drift Away Edition

Selamat datang di JOI Spotlight terakhir untuk bulan Maret ini, sekaligus juga sebagai penutup musim dingin 2020. Mari kita berikan impresi akhir untuk seri yang sudah hadir di musim ini.

Eizouken 12 (End)

Kaptain

Dengan soundtrack yang baru, cerita baru yang lebih pragmatis dibuat. Sesuai dengan pengalaman produksi Eizouken kalau untuk beberapa masalah, there’s simply no good clean solution. Di bagian akhir entah dunia yang ditampilkan itu hasil imajinasi atau emang kondisi dunia di tahun 205x, because damn. 

Saya ngedepanin Kanamori sebagai girl of the season, bakal susah karakter kayak gini bisa nongol lagi. Cuma jujur aja kalau ga ada Sowande sebagai rival yang terus bisa ngerusak rencana dia saya malah bakal benci sama dia. Karakter yang ga dapet tantangan yang berarti itu saya capek liatnya.

Eizouken sudah memenuhi kriteria untuk kandidat Anime of the Year saya, anime ini di situasi industri kayak gini nggak punya satupun episode yang lemah. Ini dan Shirobako bakal saya jadiin rekomendasi buat mereka yang mulai anime. Sayang aja untuk sekuel kita harus nunggu agak lama berhubung kita masih harus nunggu material ngumpul dulu.

Dorohedoro 11

Kaptain

Penjelasan soal obsesi En buat nemuin penyihir yang bisa ngendaliin waktu, saking terobsesinya dia bikin feature film. Ada satu target yang dia nggak tahu hidup atau mati, dan kekuatan sebesar manipulasi waktu dipake buat ngonfirmasi ini.

  • Pimpinan Cross Eyes yang nyaris musnahin organisasi En luar biasa berbahaya dengan pisau.
  • Walaupun ini dunia penyihir, tetep aja orang yang ga bisa pake sihir juga bisa berbahaya. Ini juga alasan En nggak main-main soal ngadepin Cross Eyes.
  • Nikaido & Kaiman kembali bertemu. Yang jadi masalah itu sekarang gimana kontrak bisa dibatalin dan udah gitu jelas En bakal ngamuk partner dia ilang

Murenase! Seton Gakuen 12 (End)

We have a lot of buttscene this season

Kaczmarek

Loli fight! Pantas saja Kaneda Tomoko sebulan yang lalu berusaha balik dari Italia ke Jepang secepatnya, itu karena proyek ini toh. Iya, ia memerankan Mon si loli mammoth. Pertarungan demi memperebutkan supremasi eksistensi binatang ini sangat sengit. Yang satu mengandalkan kecepatan dan kelincahannya sementara lawannya adalah binatang kuat berbadan mungil yang tak dikaruniai stamina memadai. Kalian memprediksi ini bakal menjadi “proper boxing match”? Ini serial komedi, jadi jangan berharap yang tidak-tidak.

Sekali lagi, dan makin sering lagi. Hitomi kembali menjadi daya tarik tersendiri bagi para penonton dan Jin. Tentunya pengalaman ini akan terekam sangat jelas dalam memori Jin. Tidak seperti yang diharapkan, ambisi Jin untuk menggaet Hitomi masih dianggap kandas di akhir musim pertama ini. Ditambah lagi Hitomi juga secara tak sengaja membangun threesome yuri bersama dengan Yena dan Anetani. Poor Jin. Hal lain yang cukup memorable adalah saat Mei-mei bertanya kepada anggota EX soal kepunahan. Cukup ironis.

Teaser di bagian akhir ini sangat menarik. Musim kedua bisa menjadi opsi, dan semoga penjualan BD-nya lumayan banyak. Ditambah dengan lagu pembuka dan penutup yang sensasional dan lucu.

Toaru Kagaku no Railgun T 09

Saten memang pantas kena geplak di episode ini

Kaczmarek

Saya mikir-mikir kayak pernah ngeliat Xochitl di episode-episode sebelumnya, ternyata dia yang dibantu Saten toh. Kali ini giliran Xochitl yang menyelamatkan Saten dari kecerobohannya. Dan yak, Misaki belum menormalkan isi kepala Kuroko hingga detik ini, dan yang membuatnya teringan dengan “onee-sama” miliknya adalah dengan perlahan membantu memecahkan misteri ini.

Xochitl juga sempat tampil di serial utamanya namun seingat saya juga rambutnya lebih pendek dan kulitnya lebih kecoklatan. Keadaannya sekarang apa karena ia memakai topeng? Mengingat kasus Etzali dahulu di serial Railgun.

Okaasan Online OVA

Ekpresi yang sama dengan saya saat menonton OVA ini

Kaczmarek

Medhi as always being such a savage af. Disini juga saya ketemu Satomi Arai lagi yang juga menyusahkan. To be honest with you guys, i’m cringing myself a lot watching this additional episode. Especially on watermelon game or whatever it’s called. Then amnesia, yes yes yes.

Brand New Animal 01-06

What’s this?

Night Running

Kaptain

Tone lebih deket ke Beastar dibanding Setton Gakuen. Para manusia binatang di sini lebih kayak Zoan di One Piece berhubung mayoritas punya wujud manusia. Animacity itu secara efektif dikuasain persenannya sama kriminal, pasukan bayaran, dan di episode terakhir nambah sekte ekstrimis juga. It’s not a nice place, berhubung ada death game yang ngehasilin korban secara rutin. Pada dasarnya itu para Beastman ga keberatan kalau penduduk yang lemah mati. Such is the nature of the Beast.

Masih harus nunggu Mei sampe dapet episode baru. So far so good, berhubung ini katanya cuma satu cour jadi pacing harusnya bisa lebih mendingan. Entah Trigger bakal ngambil Obvious Twist kalau orang yang namanya Shirou Ogami itu dewa beneran. Yang udah cukup familiar dengan cerita/mitos kayak gini harusnya dah tahu sendiri kalau Nazuna as The Fox dan Michiru as The Tanuki itu bukan Beast biasa. Apalagi yang di berbagai budaya itu keduanya dikenal sebagai Trickster God yang ga pernah akur.

Satu aspek yang saya seneng itu Michiru yang awalnya emang standar protagonis Trigger semacem Akko & Ryuko, tapi sebagai Tanuki dia lebih pinter soal ngadepin masalah dan paling nggak setelah kepercayaannya terus menerus dipertanyakan sama teman & musuhnya dia sadar kalau dirinya perlu lebih banyak belajar soal kubu Beastmen & manusia.

Do check out episode 5. Bahkan untuk kalian yang ga demen liat seri ini secara keseluruhan. Imaishi menggila lagi di situ.

In/Spectre 12 (End)

Kaczmarek

8,5/10. Kepuasan saya benar-benar tak terbendung melihat akhir dari ceritanya. Meskipun demikian, saya masih memiliki kekhawatiran dari dua kasus sebelumnya yang saya kira masih berpotensi untuk kembali muncul dengan konsep berbeda. Ibarat lagi bertarung, Kotoko hanya memberikan stun kepada para pelakunya. Namun ia tidak menghilangkan eksistensi dari pelaku tersebut. Begitupun dengan bagaimana ia menutup kasus Rikka. Namun hal yang masih mengganggu saya di akhir cerita ini adalah hubungan antara Rikka dan Kotoko. Meskipun Rikka sempat tinggal di mansion milik keluarga Kotoko, saya mengira hubungan keduanya tidak sedekat dari yang dibayangkan. Tak ada teaser di akhir cerita ini, secara samar juga mengumumkan bahwa ini hanya jadi satu-satunya adaptasi anime-nya.

Ah iya, kritik dari para penonton terhadap serial ini pasti didominasi dengan banyaknya kalimat dialog yang dipakai serta narasinya. Meskipun menurut pandangan subjektif saya bahwa serial ini bukan apa-apanya dengan narasi Monogatari, bagi yang sudah terlanjut tertarik dengan embel-embel “action” di awal cerita, mereka akan menjadi bahan tertawaan bagi para penonton seperti saya.

Kaptain

There you have it, ini semua eksperimen Rikka buat ngebuat dewa, yang di sudut pandang Kotoko itu kejahatan besar. Kuro emang khawatir Rikka sekarang bakal fokus sama Kotoko berhubung tindakannya ini udah jadi pernyataan perang, tapi Kuro juga nampaknya belum juga sadar seberapa berbahanya sang pewaris Iwanaga ini.

Bukan adaptasi yang bagus. Then again aslinya juga seri ini awalnya cuma punya kasus Nanase ini sebagai satu novel dan ga ada rencana buat jadi seri jangka panjang. Cerita seterusnya lebih enak buat adaptasi berhubung kasusnya ga sepanjang kasus Nanase ini, tapi ya tetep enak dibacanya. Just read the manga. 

Somali to Mori no Kamisama 10-12 (End)

Kaczmarek

“I think i would do anything to protect that smile”. How come such a simple reason like that could encourage someone to save each other? Cukup depresif, ngeliat Golem yang perlahan-lahan mengurangi waktu hidupnya demi menyelamatkan Somali dan Shizuno. Bagaimana persekusi dapat memulai peperangan, kepunahan, dan dendam, cukup membuat para makhluk ini berbuat hal yang sama dengan manusia. Kemudian sandal putus bisa menjadi pertanda buruk, merupakan hal baru yang saya pelajari dari serial ini.

Saya penasaran dengan asal mula dari Golem. Dari berbagai kemampuannya, ia mengingatkan saya dengan robot buatan manusia yang ditugaskan untuk menjaga hutan. Kemampuannya untuk berbicara dengan binatang, kehidupannya mencapai seribu tahun, kekuatan di atas makhluk rata-rata dengan mengorbankan masa hidupnya, tak memiliki sistem pemulihan, dan terakhir adalah bagaimana ia tidak memiliki perasaan. Saat di awal episode saya mengira akan dibuat sedih oleh Somali, ternyata saya dibuat lebih sedih lagi oleh Golem satu ini.

Bagi siapa yang belum menonton serial ini, saya sangat merekomendasikannya. Apalagi saat masa-masa seperti ini.

Ishuzoku Reviewer 12 (End)

Kayaknya ada sentimen umum kalau dia ini fan favorite seri ini

Kaptain

Boom, ternyata selama ini kita nonton anime isekai. Untung aja ditekanin kalau mayoritas ide dari bumi ga bisa dipake di dunia yang ada sihirnya. Jadi ga usah khawatir ada remaja Jepang yang nguasain dunia dengan rotasi tanaman, mayones, dan pendidikan SD lainnya. Sesuai harapan Demon jadi ras penutup dan agenda partai mereka akhirnya ketahuan. Saya kasih tahu aja di manga ada penjelasan tambahan kalau biaya Demon itu mahal banget berhubung mesti nyewa pengacara, notaris, dan semacemnya kalo ga mau diperes (in a non sexy way), tapi layanan yang dikasih sepadan.

Jadi seri tentang review ini ditutup dengan nekanin kalau nilai itu nggak guna. Informasi yang akurat dan opini yang jujur itu jauh lebih penting. Ini yang bikin saya seneng dunia ini, bukan karena rumah bordilnya, tapi populasinya yang ga darurat membaca. Sayang aja pesan ini bakal ketutup sama kontroversi rating musim ini yang saya nggak yakin para netizen bisa ngambil hikmatnya. Ngeri aja sih anime ini juga menuhin kriteria “nggak punya episode lemah” dan produksinya juga lancar. Sebagai adaptasi malah bisa dibilang anime ini kebanyakan ngasih nilai tambah.

So what now? Jelas bakal susah anime kayak gini bisa nongol lagi, with the sponsor and TV channel running away and all. Kita balik ke H-Anime yang nyaris nggak dianimasiin dan seri ecchi yang ngerasa nunjukin dada itu udah cukup. Seperti yang saya udah berkali-kali bilang, Amahara masih punya seri “konvensional” lain untuk diadaptasi, yang jadi saya bakal ngarep aja Moral Reversal bisa dapet anime.

Fate/Grand Order

It was a shame how he carried on

NA Server

Untuk pertama kalinya, JP dan NA punya title screen yang sama. Tumben aja ini animation update cepet dateng. Yang kayak gini sih sebenernya udah standar buat dev mobage, tapi ngagetin banget buat dev sepelit DW. LB1 ini ga sealot EoR, bisa dimengerti berhubung diasumsiin pemain baru bakal langsung ngelompatin EoR biar bisa ngejar konten.

Seperti biasa Higashide bisa diandalin soal interaksi karakter. Bagus si Kodok sama Ana dikasih screentime soal daily life mereka berhubung untuk standar Fate interaksi mereka itu sehat. Looking forward to the rest of Fate: Tournament of Power. Lucu aja sih Servant paling berguna di LB ini setelah Avicebron tuh “a dude with a gun”.

Sekali lagi di aspek gameplay Nitocris jadi pahlawan LB ini, berhubung ga ada cecurut Rider yang ngalangin dia. Ga tertarik sama Banner, yang dipengenin juga bakal nongol di paid extra banner & FP summon nanti. Udah gitu si SSR Rider juga bakal kena powercreep sama Achilles nanti.

Girls Frontline

Ini Lee napsu banget sama PK di nih event

Kaptain

It’s murder mystery time. Buat pemanasan actual player murder Selasa depan because Theater is finally here. Yang hobi duping bakal menderita, sementara yang udah bela-belain naikin doll yang suboptimal bakal diberkati di sini.

Kantai Collection

Kaczmarek

Disini saya gak memiliki masalah dengan penonaktifan akun Twitter milik Shibafu, dan saya gak berusaha membuat spekulasi terkait penyebabnya. Namun saya menyayangkan beberapa pengguna Facebook yang cukup dikenal membuat suatu kesimpulan yang sama sekali tidak berdasar. Efeknya? Generalisasi kembali muncul meskipun itu tak tersirat, dan berujung kepada “ngecap” ini itu kepada para pemainnya. Ironisnya, mereka ini sama sekali gak berhubungan sama kedua topik utamanya. Ibarat ada insiden di suatu keluarga namun yang membuat kesimpulan subjektif disini bukan tetangganya, melainkan orang yang posisinya jauh dari kediaman keluarga itu. Really nice job.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Tidak berniat menggesek apapun untuk game ini, sehingga progres juga akan terasa lambat. Setelah menaikkan Meteor, Scavenger, dan Nightmare ke E2, dua operator berikutnya sudah dipastikan giliran Amiya dan Gavial. And both finally could get more appreciation at the end of this week. Cheers, salam gorengan.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa seri favorit kalian untuk musim ini? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: Torimazoku