Developer Novel Visual Steins;Gate, Mages Resmi Sepenuhnya Diakusisi Colopl

March 30, 2020 6:19 pm
Developer Novel Visual Steins;Gate, Mages Resmi Sepenuhnya Diakusisi Colopl

Colopl resmi mengakusisi seluruh saham perusahaan Mages dari pemilik sebelumnya, Chiyomaru Studio seharga 1,6 miliar yen (kurang lebih 243 miliar rupiah). Rapat direktur utama dari ketiga perusahaan telah dilakukan hari ini dan proses pengakusisian telah diselesaikan.

Apa itu Mages? Mages adalah perusahaan hiburan yang aktif dalam industri game, musik, dan acara-acara berbasis teknologi. Perusahaan ini juga terkenal sebagai pengembang utama serial novel visual dan game lain seperti Steins;GateChaos;HeadOccultic;Nine, dan yang sedang dikembangkan sekarang, Anonymous;Code. Mages yang dahulu dikenal sebagai 5pb. Inc juga memiliki label rekaman yang mengelola lagu-lagu dari penyanyi seperti Asaka, Itou Kanako, Asami Imai, Zwei dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Colopl dikenal sebagai perusahaan layanan bisnis menggunakan ponsel yang berfokus dalam “menawarkan cara baru untuk bermain” dan “pembuatan IP” demi mengembangkan jenis hiburan terbaru. Perusahaan ini mulai mengembangkan berbagai aplikasi ponsel sejak tahun 2011. Aplikasi-aplikasi ini didominasi oleh aplikasi game ponsel yang didistribusikan secara nasional.

Produk-produk dari Mages didominasi oleh perilisan untuk platform PlayStation 3, PlayStation 4, PS Vita, PC, dan Nintendo Switch. Dengan tuntasnya proses pengakusisian oleh Colopl, diharapkan ada penguatan kompetitif dalam bisnis menggunakan platform smartphone. Chiyomaru Shikura, presiden dan perwakilan direksi dari Mages sendiri menyadari bahwa perusahaannya kekurangan satu hal yaitu bisnis dalam platform smartphone.

Chiyomaru Studio yang dipimpin oleh presiden Mages, Chiyomaru Shikura menjadi perusahaan induk dari Mages pada Juli 2019 setelah mengakusisinya dari Dwango. Meski kini sudah diakusisi oleh Colopl, hak cipta dari game “Anonymous Code” masih terdaftar atas nama Chiyomaru.

Sumber: Gematsu, Mages, Famitsu