[Flashback Friday] Hanasaku Iroha

April 3, 2020 2:29 pm
[Flashback Friday] Hanasaku Iroha

Halo, bagaimana kabar kalian dihari kesekian karantina? Semoga masih belum bosan berada dirumah dan masih diberi kesehatan. Untuk menemani hari-hari karantina kalian dan siapa tau bisa menjadi salah satu rekomendasi tontonan kalian, kali ini Rubrik Flashback Friday kembali lagi dengan serial yang tepat pada 3 April, 9 tahun yang lalu pertama kali mengudara. Yap, Flashback Friday edisi kali ini akan membahas tentang “Hanasaku Iroha“.

Hanasaku Iroha adalah sebuah anime yang memiliki jumlah 26 episode dan 1 buah movie side story. Diproduksi oleh P.A Works dalam rangka perayaan 10 tahun berdirinya studio tersebut, anime ini tayang pertama kali pada 3 April 2011 dan tamat pada 25 September 2011. Hanairo sebutannya, disutradarai oleh Masahiro Ando dan skripnya ditulis oleh Mari Okada. Anime ini juga mendapatkan adaptasi manga yang memiliki jumlah 5 volume yang digambar oleh Eito Chida.

Sinopsis

Hanasaku Iroha, bercerita mengenai kisah seorang gadis 16 tahun bernama Ohana Matsumae. Ia tinggal di Tokyo bersama Ibunya, namun karena masalah finansial, sang ibu mengirimnya ke tempat tinggalnya dulu di sebuah penginapan di Yunosagi bersama neneknya.

Ohana yang berpikir akan bersenang-senang dirumah neneknya, dihadapi keadaan yang membuatnya harus bekerja di penginapan sang nenek. Di sana, ia belajar, bekerja, serta mendapatkan pengalaman yang berharga untuk menjadikannya seorang gadis yang kuat.

Ohana Matsumae (CV: Kanae Itou)

Gadis riang yang merupakan tokoh utama di Hanasaku Iroha. Ohana dikenal sebagai karakter yang ceria, energik serta selalu mengungkapkan apa yang ada di kepalanya, kecuali pernyataan cintanya yang membutuhkan keberanian serta tekad. Selain itu, ia merupakan anak yang rajin serta mandiri karena ia dibesarkan oleh seorang ibu yang pemalas. Ia bahkan sudah belajar memasak sejak taman kanak-kanak.

Saya pribadi sangat terkesan dengan karakter ini, di serial ini ia benar benar menjadi pusat dari segalanya. Tidak ada satu momen pun yang lepas dari keterlibatan Ohana. Perkembangan karakter Ohana jelas merupakan yang terbaik dari serial ini.

Minko Tsurugi (CV: Chiaki Omigawa)

KONO HOBIROOONNN!!!” Yep, itu merupakan salah satu kata favorit Minko. Ia memiliki panggilan Putri Minko dikelasnya, serta Minchi oleh Ohana dan Nako. Ia merupakan gadis pendiam yang memiliki cita cita sebagai Koki. Ia sudah bekerja sebagai asisten Koki sejak ia lulus dari SMP dimana ketika itu ia juga tidak diperbolehkan bekerja oleh orang tuanya karena usia yang masih belia, namun sifatnya yang kepala batu ia tetap bekerja.

Minko merupakan seorang yang pekerja keras demi cita citanya dan cintanya, meskipun ia memiliki sifat yang kurang bagus sebagai gadis. Ia memiliki mulut yang sedikit kasar, keras kepala, dan sifat yang dingin. Namun dibalik itu ketika ia sudah dekat dengan seseorang, ia benar benar seorang putri bagi orang itu.

Nako Oshimizu (CV: Aki Toyosaki)

Karakter paling waifuable menurut saya di series ini. Bagaimana tidak? Gadis cantik yang pemalu ini benar benar memukau bagi saya. Memang awalnya Nako merupakan orang yang sangat pemalu, bahkan untuk bertatap mata pun sangat susah. Ketika sedikit saja mengenalnya, Nako akan memberikan kehangatan serta kedekatan, seperti yang ia lakukan pada Ohana.

Nakochi yang merupakan panggilannya, memiliki banyak adik yang mana ia harus mengawasinya setelah beraktivitas diluar rumah. Hal ini membuat Nako menjadi perfect Onee-chan serta hampir mampu melakukan segala hal dengan mandiri. Nakochi juga memiliki kemampuan berenang yang sangat baik dan tentu tidak lupa aksinya ketika menjadi kappa.

Yuina Wakura (CV: Haruka Tomatsu)

Cucu penginapan Fukuya, yang merupakan rival dari Kissui. Yuina merupakan gadis baik dan tidak sombong meskipun status sosialnya yang tinggi. Saya sendiri juga agak kaget melihat sifat Yuina disini. Bersama dengan Minko, ia merupakan “Hime-sama” di kelasnya.

Sebagai seorang cucu dari pemilik penginapan, ia tidak terlalu tertarik dengan bisnis tersebut yang ia pikir terlalu banyak yang harus dilakukan dan itu memang benar adanya. Yuina memiliki kemampuan berbicara dengan berbagai logat dan membuat karakter Yuina semakin unik.

Sui Shijima (CV: Takako Honda)

Pemilik penginapan Kissui, yang merupakan nenek dari Ohana. Ia merupakan sosok yang tegas, bertekad, serta keras kepala. Beliau juga tidak segan segan menampar anak atau cucu-nya ketika melakukan kesalahan.

Dibalik itu, Sui-san merupakan sosok yang lembut, bijak, serta penyayang dibelakang. Banyak sekali momen momen yang menunjukan sisi baik dari beliau di anime ini yang membuat penonton terharu, terlebih kisah cintanya. Dari segi karakter, saya pikir Sui-san merupakan yang terbaik disini.

Satsuki Matsumae (CV: Takako Honda)

Hanasaku Iroha

Dia merupakan kakak ibu dari Ohana, yang dilihat dari tingkahnya sepertinya ia bukanlah ibu dari Ohana. Dimana dia sering kali bertingkah seperti anak-anak dan bermalas malasan, menyerahkan semua pekerjaan rumah kepada anaknya. Namun dibalik tingkahnya, ia dulunya merupakan seorang yang sangat ambisius dan mempunyai pikiran yang cukup dewasa. Bahkan, ia juga menjadi motivasi Ohana. Saya ga pengen spoiler lebih banyak karena part ini beneran ngubah pandangan saya ke Satsuki.

Honorable mention

Enishi Shijima (CV: Kenji Hamada)

Hanasaku Iroha

Anak kedua dari sang nenek serta adik dari Satsuki, rasanya saya berdosa sekali tidak melibatkannya dalam artikel ini. Karena di animenya sendiri pun dia sering kali hanya numpang lewat, bahkan kalah tenar sama Mameji. Yah setidaknya dia yang berperan sebagai penerus penginapan ketika Satsuki tidak mau meneruskannya.

Impresi

Hanasaku Iroha

 

Saya pikir ini benar benar luar biasa, dimana setiap arc-nya selalu bikin saya penasaran. Konflik dari anime ini pun cukup kompleks, dari drama, masalah cinta, belum lagi masalah mengenai perhotelan, namun semua itu dirangkai dengan cemerlang. Hubungan arc satu ke arc lainnya juga tidak membuat penonton kaget dan disampaikan dengan jelas sehingga alur cerita dari awal hingga ending pun berjalan dengan sempurna.

Untuk masalah kualitas grafis saya sendiri tidak ada masalah, secara ini P.A Works yah, jadi desain karakternya yang cukup meriah, serta pemilihan warna yang tenang, menyatu dengan latar anime ini. Soundtrack-nya, ada yang suka ada yang enggak karena hampir sepanjang anime ini kalian hanya akan mendengar nyanyian dari Nano.ripe dengan sisanya grup unit Sphere dan Clammbon yang mendapatkan sedikit jatah. BGM nya juga mendukung suasana serta latar yang diambil, terlebih ketika bagian ending, saya kira saya meneteskan air mata dulu ketika pertama kali nonton anime ini.

Sampai sekarang, menurut saya ini merupakan karya terbaik P.A Works hingga artikel ini ditulis. Mungkin saya akan berubah pikiran ketika sudah nonton filmnya Shirobako nanti, hahaha.

Kaczmarek

Ikut nambahin impresi dari seri ini. Sebagai serial dengan genre drama, material yang menjadi bumbu utama disini adalah keluarga, pekerjaan, dan percintaan. Seperti yang disebut oleh Kiriina sebelumnya, konflik dalam anime ini cukup kompleks namun cukup selaras dengan drama di kehidupan nyata. Dari anime ini juga dapat diambil beberapa hikmat seperti cara memanusiakan manusia, cara melatih kesabaran, cara menghidupkan semangat yang padam, serta cara menjaga eksistensi individu dalam suatu ruang sosial. Setiap karakter memiliki andil masing-masing, bahkan karakter pendukung disini justru punya andil lebih besar sebagai pemantik akan klimaks masing-masing permasalahan.

Penutup

Hanasaku Iroha

Sekian edisi Flashback Friday hari ini, Hanasaku Iroha ini anime yang berkesan buat saya, dan salah satu anime yang telat saya tonton. Impresi diatas juga merupakan pandangan pribadi saya, bagi kalian yang memiliki pandangan sendiri silahkan tulis di kolom komentar. Mohon maaf apa bila cukup banyak kesalahan serta spoiler yang saya berikan. Lalu, bagi kalian yang kangen dengan seri ini atau yang belum menontonnya, saya cukup merekomendasikan seri ini ditengah keadaan yang mengharuskan kalian untuk tinggal dirumah.

Gambar: 1,2