[Review] Bidadari Bersayap Patah

April 4, 2020 4:39 pm
[Review] Bidadari Bersayap Patah

Bidadari Bersayap Patah adalah salah satu judul komik romance yang diterbitkan Harlequin. Komik karangan Lynne Graham ini berlatar tempat Eropa dan bercerita tentang seorang lelaki bernama Jarret Gaskill, seorang pengusaha properti yang sangat sukses, yang berambisi untuk memiliki High Ridge Hall. High Ridge Hall adalah sebuah rumah mewah yang berada di dekat Jarret tinggal, di mana rumah tersebut dimiliki oleh tokoh bernama Sophia Markam tinggal berdua bersama anak satu-satunya, Charlie. Pertemuan mereka diawali pada sebuah sungai, dimana karakter Sopia digambarkan sebagai wanita yang over protective terhadap anaknya, dan Jarret yang ramah.

Pemilihan judul komik Bidadari Bersayap Patah meninggalkan kesan puitis dan romantis, dimana saat belum membaca komik ini, saya menganggap komik ini bercerita tentang gadis cantik yang terkurung (dari kata “Bersayap Patah” yang menurut saya berarti tidak bebas) dan diselamatkan oleh pria tampan, namun ternyata terdapat arti tersirat lebih dalam pada judul ini. Komik ini memiliki tokoh utama laki-laki mapan (Jarret) yang bertemu dengan wanita cantik jelita dan memiliki seorang anak, dari cerita itu saya menyimpulkan yang dimaksud dari penulis Bidadari Bersayap Patah ini adalah seorang wanita cantik jelita yang tidak berdaya karena masa lalunya yang kelam dengan suami lamanya sehingga Sophia menutup hati dan menjadi mudah curiga. Sophia terbelenggu dalam perasaannya sendiri, membuatnya tidak bebas berinteraksi dengan banyak orang.

Cerita ini memiliki alur maju dimana tiap adegan digambarkan secara runtut, sedangkan penjelasan mengenai masa lalu atau cerita yang telah lalu diceritakan langsung oleh sang tokoh, menjadikan cerita Bidadari Bersayap Patah ini menjadi cerita sederhana yang mudah dipahami. Cerita diawali dengan pertemuan Jarret dan Sophia yang singkat di tepi sungai, yang berujung pada akhir yang bahagia. Sebuah akhir yang saya, penggemar fairytale dan dongeng, sangat sukai.

Konflik cerita dalam komik ini dibuat dengan tidak terlalu berbelit-belit, yaitu setiap datang suatu konflik, tak lama juga konflik tersebut mereda. Hal itu menjadikan cerita pada komik Bidadari Bersayap Patah ini tidak terlalu bertele-tele dengan meredanya konflik yang cepat dan tidak terdapat penumpukan konflik.

Penggambaran karakter dan latar dalam komik Bidadari Bersayap Patah sangat bagus. Penggambaran tokoh Jarret cocok untuk seorang yang tampan dan mapan dengan penggambaran rambut yang detail, bulu mata yang lentik, dan pakaian yang rapi. Begitu juga dengan penggambaran karakter Sophia yang cantik jelita. Bagi saya, hal yang paling menarik dari penggambaran tokoh-tokoh dalam komik ini adalah bagian mata yang khas. Pada penggambaran latar terdapat tone yang bervariasi mengikuti suasana dalam cerita, ini cara kreatif untuk mengurangi detail obyek pada latar tanpa mengurangi keindahan dan komposisi pada tiap panel. Karakter favorit saya dalam cerita ini yaitu Sophia karena walaupun dia seorang single parent, namun dia sangat berhati lembut, cantik dan sangat menyayangi anaknya. 

Ada berbagai pesan positif yang dapat saya ambil dari cerita ini. Yang pertama adalah tetap bersikap baik kepada siapapun. Sikap ini ditunjukkan oleh Jarret, ini dibuktikan oleh orang-orang yang tinggal disekitar sangat mengenal Jarret dan sikap Jarret yang tidak marah saat Sophia bersikap tidak ramah pada Jarret pada  saat mereka bertemu pertama kali. Yang kedua adalah tidak terlalu terbelenggu oleh masa lalu yang kelam karena masih banyak orang lain yang baik dan peduli pada kita. Dan yang terakhir adalah tidak terlalu menyimpulkan sesuatu terlalu cepat tanpa mengetahui kebenarannya. Pesan yang terakhir ini ditunjukkan pada suatu adegan dimana Jarret melihat Sophia berpelukan dengan pria lain yang ternyata adalah kakak Sophia, dimana pada adegan tersebut Jarret terlalu cepat menyimpulkan sesuatu dan berakibat Sophia kecewa terhadap Jarret.

Dari keseluruhannya, komik Bidadari Bersayap Patah ini adalah komik romance yang mendebarkan dan menarik untuk dibaca. Pemilihan judul menarik, alur cerita yang sederhana, konflik yang bervariasi namun tidak bertele-tele, penggambaran karakter yang unik dan indah, akhir cerita yang bahagia dan terdapat banyak pesan positif yang dapat kita pelajari pada cerita tersebut. Sangat disarankan untuk penggemar cerita pendek romansa yang menyukai cerita ringan, sedehana dan menyukai ilustrasi indah khas shoujo manga.