Seiyuu Veteran Akira Kamiya Ungkap Perubahan Metode Perekaman dalam Proyek Animenya

April 4, 2020 3:24 pm
Seiyuu Veteran Akira Kamiya Ungkap Perubahan Metode Perekaman dalam Proyek Animenya

Adaptasi anime dari novel karya Yasutaka Tsutsui, “Fugou Keiji” dijadwalkan tayang pada musim ini, tepatnya pada tanggal 10 April mendatang. Serial anime yang menggunakan judul “Fugou Keiji Balance: Unlimited” ini masih dalam proses produksi sekaligus rekaman. Dengan wabah coronavirus yang melanda hampir seluruh prefektur di Jepang, proses produksi juga mengalami perubahan metode, seperti yang dialami seiyuu Akira Kamiya.

Melalui akun Twitternya, Kamiya yang memerankan karakter Chousuke Nakamoto dalam serial ini mengungkap bahwa proses perekaman suara mengalami perubahan untuk mencegah terjadinya penularan karena kontak antar seiyuu dan staf. Pada perekaman episode terakhir yang dilakukan tanggal 2 April lalu, para seiyuu yang seharusnya dikumpulkan dalam satu ruangan sekaligus harus masuk ruang rekaman dengan bertahap. Sesuai dengan storyboard dan lama adegan, mereka secara bergantian masuk dan keluar ruang rekaman sesuai porsi dialog masing-masing.

Hal ini tak terlepas dari seiyuu Akira Kamiya. Ia yang tergolong seiyuu veteran harus menjalani perekaman suara secara terpisah dari seiyuu yang lebih muda darinya. Para seiyuu yang lebih muda darinya masuk bersamaan ke ruang rekaman, sementara para seiyuu veteran sepertinya harus menjalani rekaman secara sendiri-sendiri. Ada sekitar lima orang seiyuu veteran yang terlibat dalam proyek anime ini dan kelimanya menggunakan metode rekaman ini selama wabah COVID-19 kian merebak. Proses rekaman ini memakan waktu kurang dari tiga jam.

Langkah preventif yang dilakukan tersebut sangat diapresiasi oleh sebagian besar penggemarnya. Mereka juga berharap seluruh proses rekaman harus menggunakan cara ini untuk menekan penyebaran virus di kalangan pekerja hiburan. Kami juga berharap akan kesehatan dan keamanan bagi para pekerja hiburan sekaligus staf-staf di belakangnya. Angka kumulatif kasus COVID-19 di Jepang sendiri sudah mencapai 3.113 per hari Jum’at (03/04).

Seiyuu yang hadir dalam anime Fugou Keiji diantaranya:

  • Yuusuke Oonuki sebagai Daisuke Kanbe
  • Mamoru Miyano sebagai Haru Katou
  • Reina Ueda sebagai Mahoro Saeki
  • Rikiya Koyama sebagai Katsuhiro Takei
  • Junya Enoki sebagai Ryou Hoshino
  • Shinya Takahashi sebagai Teppei Yumoto
  • Kouzou Shioya sebagai Yukihiro Kiyomizu
  • Kentarou Kumagai sebagai Shinnosuke Kamei
  • Akira Kamiya sebagai Chousuke Nakamoto

Seri ini menceritakan tentang pria kaya bernama Daisuke Kanbe yang menyelesaikan kasus dengan cara unik. Serialiasi dimulai dari 1975 hingga 1977, namun anime akan menggunakan era yang lebih modern. Kanbe ditugaskan pada “Unit Kejahatan Modern” — satuan kerja yang dibuat untuk membuang petugas yang bermasalah. Di unit ini Kanbe bekerja dengan Kato.

Staf produksi dari anime ini adalah:

  • Sutradara: Tomohiko Itou (Boku dake ga Inai Machi)
  • Komposisi Seri: Taku Kishimoto (Gin no Saji)
  • Desain Karakter: Keigo Sasaki (Ao no Exorcist)
  • Studio: CloverWorks (Seishun Buta Yarou wa Yumemiru Shoujo no Yume Minai)

Seri ini sebelumnya mendapat adaptasi live action di 2005 dan 2006. Karya lain Tsutsui yang mendapat anime termasuk Toki wo Kakeru Shoujo dan Paprika.

Gambar: Wakanim, Akira Kiyama’s Blog

Sumber: Akira Kiyama