[JOI Spotlight] Entering Spring Season 2020

April 5, 2020 6:37 pm
[JOI Spotlight] Entering Spring Season 2020

Maret ini rasanya jalan selama 10 tahun, tapi JOI Spotlight akhirnya sampai di musim semi 2020. Kali ini tentu saja staf JOI mengumpulkan impresi untuk berbagai seri yang sudah hadir di minggu ini.

Dorohedoro 12 (End)

Kaptain

Satu plotpoint penting udah kebayar di penutup musim ini. Kaiman sepenuhnya menerima Nikaido sebagai penyihir dan masih tetap mempertahankan hubungan mereka. Memang selama ini kita sebagai penonton tahu kalau muka Kaiman itu berubah gara-gara Ebisu, tapi duo kita ini cuma tahu kalau pria di mulut Kaiman itu udah jelas Risu dan mereka udah dapet target.

  • Satu lagi orang bertopeng yang ahli dengan pisau. Tiba-tiba menghilang setelah dapet sakit kepala itu gejala yang muncul di semua tipe orang ini.
  • Nama Kaiman diterima karena nama ini rasanya nggak asing lagi oleh dirinya. Nama teman baik Risu itu Aikawa.
  • Cross-Eyes punya markas. Langsung saya bilang aja kalau karakter yang muncul di akhir bakal jadi sudut pandang utama musim selanjutnya.

Saya masih berpendapat Dorohedoro itu nggak mungkin diadaptasi dengan baik jadi anime. Tapi Mappa udah cukup mendekatinya dan jelas banget adaptasi ini digarap dengan staf yang peduli banget dengan seri ini. They did what they can, dan saya bisa dengan nyaman ngerekomendasiin seri tentang likable psychopath ini.

Do check the manga tho.

Hachi-nan tte, Sore wa Nai desshou! 01

What’s this?

Derita anak bontot

Kaczmarek

Saya tak menyangka bakal tertarik dengan serial ini di episode pertamanya. Selain sisi animasinya yang cukup baik, faktor penarik utama disini adalah protagonisnya yang paling tidak lebih memiliki karakter dibanding protagonis seri lain yang tampak kaku. Lebih baiknya adalah mereka tidak memulai cerita di pertengahan serialnya, sehingga bisa menambah poin plus dalam adaptasinya. Semenjak video promosinya rilis, lagu tema pembuka yang dibawakan Demon Kakka & Arika Takarano serta juga lagu penutup dari AKINO arai & AKINO from bless4 sudah menjadi incaran saya saat perilisannya nanti.

Oiya, tak lupa juga bahwa novelnya sudah terjual lebih dari 2,5 juta eksemplar. Adaptasi gamenya akan dirilis tahun ini.

Nami yo Kittekure 01

What’s this?

Broadcasting, in the same sense Eric Andre Show is about talk show.

Kaptain

Udah kewajiban ya anime tentang Hokkaido itu pasti bakal ada sesi di mana karakternya mesti berantem sama beruang. Ga sesuai progresi manga, yang bisa dimengerti melihat penting banget anime ini tuh ngasih tau secepat mungkin ke penonton tentang apa anime ini sebenarnya. Hiroaki Samura itu pada dasarnya bisa bikin dua cerita aja: Brutal Drama & Oddball Comedy, dan seri ini tuh tipe yang kedua.

Things will get weirder, dan langsung saya ungkap aja kalau Apocalyptic Cult will be a thing. Selain itu juga sebenernya seri ini bisa jadi dokumenter yang bagus soal kondisi industri penyiaran di Jepang. Nggak hanya soal radio aja tapi juga TV dan streaming. Setelah Dorohedoro kelar saya seneng aja sih masih dapet stok buat cerita tentang insane yet likable people.

Seiyuu Minare emang baru, tapi kualitas anime tentang radio ini jadi kebantu due to, you know; having actual voice. Sedih aja sih aksi episode ini tuh jauh lebih berkualitas dari keseluruhan Blade of The Immortal

Shin Sakura Wars 01

Same person, why Kubo.

What’s this?

That one song from Bandori asalnya dari sini

Kaptain

Kita mulai dari aspek paling nyebelin. Ini sekuel gamenya dan dikhususin sebagai bonus untuk pemainnya, sementara versi Inggris baru nongol akhir April nanti. Sanzigen udah punya pengalaman ngebikin Bandori, tapi kualitas Sakura Wars ini nggak sebaik seri itu. Dijamin bakal nggak ngerti kalau kalian minimal tau soal setting-nya dari entri sebelumnya.

Rada bimbang mau ngelanjutin apa nggak sebelum main gamenya.

Appare-Ranman 01

What’s this?

Steam Ball Run

Kaptain

Seri PA Works musim ini. A good start berhubung stafnya cukup melek soal timing komedi dan mampu juga ngasih hook dengan nunjukin para kontestan yang aneh-aneh. Desain karakternya itu yang bikin saya tertarik sama seri ini dan walaupun mayoritas baru ditunjukin nyetir aja, kepribadian mereka bisa keliatan jelas banget.

Toaru Kagaku no Railgun T 10

Kaczmarek

Gilak, Misaki bisa pake kekuatannya dari dulu sampe sekarang untuk membuat Exterior yang berperan kayak booster dari kekuatannya. Saya yakin Kihara Gensei memang sudah mengincar Exterior tersebut, namun entah dia mau apakan selain digunakan demi niatannya. Disini juga terungkap Dolly, versi purwarupa dari Misaka yang tampaknya punya masa lalu dengan Misaki dan Mitori. Saya gak sabar ngeliat aksi Touma dan Gunha di episode berikutnya.

Tamayomi 01

What’s this?

Ladies, at least use kneepad!

Kaczmarek

Setelah video promosinya nongol sebulan yang lalu, saya bakal mengira paha mereka bakal sepadat dengan proporsi tubuh mereka di serial anime-nya. Benar sekali, bahkan setiap karakter hampir seluruhnya terlihat chubby. Kemudian yuri material di setengah episode ini menumbuhkan sesuatu di dalam diri saya. Pura-pura gatau aja.

Mungkin (bukan mungkin lagi sih), banyak yang berkomentar produksi animasinya itu sampah dan semacamnya. Sudah terlihat low budget, namun semoga adaptasinya terlihat high budget. Paling tidak average budget sih untuk mengadaptasi anime dari Manga Time Kirara Forward ini.

Yesterday wo Utatte 01

What’s this?

The struggle of being a freshgraduate without any proper skills

Kaczmarek

Relationships are just illusions. Cerita percintaan dengan demografi seinen ini bikin saya tertarik setelah sempat membaca manga-nya setahun yang lalu. Serial klasik yang sudah tamat di volume ke-11, sebelumnya juga sudah diumumkan bahwa adaptasi anime ini hanya mendapat 1 cour. Saya gak tahu apakah bakal berakhir di volume pertengahan, atau justru memotong banyak cerita demi mencapai klimaks di akhir episode. Nonetheless, episode pertama ini cukup menjanjikan walau pace-nya terasa lambat. Because the characters and setting of this story really similar to mine, i hope tears didn’t drop from my eyes. I hate that woman who is keeping her guard down all the time, just to crush someone.

Destruction Flag Otome 01

What’s this?

Persiapan buat banjir Otome Isekai di masa depan

Kaczmarek

Ah Maaya Uchida. Cocok banget nyuarain Bakarina disini. Karena gak ngikutin novel atau manga-nya, jadi saya gak bisa bandingin dengan adaptasi anime ini. Namun jika menggunakan sudut pandang dari anime-nya saja, episode pertama ini benar-benar terlihat cepat. Meskipun begitu, saya benar-benar menikmati dan menyukainya. Paling tidak serial ini bakal menempel terus di watchlist musim ini.

Honzuki no Gekokujou 15

Sumpah lebar banget

What’s this?

Bocah sekarat

Kaczmarek

Saya baru mulai nonton animasi pembukanya, tapi udah ngerasa aneh dengan mulut Myne yang ngebukanya lebar banget dari yang dikira. Otto disini udah mau punya anak, tampaknya shampoo musim lalu berefek besar terhadap keintiman terhadap istrinya, Corinna. Lutz kini sedang magang untuk jadi pedagang, sementara Myne harus beradaptasi dengan kumpulan pelayannya yang punya kepribadian buruk, kecuali Fran yang tampak lebih tenang. Tak hanya para pelayan berseragam abu-abu, ia juga bakal dibuat kewalahan oleh Imam Besar di gereja ini.

Arte 01

What’s this?

Ars longa, vita brevis. 

Kaczmarek

Ahhh yaahh, melawan sistem seperti ini memang perlu perjuangan dan pengorbanan. Tapi Arte, kau tak perlu memotong rambut atau dadamu hanya untuk melanggengkan keinginanmu. Ada cara lain yaitu Leo. Leo yang punya masa lalu yang pahit ini masih memiliki pertimbangan untuk menjadikan Arte sebagai muridnya. Meskipun pada awalnya ia meremehkan alasan Arte untuk menjadi artisan, namun perlahan ia teryakinkan juga. Namun Leo tampaknya tak punya pengalaman soal percintaan, jadi bakal ada sisi komedi nantinya saat Arte malah jatuh cinta padanya. Aneh kalo gue bilang ternyata Arte masih di bawah 17 tahun, GAK PERCAYA!

Ngomong-ngomong, Seven Arcs Inc yang menjadi studio animasinya ini dulu dikenal sebagai Seven Arcs Pictures hingga tahun lalu. Mereka masih berhubungan, hanya berganti nama saja. Jadi jangan bingung kalau Dog Days, Trinity Seven, dan Arte secara teknis diproduksi oleh studio yang sama.

Kakushigoto 01

What’s this?

More melancholic Zetsubou Sensei. 

Kaptain

Masih di komedi khas Koji Kumeta yang berat di wordplay, cuma ini lebih melankolis berhubung status si Istri bakal jadi fokus cerita jangka panjangnya. Timing masih bagus walaupun udah nggak dipegang Shaft lagi, yang saya juga ngapain sih ngomong kayak gini ngeliat staf lama Shaft udah minggat semua.

Gal to Kyoryu 01

What’s this?

Pop Team Epic S2

Kaptain

Iya, ini 24 menit isinya kumpulan sketsa soal pasangan kita, mulai dari animasi konvensional sampe live action. Saya bilang ini sekuel berhubung Shouta Aoi is still doing his thing. Tinggal nunggu AC-bu aja nongol.

Listeners 01

What’s this?

Jacking in, Jacking out

Kaptain

Oddly sexual musical mecha anime untuk generasi ini, berhubung Ar Tonelico udah mati sebagai seri. Kalau saya pake contoh yang ga semati itu, saya bakal bilang “A more musical Eureka 7”. Untung banget karakter si Rie Takahashi lebih asertif di sini, udah nrimo saya protagonis seri kayak gini bakal melempem dan awal seri ini juga udah standar seri mecha banget. Daya tarik saya sejauh ini buat ngeliat apakah tiap Mecha nanti bakal ngewakilin genre musik dan saya juga punya respek tersendiri sama mecha yang ga ada kokpitnya, jadi pari pilot ngetem di samping.

Girls Frontline

Kaptain

It’s PVP time baby. Selamat untuk Global yang berhasil ngelewatin 50% di satu node, rekor server pertama untuk game ini. Liking it so far berhubung ini enak buat tune-up Echelon sekaligus bisa pake HOC secara murah. Jangan lupa ngelarin event White Day, yang sekali lagi nanyain kenapa kok orang di setting horror sempat aja nulis jurnal pas lagi mau dibunuh.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Kata orang, yang gak dipenginin justru bakal dateng secepatnya. Benar sekali, gue dapet Chen malah di banner terbaru ini.

Kantai Collection

Kaczmarek

Seminggu ini kerja rodi nyari reso. Rencana kudu nembus ember 1000, dan yang lainnya 200.000 ribuan lah. Gak ada hal aneh yang terjadi di minggu ini, kecuali C2 Staff yang masih jualan photobook cosplayer, padahal saya pengen pesen yang Ooyodo itu.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa saja impresi kalian untuk seri baru di musim ini?

Header: Fate-go JP