Mengenal Lebih Dekat Tentang Bisnis Harlequin dan Produk Lainnya

April 5, 2020 3:23 pm
Mengenal Lebih Dekat Tentang Bisnis Harlequin dan Produk Lainnya

Kalau dalam 3 minggu terakhir ini kamu mengikuti Jurnal Otaku Indonesia, kamu pasti sadar kalau kami mengadakan sebuah kerja sama dengan Harlequin Comics. Kami membawakan beberapa post di social media kami setiap minggunya, juga review-review harian dari kawan-kawan pembaca JOI yang menulis review tersebut. Tidak lupa kami juga membawakan beberapa artikel-artikel menarik in-depth lain yang berhubungan dengan Harlequin. Karena itu kali ini kami ingin memperkenalkan kamu lebih dalam dengan siapa sih yang disebut dengan Harlequin Comics itu.

Seperti yang sudah kami kemukakan sebelum ini, Harlequin merupakan salah satu penerbit divisi dari Harper Collins yang sudah menerbitkan banyak novel bergaya romansa langganan dari ranking di New York Times, USA TODAY, dan masih banyak lagi. Sebagai penerbit, mereka telah mencatat angka yang cukup luar biasa, 6,8 milyar buku sudah terjual sampai saat ini.

Novel-novel romantis tersebut kemudian diadaptasi menjadi komik-komik bergaya Jepang yang dikelola oleh Harlequin Comics, yang kali ini bekerja sama dengan JOI. Komik-komik ini kemudian didistribusikan secara digital oleh SB Creative.

Karena itu belakangan ini cukup banyak konten berbau serial cantik yang muncul di JOI, bukan berarti kami semua ganti preferensi lho. Tapi kami juga ingin melihat sebenarnya bagaimana sih animo dari penggemar serial cantik yang ada di Indonesia. Karena itu kami juga mengadakan sebuah survey yang mengukur ketertarikan dari penggemar serial cantik di Indonesia dengan seri-seri baru.

Untuk kamu yang ingin ikut surveynya bisa langsung menujur halaman survey tersebut via artikel berikut ini: http://jurnalotaku.com/2020/03/21/joi-survey-seberapa-besar-minat-kamu-membaca-komik-shoujo/

Mungkin ada beberapa hal yang JOI belum ceritakan di artikel pertama JOI dengan Harlequin Comics, karena itu JOI ingin menceritakan kepada kamu seberapa kerennya Harlequin Comics.

Harlequin Comics – The Harlequin Story

Kalau ada yang bertanya berapa banyak sih komik yang mampu dijual oleh Harlequin Comics, mereka bisa menjawab dengan bangga kalau mereka bisa menjual lebih dari 4 buku per detiknya, I don’t even think I can sell anything even if you give me 1 minute duration. Harlequin Comics berhasil mencatat angka fantastis, yaitu 131 juta buku hanya dalam 1 tahun saja.

Buku-buku terbitan Harlequin ini juga dijual di lebih dari 150 pasar internasional dan angka ini terus bertambah. 150 pasar internasional tersebut terbagi di 19 negara dan sudah diterjemahkan ke dalam 30 bahasa. Jadi kalau kamu mau bicara bahasa Indonesia, Inggris, Jepang, China, Korea, tergantung cakupan terjemahan, chances are there are some books in your language preference. Tapi jangan minta buku bahasa Jawa ya.

Harlequin Comics memiliki dapur produksi yang sangat kencang, dengan 110 judul yang berhasil mereka terbitkan setiap bulannya, mereka sudah menjual lebih dari 6,7 miliar buku sampai saat ini dengan angka penjualan tertinggi berada di Jepang (5,2 milyar buku). Di Indonesia sendiri, mereka bisa menelurkan sampai 25 buku dengan bahasa Indonesia per bulannya. Jadi rata-rata, mereka hampir bisa menerbitkan 1 buku setiap harinya dalam bahasa Indonesia saja, tidak menghitung bahasa-bahasa yang lain.

Harlequin Comics juga memiliki nama yang harum, di Amerika sendiri mereka memegang 90% brand awareness di antara para wanitanya. Karena itu sepertinya mereka pun berambisi untuk bisa mengharumkan namanya di Indonesia.

Tapi tidak hanya komik lho produk dari Harlequin. Dalam kesempatan kali ini, JOI juga ingin membahas produk-produk Harlequin yang lain, siapa tahu kamu bosan kalau kami cuma membahas mengenai komiknya saja. Berikut ini adalah beberapa produk lainnya.

Novel Romantis

Basis yang dipakai untuk semua komik yang diterbitkan oleh Harlequin Comics, tentu saja novel-novel romantis yang diterbitkan oleh Harlequin sendiri. Harlequin didirikan sebagai Harlequin Books pada tahun 1948 dan baru memfokuskan perusahaannya ke pembaca wanita mulai tahun 1950 an. Pada tahun 1990 an, Harlequin sukses menyelaraskan nama mereka dengan novel romantis dan mengembangkan kategori novel romantis menjadi sangat sukses di bawah management mereka.

Namun penerbit novel romantis ini tidak ingin berhenti di situ saja, sejak tahun 1994 Harlequin sudah berencana untuk melebarkan sayap mereka dengan meluncurkan MIRA Books. MIRA Books adalah anak penerbit mereka yang menawarkan pembaca novel-novel suspense dan thriller, juga drama-drama mencekam, macabre paranormals, dan novel-novel romantis dengan kompleksitas lebih.

Pada tahun 2016 mereka meluncurkan 2 anak penerbit lain, yaitu Park Row Books yang menerbitkan buku-buku yang memacu pikiran dalam berbagai genre. Satu anak penerbit lain adalah Graydon House Books yang serial fiksi wanita dengan elemen romansa yang disulam ke dalamnya. 1 tahun kemudian mereka meluncurkan Hanover Square Press yang memuat novel-novel fiksi orisinal.

Penerbit yang sudah berpengalaman sampai 70 tahun lebih di dunia novel romantis memulai langkah mereka sebagai salah satu penerbit novel romantis terbaik. Kini mereka berhasil mengembangkan dirinya menjadi salah satu penerbit novel terdepan dengan cakupan pembaca yang luas dalam berbagai genre.

Film Romantis

Kalau kamu adalah tipe-tipe yang tidak bisa meluangkan waktu untuk membaca, atau lebih senang dengan belaian visual mungkin film-film romantis Harlequin bisa menjadi salah satu pilihan yang menarik. Karena mereka juga mengadaptasi novel-novel romantis tersebut menjadi film dan dapat kamu temui di situs Harlequin.

Walaupun banyak dari film yang kamu lihat di situs resminya merupakan sebuah movie, namun ternyata mereka juga tayang di Netflix! Serial Virgin River yang berasal dari novel 20 volume oleh penulis Robyn Carr mulai ditayangkan di platform tersebut terhitung pada tanggal 6 Desember lalu.

Ternyata Harlequin punya banyak produk lain ya dan tidak hanya komik saja, tapi novel dan film juga. Kamu bisa menentukan versi mana yang paling kamu sukai, namun kalau kamu bertanya pada saya, tentu saya akan memilih versi komiknya. Karena kembali, kamu bisa membaca manga hampir di mana saja dan kapan saja, dan kamu lebih mudah untuk tenggelam dalam cerita bila membaca manga. I’m not saying you can’t get into the story with the novels, tapi dengan bantuan gambar tentu mempermudah kita untuk menggambarkan ceritanya seperti apa.

Kalau kamu ingin membaca lebih banyak lagi komik dari Harlequin Comics, jangan lupa kunjungi situs Romance Comics dan mulai membaca buku-bukunya.