Batal Konser, Band Rock Glay Sumbang 5.000 Masker untuk Institusi Medis Jepang

April 8, 2020 11:06 am
Batal Konser, Band Rock Glay Sumbang 5.000 Masker untuk Institusi Medis Jepang

Glay, band rock dari Hokkaido ini seharusnya menjalani konser GLAY DOME TOUR 2020 DEMOCRACY 25TH “HOTEL GLAY GRAND FINALE” pada Mei mendatang di Nagoya dan Tokyo. Sayangnya pada Jum’at lalu, pihak penyelenggara resmi membatalkan konser tersebut dikarenakan wabah coronavirus yang kian meluas di seluruh prefektur di Jepang. Sebagai gantinya, Glay mendonasikan 5.000 masker untuk institusi medis yang menangani korban virus ini.

Sebelum resmi dibatalkan, Glay direncanakan menjalani konser ini di Nagoya, Prefektur Aichi pada 16 Mei 2020 dan di Tokyo pada 30 dan 31 Mei 2020. Pihak penyelenggara bersama personil Glay, staf belakang layar dan stakeholder lain memprioritaskan kesehatan dan keselamatan kru serta penonton demi mencegah penyebaran coronavirus dalam perimeter mereka. Sebelum mengumumkan donasi 5.000 masker, Glay juga mendonasikan 10 juta yen untuk institusi kesehatan tertinggi di Jepang.

Komentar dari perwakilan band:

Kami ingin memberikan bantuan untuk semua orang yang telah bekerja keras untuk menjaga (rencana) ini tetap berjalan.

Di kota Tokyo sendiri, angka orang-orang yang telah terinfeksi melonjak secara stabil. Pemerintah pusat juga telah mengumumkan tujuh daerah sebagai zona merah infeksi coronavirus yang diantaranya adalah Prefektur Tokyo, Osaka, Chiba, Saitama, Kanagawa, Hyogo dan Fukuoka. Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe juga memperingatkan seluruh warga untuk tinggal di dalam rumah dan menyatakan bahwa krisis ini menjadi yang terburuk sejak Perang Dunia Kedua.

Pembatalan-pembatalan acara indoor dan outdoor tak terelakan. Setelah sebelumnya gelaran AnimeJapan 2020 yang harus dibatalkan, kemudian acara Comic Market 98 yang seharusnya digelar 2-5 Mei 2020 juga harus dibatalkan. Acara olahraga terbesar di muka bumi, Olimpiade Tokyo 2020 juga harus ditunda hingga tahun depan. Imbas penundaan Olimpiade ini juga berdampak pada penundaan Paralimpiade.

Tak hanya itu, program-program anime yang seharusnya tayang pada musim dingin dan musim semi ini juga harus ditunda. Pada musim dingin lalu, anime seperti Infinite DendrogramToaru Kagaku no Railgun T, dan Hatena Illusion juga terkena dampak wabah ini dan penayangan mereka harus tertunda beberapa minggu. Di musim ini, serial musim ketiga Oregairu dan No Guns Life 2nd Season juga mengalami penundaan penayangan pada episode pertamanya. Bahkan penayangan anime Maou Gakuin no Futekigousha dan musim kedua Re:Zero juga harus ditunda selama satu musim.

Gambar: Moshimoshi

Sumber: Glay