Sambut 5 Tahun Penayangan, Sutradara Hibike! Euphonium Perlihatkan Ilustrasi Perayaan

April 8, 2020 12:08 pm
Sambut 5 Tahun Penayangan, Sutradara Hibike! Euphonium Perlihatkan Ilustrasi Perayaan

7 April 2015 pukul 24:30 (atau 8 April 00:30), adaptasi anime dari serial novel karya Ayano Takeda dan ilustrator Nikki Asada, “Hibike Euphonium” resmi tayang di Jepang. Sudah lima tahun sejak musim pertama anime ini tayang, dan staf mengungkap perayaan dari kesuksesan penayangan ini. Sebuah ilustrasi buatan sang sutradara, Tatsuya Ishihara diperlihatkan dalam situs utamanya.

Ilustrasi ini dapat digunakan sebagai latar wallpaper untuk ponsel dan PC.

Staf produksi anime Hibike! Euphonium berterima kasih terhadap dukungan yang masih mengalir untuk proyek ini. Perlu diketahui juga, musim ketiga serial anime-nya sudah masuk perencanaan Kyoto Animation sejak tahun lalu.

Sinopsis:

Klub Band Konser SMA Kitauji pernah sekali berpartisipas dalam turnamen nasional dan kejuaraan sekaliber antar sekolah, namun setelah penasihat klub berganti, mereka tak dapat berpartisipasi dalam kualifikasi turnamen. Akan tetapi, berkat instruksi keras penasihat klub yang baru diangkat, siswa-siswi secara stabil berkembang dan membangun kekuatan mereka. Bersamaan dengan usaha mereka yang bermain secara solo, beberapa siswa memprioritaskan belajar dan keluar dari aktifitas klub. Akhirnya, hari panjang yang diharapkan dari kompetisi telah datang, dan klub memenangkan kualifikasi turnamen.

Seiyuu yang hadir dalam anime ini diantaranya:

  • Tomoyo Kurosawa sebagai Kumiko Oumae
  • Chika Anzai sebagai Reina Kousaka
  • Minako Kotobuki sebagai Asuka Tanaka
  • Takahiro Sakurai sebagai Noboru Taki
  • Moe Toyota sebagai Sapphire Kawashima (Midori)
  • Haruki Ishiya sebagai Shuuichi Tsukamoto
  • Konomi Fujimura sebagai Natsuki Nakagawa
  • Ayaka Asai sebagai Hazuki Katou
  • Minori Chihara sebagai Kaori Nakaseko
  • Saori Hayami sebagai Haruka Ogasawara
  • Manami Numakura sebagai Mamiko Oumae
  • Haruhi Nanao sebagai Akiko Oumae
  • Yoko Hikasa sebagai Aoi Saitou
  • Yuri Yamaoka sebagai Yuuko Yoshikawa

Tatsuya Ishihara (Clannad) berperan sebagai sutradara dan Jukki Hanada (H20: Footprints in the Sand) sebagai penyusun skrip serialnya. Mendiang Shoko Ikeda (Suzumiya Haruhi no Yuuutsu) menjadi desainer karakter dan kepala sutradara animasinya. Salah satu animator dari proyek ini, Tatsunari Maruko telah berpulang setelah menjadi korban pembakaran studio 1 Kyoto Animation bersama dengan Shoko Ikeda.

Takeda meluncurkan novel Hibike! Euphonium pada 5 Desember 2013 dengan ilustrasi buatan Nikki Asada. Takarajimasha menggunakan label Takarajimasha Bunko sebagai penerbit novel ini. Novel ini berakhir pada 22 Juli 2019 dengan jumlah 12 volume. Novel ini telah terjual lebih dari 1,4 juta eksemplar per April 2018.

Adaptasi manga untuk volume pertama novelnya dibuat oleh Hami di situs Kono Manga ga Sugoi! Web dan memulai debutnya pada 28 November 2014. Manga ini berakhir pada 30 Oktober 2015 dengan jumlah tiga volume. Manguntuk novel keduanya mulai berjalan pada Januari 2016 dan berakhir pada September 2016. Untuk manga yang mengadaptasi volume ketiga, baru berjalan pada Oktober 2016 dan berakhir pada Juli 2017.

Adaptasi anime-nya pertama kali tayang pada 7/8 April 2015 dengan jumlah 13 episode. Adaptasi film “Hibike Euphonium Movie 1: Kitauji Koukou Suisougaku-bu e Youkoso” mulai diputar di Jepang pada 23 April 2016. Kemudian musim kedua serial anime televisinya tayang pada Oktober 2016 dengan jumlah 13 episode. Film kedua yang berjudul “Hibike! Euphonium Movie 2: Todeketai Melody” diputar di Jepang pada 30 September 2017. Kemudian film side-story Liz to Aoi Tori” diputar di Jepang pada 21 April 2018. Film ketiga yang berjudul “Hibike! Euphonium Movie 3: Chikai no Finale” diputar pada 19 April 2019. Proyek musim ketiga serial anime televisinya sudah diumumkan pada tahun lalu, namun dikarenakan serangan pembakaran studio 1 Kyoto Animation, proyek ini harus ditahan terlebih dahulu progresnya.

Sumber: Hibike! Euphonium