[Review] ID:INVADED

April 10, 2020 5:43 pm
[Review] ID:INVADED

Kaeru – chan.

Mengingat namanya, membuatku mengingat namaku.

Aku adalah Sakaido, detektif yang brilian.

Dan dengan menjadi detektif yang brilian, aku harus memecahkan misteri seputar kematian Kaeru.

ID:INVADED merupakan salah satu anime musim dingin yang tayang sejak 6 Januari hingga 23 Maret. Anime orisinal ini mengangkat tema detektif yang memecahkan kasus pembunuhan berantai. Diproduksi oleh Studio NAZ, anime ini nampak kurang bersinar diantara anime lain semusimnya. Namun ternyata anime ini telah menghadirkan sebuah karya melebihi ekspetasi banyak orang.

Before I forget to mention, her name is Hondoumachi Koharu.

THE DETECTIVES UNITED. Terjadi pembunuhan berantai. Korban dibunuh secara keji, di luar nalar orang normal pada umumnya. Polisi pun mengambil tindakan untuk memecahan misteri pembunuhan berantai ini dengan memanfaatkan sebuah teknologi dimana mereka bisa masuk ke alam bawah sadar sang pelaku untuk mencari tahu informasi sang pembunuh.

JIGSAWED. Proses dimulai dari mencari ‘partikel kesadaran’ di TKP menggunakan alat yang dinamakan Wakamusubi. Partikel kesadaran ini akan menjadi sumber id yang kemudian ditelaah dengan sistem yang bernama Mizuhanome. Seorang pilot melakukan ‘dive‘ di kokpit untuk masuk ke id tersebut dan mengambil peran detektif brilian untuk memecahkan misteri di dunia bawah sadar yang penuh kejanggalan dan keunikan masing-masing.

Sakaido sang tokoh utama terbangun tanpa mengingat apapun sampai dia menemukan Kaeru dan menemukan jati dirinya sebagai detektif brilian yang bertugas memecahkan kasus kematian Kaeru. Dari analisa Sakaido, tim dari organisasi Kura yang dikomandoi oleh Momoki Funetarou segera menyelediki segala informasi yang berkaitan sambil memonitori dunia id tersebut. Hasilnya mereka bisa menemukan lokasi hingga motif sang pembunuh.

SNIPED. Setiap kali alam bawah sadar sang pembunuh digali, terlihat sang mastermind pengendali para pembunuh yang memiliki cara membunuhnya masing-masing. Subjek yang selalu hadir bersamaan dengan matinya Kaeru itu disebut John Walker. Keseluruhan pemecahan kasus, mengarah ke satu inti, siapa sebenarnya John Walker.

ID:INVADED

EXTENDED. Keberlangsungan cerita dari setiap kasus inilah menghasil sebuah rantai yang sangat menarik ditonton. Episode demi episode dibangun dengan baik per scenenya bisa tepat sasaran kepada penonton. Kredit setinggi-tingginya layak diberikan kepada Aoki Ei sebagai sutradara yang sudah berpengalaman dalam anime seperti Fate/Zero dan Aldnoah Zero.

FALLEN. Sang tokoh utama detektif brilian Sakaido ternyata dipiloti oleh orang yang memiliki nama asli Narihisago Akito. Narihisago adalah mantan detektif yang sudah berstatus kriminal akibat pembunuhan yang dilakukannya terhadap salah satu pembunuh berantai. Karakter yang sudah rusak to the core ini, bisa menjadi fokus tontonan yang menarik bagi penonton karena dualisme statusnya sebagai detektif maupun pembunuh. Toh, tidak ada yang bisa masuk ke dalam dunia id sebelum membunuh seseorang.

CIRCLED. Hadirnya musik yang sesuai adalah unsur penting untuk menunjang setiap misteri yang berputar di sekitar detektif. Dalam hal ini, ID:INVADED mengangkat dua nama yang jarang mengisi soundstrack dalam anime. Di lagu pembuka kita mempunyai Sou dengan lagu Mister Fixer dan di lagu penutup ada MIYAVI dengan lagu Other Side. Kedua lagu memiliki kualitas tinggi diatas rata-rata anime umumnya. Disertai BGM yang disusun oleh Slavek Kowalewski dan Atsushi Umebori menambah hype dalam anime ini. Satu lagi, insert song yang begitu kaya dibuat oleh lebih dari 3 komposer merupakan sensasi yang dapat kamu rasakan secara luar biasa dari anime ini.

THUNDERBOLTED. Studio NAZ mungkin bisa berbangga atas anime ini sebagai karya terbaiknya sepanjang ini. Efek visual yang ditunjukan tidak bisa mengecewakan para penonton. Dunia id merupakan alam bawah sadar penuh kebebasan. Tiap ragam id berhasil dipertunjukan dengan baik, seirama dengan efek dan musik yang berjalan. Episode 1 saja sudah memberikan efek kejut kepada saya, dan itu berhasil terulang di episode 2 dan 3 hingga usai.

DESERTIFIED. Penonton genre misteri biasanya memiliki rasa haus akan kasus yang akan dipecahkan. Bagaimana analisa terhadap petunjuk yang ada di dunia id, penyelesaian kasus oleh orang-orang yang bertindak di dalam ruangan dan di lapangan serta informasi yang dapat dipakai untuk kedepannya menjadi pemandangan yang ditunggu-tunggu oleh penonton. Terkadang, ada kasus yang diselesaikan dengan pace yang cepat, ini yang membuat efek kejut. Ada pula kasus yang tidak memiliki arti apa-apa, menyisakan kehampaan sampai itu diangkat di bagian akhir yang menjadi segmen penting untuk menjelaskan apa yang tersirat di bagian klimaks.

INSIDE-OUTED. Plot twist menjadi awal titik balik dari pemecahan sebuah misteri. Diawali dari episode 7 yang mengambil posisi pertengahan, plot twist sudah dimulai sejak dari situ. Episode 9 dan 10 adalah proses penting bagaimana kita dan para karakter dijebak dalam sebuah tempurung dalam tempurung. Tidak ada seorang pun yang mengira sebuah nama yang baru muncul menjadi inti dari cerita ini.

Adegan percakapan Narihisago dan keluarganya di episode 10 adalah scene yang membuat orang yang bukan golongan penyuka misteri ingin mencoba menonton anime ini. Saking menyentuhnya scene ini, saya tidak bisa menahan tangis untuk kedua kalinya walaupun sudah mengetahui scene ini dari spoiler sebelumnya. Scene ini juga bisa menjadi contoh bagaimana hasil dari good directing yang tahu kapan timing yang tepat dari harmonisasi musik, scene visual, dan suara seiyuu berkolaborasi begitu rupa menjadikan anime ini lebih dari sekedar indah untuk ditonton.

Understanding the suffering that MC was holding all this time, strikes my heart so deeply.

STORMED. Terlepas dari good directing, sebenarnya inti dari cerita ini cukup simpel. Detektif yang bisa masuk ke alam bawah sadar pelaku, mencari clue disitu, merupakan cerita yang menjanjikan sekaligus mempermudah penyelesaikan kasus. Bahkan saya sendiri sudah bisa menebak beberapa misteri termasuk siapa John Walker sejak dari awal. Setidaknya anime ini berhasil menunjukan begitu menyenangkannya menjelajahi dunia id dari pandangan penonton.

CHANNELED. Tiap episode disambung begitu indah, bahkan ketika John Walker sudah diketahui tidak serta-merta membuat serial ini akan cepat usai. Aoki membuat proses tidak terburu-buru sehingga dapat mengaplikasi setiap informasi menjadi terpakai secara tidak sia-sia. Mengawali sekaligus mengakhiri seri ini dengan dunia yang sama, seri ini berhasil ditutup dengan mengambil bestest route untuk menjadi endingnya.

Kudos buat Fukuda sang submarine yang sukses memberikan lompatan bagi cerita ini dan Tsuda Kenjirou yang berhasil mendalami karakternya. Kekurangan development untuk tim Momoki adalah hal yang maklum, karena kamu tidak bisa mengharapkan development dari semua karakter pendukung untuk genre seperti ini. Terkadang memang diperlukan karakter yang bertindak statis agar pemecahan misteri bisa tetap lancar. At last, melubangi kepalamu tidak akan membuat kamu bisa menjadi lebih pintar.

Mr. Fixer is doing his job in other side.
Walking like samurai in eternal rail.
Seeking revenge for his memories of love.
Fly UP like butterfly, Across the horizon.
As testament of the tales.