[JOI Music] MAN WITH A MISSION

April 11, 2020 6:45 pm
[JOI Music] MAN WITH A MISSION

Rubrik JOI Music kembali bangkit untuk kalian dan mulai edisi kali ini akan terbit pada hari Sabtu. So, setelah sekian lama tertidur musisi mana yang akan mengawali kembali rubrik ini? Sebuah band, yang cukup iconic dan juga sudah lama menapakan kaki nya di dunia permusikan Jepang. Here we go, MAN WITH A MISSION. Iya, 2014 dulu grup ini pernah kita tulis, namun tidak ada salahnya sebuah ulasan yang lebih menyeluruh diberikan.

Man Before The Mission

MAN WITH A MISSION sebuah band unik yang dibentuk pada 2010 silam di Shibuya, Jepang. Band yang dibentuk dengan 5 Personil ini membawakan musik hard rock / pop rock di dalamnya. Selain itu, yang unik di band ini adalah para personilnya yang “berkepala serigala”. Hal itu membuat ikon tersendiri untuk band ini serta membuat para penasaran fansnya, siapa sosok atau bagaimana wajah perosnil MAN WITH A MISSION. Selain itu, nama personil band ini menggunakan nama panggung, yang membuat personil MWAM semakin misterius. Mereka terdiri dari Spear Rib untuk drum, DJ Santa Monica dibagian DJ, Kamikaze Boy pada bass dan backing vokal, Jean-Ken Johnny sebagai gitaris, vocalis, dan rapper, kemudian yang terakhir sebagai pemimpin dan vokalis yaitu Tokyo Tanaka.

The Frozen Wolves

 

Sebenarnya ada kisah tersendiri dibalik penampilan unik mereka. Dikisahkan pada tahun 19XX Bumi dilanda perang dikarenakan perebutan kekuasaan politik demi sebuah kejayaan. Di tempat terjauh Bumi, seorang ahli biologi yang bernama Professor Jimi Hendrix menemukan sesuatu. Ia mengembangkan sebuah bentuk kehidupan terbaik. Dengan kecerdasan serta kekuatan tubuh yang dimilikinya, mereka diam diam melawan kekuatan politik dunia. Namun sang professor menyadari kejahatan yang telah ia perbuat dan kemudian memenjarakan makhluk-makhluknya pada sebuah glacier di Antartika. Makhluk-makhluk itu membeku namun mereka mampu mendengarkan musik di seluruh dunia dengan kemampuan mendengarnya yang luar biasa. Seiring berjalannya waktu glacier mencair dan para makhluk itu kembali bangkit.

Potret seekor serigala yang belajar berburu

Seperti itulah kurang lebih latar belakang cerita yang dimiliki MWAM. Awalnya, saya pikir ini adalah sinopsis dari sebuah anime sci-fi-adventure namun ternyata saya salah.

Feed Them! The Wolves are Hungry!

MAN WITH A MISSION memulai debutnya segera ketika dibentuk pada 2010. Mereka mengawalinya dengan melakukan beberapa penampilan di beberapa tempat kecil di Shibuya. Masih di 2010 atau tepatnya akhir 2010, MWAM langsung mengadakan tur ke Amerika yang mereka namakan “Whisky a Go Go”. Para serigala ini berkelana dari beberapa tempat hiburan di kota Los Angeles. Pulang dari tur tersebut mereka langsung merilis sebuah mini album yang berjudul “Welcome to the New World”. Bisa ditebak album mereka akan langsung melejit di tangga lagu yang mengakibatkan mini album tersebut terjual habis di beberapa tempat.

Karir serta prestasi band ini terus meningkat dalam waktu singkat. Setahun setelahnya, Tur dalam dan luar negeri, single, dan album terus mereka hasilkan dan berhasil menggaet serta memikat para fansnya. Tak hanya itu, mereka bahkan tampil di beberapa konser bergengsi di Jepang. Sebut saja Summer Sonic 2011, Countdown Japan 2011/2012 bahkan mereka dilabeli sebagai pendatang baru paling menjanjikan oleh majalah Eggman dikarenakan tiket konser mereka yang habis dalam waktu 10 menit saja.

man with a missionSalah satu penampilan mereka di Kanada

Hingga saat ini, sudah cukup banyak konser dan tur yang mereka adakan. Berbagai tempat dibelahan dunia juga banyak yang sudah mereka singgahi. Sebut saja Amerika, Inggris, Jerman, Belgia, Kanada, atau Thailand yang pernah menjadi tempat beraksi para serigala ini.

Kemudian MWAM mengawali karir sebagai band atau artis anisong dalam sebuah film anime bernama Kyūkyoku!! Hentai Kamen dengan lagu “Emotion” pada 2013. Di tahun yang sama, MWAM mengisi opening dari anime Log Horizon dengan lagu “Database” dan saya pikir itu adalah dimana nama mereka semakin terkenal. Terakhir adalah single MWAM yang berjudul “Dark Crow” yang mengisi opening kedua dari anime Vinland Saga.

Favourite Songs

Lagu lagu MWAM hampir semuanya bikin nagih dan ga bosen untuk didengerin berulang kali. Total band ini memiliki jumlah 21 single, 5 studio album, serta 3 album kompilasi. Berikut adalah lagu-lagu favorit saya dari MWAM yang bisa jadi merupakan lagu-lagu favorit kalian juga.

5. Out of Control

Berkolaborasi dengan Zebrahead, band asal Amerika, lagu ini berhasil menjadi salah satu hit pada awal perilisannya.

4. Raise Your Flag

Menjadi opening dari seri Mobile Suit Gundam: Iron-Blooded Orphans, lagu ini menjadi favorit saya walaupun saya sendiri ga pernah nonton serial Gundam.

3. Database

Kembali berkolaborasi, kali ini dengan Takuma yang merupakan member dari 10-feet band. Lagu yang mendongkrak popularitas MWAM dan mungkin beberapa dari kalian mengenal MWAM dari lagu ini.

2. Remember Me

Salah satu lagu terbaru, yang mengisi ending dari live action Radiation House.

1. Dead End in Tokyo

This is a masterpiece dan mungkin bakal stay di nomer 1 untuk beberapa waktu kedepan bagi saya.

Beberapa lagu diatas merupakan lagu favorit saya, mungkin sebagian dari kalian betanya dimana lagu “Winding Road” atau “Seven Deadly Sins“. Saya sendiri bingung memasukannya karena seperti saya tulis diatas hampir semua lagu MWAM itu keren. Jadi, bagi kalian yang punya list sendiri bisa tulis dikolom komentar.

MAN WITH A MISSION

man with a mission

Saya pikir, mereka adalah salah satu band yang punya karakter sendiri dan berhasil meraih kesuksesan hingga saat ini, dimana mereka telah genap berusia 10 tahun. Kabar terbaru yang saya dengar, Jean-Ken Johnny sang gitaris, baru baru ini berkolaborasi dengan komposer kondang Sawano Hiroyuki. Mereka berdua mengerjakan lagu untuk opening dari paruh kedua No Guns Life dengan lagu yang berjudul “Chaos Drifters“.

Prestasi yang dicatatkan Band ini juga cukup banyak, seperti single mereka yang 3x masuk nominasi MTV Video Music Award di Jepang dan album “Masih Up The World” memenangkan penghargaan bergengsi di ajang CD Shop Awards. Bahkan, satu lagu dari MWAM yaitu “Fly Again” dijadikan stadium anthem atau lagu stadion untuk salah satu tim Basket bernama Akita Northern Happinets.

Di masa mendatang para serigala ini sepertinya masih haus akan prestasi dan semakin menancapkan taringnya ke dunia permusikan. Mari kita tunggu aksi aksi mereka selanjutnya dan bagi fans MWAM di Indonesia mungkin bisa berdoa agar para serigala ini bisa mengendus para fansnya yang ada di Indonesia sehingga mungkin, di masa mendatang akan menggelar konser di sini.

Sekian JOI Musik edisi kali ini, untuk penutupnya mari kita bernyanyi bersama dengan lagu hit ini.