[JOI Spotlight] Brand New Villager Edition

April 12, 2020 7:51 pm
[JOI Spotlight] Brand New Villager Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang masih mengumpulkan seri baru untuk diberi impresi. Berhubung saya yakin ada yang bakal nanya begitu ngeliat gambar header, Brand New Animal udah ditulis dulu dan dapet episode baru Mei nanti.

Gleipnir 01

What’s this?

Rei Kiriyama got way into the furry fandom

Kaptain

Oke, budgetnya di atas yang saya kira. Seri ini sebenernya cukup oke untuk standar genre Urban Murdergame, berhubung “permainan” seri ini tuh nggak sengaja terjadi karena Takahiro Sakurai done messed up hard. Seharusnya ini bukan spoiler besar kalau saya ngomong misinya itu untuk ngumpulin koin dan ada banyak cara buat ngedapetinnya selain ngebunuh orang.

Dari karakter yang muncul di opening kayaknya bakal banyak yang diskip, cuma ya sebenernya untuk seri ini saya nggak keberatan kalau ada bagian yang kepotong. Ada beberapa plotpoint yang ujung-ujungnya juga mandek begitu deket klimaksnya.

Kaczmarek

Proper shithousery, saya gak nyangka Nao Touyama dapet peran dengan keseksian berkualitas tinggi selain Lieselotte. Koin itu buat apa? Kayaknya sudah mudah ditebak. Yep, it’s another death game but not another death game like what i’m talking about.

Kingdom S3 01

What’s this?

Loud Cycle Charge Noises

Kaptain

Peningkatan signifikan dari musim sebelumnya. CG sejauh ini dipake buat barisan gede aja dan pertarungan frontal untung masih 2D. Everyone want Qin dead, dan kecuali saya salah inget Kyoukai bakal ga nongol di musim ini. Rada susah aja sih ini nama subtitle sama nama Jepang tiap karakter tabrakan.

Princess Connect Redive 01

What’s this?

Mobage Konosuba tuh Priconne lite, dan anime ini kayaknya jadi “balas dendam” Cygames.

Kaptain

Iya saya tahu dev mobage Konosuba itu anak perusahaan Cygames. Untuk anime ini staf Konosuba yang ngegarap, gaya komedi masih sama hanya aja kecuali ada penyesuaian karakter, orang brengseknya bakal lebih dikit. Udah ada flashback yang nunjukin kalau ada yang salah dengan dunia ini, dan bersyukur banget adaptasi ini pake pendekatan kalau Yuuki got actual brain damage sebaik mungkin.

Kaczmarek

Saya gamain PriCon, tapi kemungkinan Yui bakal nongol gak sih? Saya cuman mengharapkan kehadiran fallen heroine itu demi menunaikan “Satu Musim Satu Peran Satu Tane”.

Hachi-nan Tte 02

Kaczmarek

Alfred seharusnya sudah mengungkap dirinya adalah undead di pertemuan awalnya dengan Wendel, namun mereka memutuskan untuk mendorongnya hingga akhir pertemuan keduanya. Selama dua minggu itu juga seharusnya Wendel harusnya sudah belajar sihir suci yang dimaksud. Mengesampingkan hal tersebut, saya masih nyaman mengikuti serial ini. Namun yang saya khawatirkan adalah budget di awal episode yang bakal terlalu besar dibanding dengan sisa episodenya.

Shokugeki no Souma: Gou no Sara 01

What’s this?

The Disappearance of Yuki Morisaki

Kaczmarek

Saya tahu bagian ini menjadi momok dari serial yang dibangun dengan susah payah. Yang hanya bisa saya lakukan adalah:

  1. Mengikuti perkembangan ceritanya, sambil membandingkannya dengan cerita dari manga,
  2. Gaakan support bumbu-bumbu cinta dari kedua protagonis, kecuali staf anime-nya menggunakan skenario lain,
  3. Belajar masak masakan yang cukup rumit di tengah pandemi ini,
  4. Nanam cabe sama kentang depan rumah,
  5. Lanjutin skripsi saya,
  6. Farming reso KC.

Nami yo Kiitekure 02

Kaptain

Pertanda terbesar ini seri seinen, pas dikasih kesempatan buat mulai karir baru Minare langsung googling gaji. Bakal ngebut langsung ngekover insiden besar biar Minare langsung jadi reporter dadakan, tapi secara pribadi saya lebih seneng pas sesi presentasi situasi industri. One of these days, bakal susah ngebedain antara dunia nyata anime sama racauannya Minare.

Kaguya-sama wa Kokurasetai?: Tensai-tachi no Renai Zunousen 01

What’s this?

OSIS lawak season 2

BlueHeaven

This is it. Ada maksud kenapa tensai-tachi nya dicoret. Ini bukan perang Shinomiya vs. Shirogane lagi. Sudah tidak ada narasi yang sama seperti di musim pertamanya. Nikmatilah kelakuan konyol dari Bakaguya dan lainnya yang tambah hari tambah ‘dark’. Perfect opening dengan banyak easter egg yang bisa dilihat fans yang baca manganya.

Yesterday wo Utatte 02

Kaczmarek

Drastic development. Rou akhirnya muncul dengan peniti di telinganya dengan membawa informasi menyedihkan. Namun dengan berita ini, Haru justru mendeklarasikan perang kepada Shinako. Gue sendiri cukup senang dengan hubungan Haru dan Shinako yang makin baik, walau hanya dalam dua episode. Kemudian, sulitnya menjaga status pertemanan saat salah satu pihak juga punya motif tertentu, apalagi Uozumi sendiri juga frontal banget ke Shinako.

Toaru Kagaku no Railgun T 11

Kaczmarek

Gunha x Touma. Saat Touma terkejut Gunha mendepak petir dari Misaka, sementara Gunha juga heran karena Touma bisa membatalkan eksistensi dari petir itu juga. Momen epic yang saya tunggu akhirnya datang, wohooooooo. Tak sabar dengan episode berikutnya.

Arte 02

Kaczmarek

Saya lupa ini anime diproduseri oleh Universal Studios, jadi saya bisa tenang dengan kualitas animasinya hingga akhir episode. Ini Arte bener-bener berusaha ngelawan stigma perempuan yang dianggap hanya perhiasan. Kalau tekadnya bener-bener kuat sampai ia dewasa, saya gak heran dia bakal jadi orang berpengaruh berikutnya seperti Leo. Disini juga diperlihatkan bagaimana sense of humour dari Leo yang ternyata cukup receh.

Ah iya, ini Angelo bakal jadi apa ya di masa depan. Entah nikahin Arte atau malah jadi seniman biasa. Keluarganya bener-bener menyusahkan sebenarnya, karena dia sendiri sering diandalkan dalam segala hal. Material suami darinya memang cukup tinggi, namun untuk perempuan semacam Arte kayaknya bakal susah. Semoga dia nyerah deh, lebih demen Arte sama Leo aja walau potensi bertepuk sebelah tangannya cukup besar.

Shadowverse 01

What’s this?

A new way to promote Cygames game

BlueHeaven

Sebagai pemain (pro) game ini selama bertahun-tahun tentunya kita ngiri GBF bisa dapet anime, trus Priconne ada anime in gamenya, Uma Musume bahkan dah dapet anime sebelum bisa merealisasikan gamenya. Shadowverse sudah dirilis sekita 3 tahun lalu, dan ketika diannounce bakal dapat animenya, no one expected this could turn on that way.

Animenya sendiri menargetkan sesuatu yang baru, berasa kek anime buat anak-anak yang suka bermain kartu. Saya ga bisa salahin KMR dengan idenya kali ini, tapi jujur sebagian besar pemain SV tentunya kecewa karena bukan Arisa dan kawan-kawan yang diangkat menjadi ceritanya. Bahkan logo di animenya aja beda sendiri. Menjadi pertanyaan besar untuk menargetkan pasar dibawah umur 18 tahun karena turnamen gamenya sendiri mewajibkan pesertanya berumur 18 tahun keatas. Taruhan HP? Pftt. So far, I enjoy this as meme.

Destruction Flag Otome 02

Kaczmarek

Ini Mary Hunt bukan anaknya Ethan Hunt kan? Kekesalan Catarina disini memang masuk akal sih, mengapa karakter yang justru dapat membantunya malah memiliki andil dalam penentuan bad end rutenya hahaha. Apalagi saat Alan memarahinya karena berusaha menggoda Mary dan menantangnya dalam lomba panjat pohon. Ini ujung-ujungnya malah Bakarina yang punya harem cowok sama cewek ye?

Gal to Koryuu 02

Kaptain

Format emang nggak enak buat diomongin di Spotlight tapi saya bakal terus nonton cuma buat ngeliat sketsa akhir aja, ga bakal kaget di episode akhir bakal ngekonfirmasi kalau Pop Team Epic dapet season 2.

Strike the Blood III (OVA) Special OVA

Ini Sayaka makin sengklek di tiap musimnya

Kaczmarek

Yayaya, jangan heran ini adalah spesial OVA dari serial OVA musim ketiganya. Saya gak ngerti ini dari volume berapa, tapi berasa filler yang dibuat-buat. Tapi saya menikmati seluruh heroine disini berasa mabuk gegara jamur Amanita Phalloides yang berbahaya itu. Asagi malah punya kelakuan kayak Raphtalia (karena sama seiyuu-nya), Nagisa yang perhatian nyuapin Kojou, Himeragi yang ngebet untuk jadi orang pertama Kojou, La Folia yang …..eeeee…… nunjukin sisi otaku-nya dan berharap Kojou tandatanganin perjanjian nikahnya, Sayaka….menjadi….eee…..anggap aja ini cewek salah paham bahwa Kojou ini pedofil, dan Astarte yang gak kenapa-napa (lah iya, dia kan homonculus). Ternyata tidak, Astarte juga salah ngira soal Sekkarou yang dijadiin tiang jemuran. Tapi kenapa gaada Natsuki-chan yang mungkin bisa jadi Natsuki-oneesan!?

Akhir dari OVA spesial ini juga masih bersambung dengan musim keempatnya nanti. Jadi jangan dilewatkan adegan setelah animasi penutupnya. OVA spesial ini juga jadi fase terbaru dari Risa Taneda karena suara aslinya kini sudah terdengar normal kembali. Dari live-streaming sebelumnya juga dia menjadi host utama penayangan PV terbaru musim keempat Strike the Blood. Semoga Tane selalu disehatkan tubuhnya dalam menjalani karirnya ini. Oiya selamat juga buat Tane yang baru buka IG official-nya!

Strike the Blood IV 01 (OVA)

Kaczmarek

Lagu pembuka musim keempat ini bikin saya nostalgia dengan musim pertamanya. Ini Kojou langsung amnesia setelah insiden itu (entar juga bakal tahu kalian), dan bertemu Kasugaya yang berperan sebagai pengamatnya. Kasugaya ini kayak versi penyatuan antara Himeragi sama Sayaka. Sementara itu, sang seiyuu legendaris bernama Rie Tanaka akhirnya muncul sebagai Magatoki Kako dalam musim keempat ini. Ya, karakter sama seiyuu-nya punya kesamaan tersendiri.

Daripada Kasugaya, saya penasaran dengan familiar dari Kamikiba si vampir bitchy itu. Pengen tahu latar belakangnya secara lebih, dan sejauh mana ia berhubungan dengan progenitor lain. Apalagi dia juga nawarin si Kojou untuk menjalin hubungan antar vampir. Ah iya, seiyuu-nya si Ai Kakuma jikalau kalian males atau belum baca berita sebelumnya. Penutup dari episode pertama ini juga masih dianggap mindfuck, apalagi kemunculan hologram Himeragi dan orang berjubah itu bikin Kojou kebingungan.

Honzuki no Gekokujou 16

Kaczmarek

Jangan ganggu Myne saat di perpustakaan, atau dia bakal mengancam dengan kekuatannya. Tapi tetap saja, ketiga murid itu memang mencurigakan dari awal. Salah satunya juga sudah secara sengaja membongkar identitasnya. Ah iyak, Fran masih menjadi murid terbaik disini. Saya cukup ngakak ngeliat Myne yang kebingungan tentang cara naik ke kursi ala bangsawan.

Chainsaw Man 63-65

CTian

Tiga minggu kosong yak pembahasan ini. Tapi emang 3 bab ini terlalu luar biasa untuk dibahas sih /plak alasan~ Lot of spoiler, jadi pembahasan ini khusus untuk yang sudah baca aja yak, kalau kamu menghindari spoiler. Kalau mau kena spoiler ya monggo saja~ BIG TWIST DI BAB 63! Santa Claus Jerman yang tadinya merupakan musuh paling ditakuti, ternyata bukan siapa-siapa melainkan hanya bonekanya Master-nya Tolka! INI NIH! INI!!! Benar-benar kacau sih, peringkat para villain di arc ini berubah drastis. Santa saya langsung taruh paling bawah karena di sini dia literally cuman boneka yang ngendaliin boneka lain. Menyusul si Tolka yang dijadikan boneka juga, lalu si bungsu, Quanxi dan harem-nya, dan paling menyeramkan ternyata Master-nya si Tolka.

Masih bahas bab 63, ITU JARINYA 6!!! ADA 6!!? Sumpah saya gak ngerti kegilaan apa lagi yang disiapkan si sensei untuk ke depannya… KARENA INI TUH DI LUAR AKAL SEHAT ORANG NJIR!!! Saya selalu suka penggunaan panel dia, yang panelnya tuh kepotong karena muncul “jari setan” (saya nyebutnya gitu aja dah). Itu, yang pertama kali dimunculkan saat Aki pakai Curse Devil. Out of the box banget! Dan saya benar-benar gak ngerti lagi sama 3 halaman terakhir bab ini… “BNGST INI APAAN!!? ITU JARI ADA 6!? ITU KENAPA JADI KE ADEGAN TANGAN BUNTUNG TERUS DISEMUTIN!!?? ITU… KENAPA ADA BATHTUB!!!!???”  Saya sampai ngebatin kayak gitu, astaga.

Belum habis dengan kejutan, mari membahas neraka. Halaman pertamanya masih ngasih vibe “INI TEH APAAN!?” Dengan bathtub, terus tahu-tahu ada jari yang dipretelin. Sampai pintu-pintu di langit yang mengingatkan saya kepada Monster Inc yang ada Mike Wazowskinya (ini saya searching dulu lho namanya). Wow, inikah neraka? Lebih segar daripada yang saya bayangkan, tapi ya absurd sekali. Para Fiend juga entah kenapa jadi merasa tertekan dengan keadaan di sana. Sampai-sampai harem-nya Quanxi minta izin untuk bunuh diri lho! Ternyata, dia merasakan Devil yang lebih kuat daripada Gun Devil! Devil yang belum pernah keluar (mati) dari neraka. Dia adalah Darkness Devil… Kedatangannya, wujudnya, sampai kekuatannya, BIKIN MERINDING COEG, GAK BOHONG! Di situ saya gak nyangka ini masih manga-nya Shonen Jump-nya Shueisha.

Lagi-lagi penggambaran panel yang out of the box digunakan di sini. Itu tangan-tangan melayang dijadikan garis panel dong!!! GILA GILA GILA GILA GILA!!! Bener-bener amazed sih saya di situ. Walau ada salah gambar sih, tapi saya masih amazed banget dengan gambarnya walau tahu di situ ada salah gambar. Salah gambarnya ada di kepalanya Denji, coba kamu perhatikan halaman sebelum dan sesudahnya, pastinya gambarnya beda-beda. Semoga saja dibetulkan di tankoubon-nya nanti, dan saya pasti beli kok! (Yang translasi pastinya) Lalu masih tentang panel tadi, di situ saya langsung merasa, “saya gak butuh adaptasi anime dari manga ini”, not gonna lie. Saya yang tadinya pengen sekali manga ini dapat adaptasi anime, jadi ogah karena yakin adaptasinya gak bakal seluar biasa ini. Saya malah takutnya adaptasi ini menjadi mengecewakan. Tapi misalnya ada pun masih saya akan beri kesempatan dan menonton~

Yalord, panjang amat yak, untuk pembahasan 65 saya bahas di pembahasan minggu depan saja ya, barengan sama 66. Yang pasti 3 bab (atau mungkin nanti bab berikutnya juga) ini fokus menceritakan betapa menyeramkan dan luar biasanya Darkness Devil, dia benar-benar bintang utama dah di sini. Story telling-nya aneh bin ajaib, dan saya benar-benar amazed dibuatnya. What a bizarre journey!!! Bagi kalian yang gak ngerti saya nulis apa, saya juga gak ngerti dengan apa yang saya baca sebenarnya. PLEASE READ CHAINSAW MAN! Enam bab pertama dan 6 bab terbarunya bisa dibaca secara resmi dan gratis juga di Manga Plus!

Girls Frontline

Kaptain

Kalau bisa ngelarin Core 8 harusnya bisa nyaman di 10%. Seperti biasa penderitaan para ahli statistik adalah hiburan terbesar event ini. Ranking masih jalan sampe Senin depan jadi sisa theatre bakal buat endurance match dan ngutuk komunitas yang milih C.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Nggak ada yang peduli sama Journey to The West. Hell, harusnya di 2020 ini nge-grind item buat grinding item udah ilegal. So real talk folks, saya nulis entri ini cuma biar bisa ngepost gambar di atas.

Nioh 2

Kaptain

Siapa yang nyangka sih di genre Soulslike di pasar malah Team Ninja yang berhasil bikin cerita paling sentimental? Baru masuk NG+, tapi ini lebih gampang dari Nioh pertama berkat Burst Counter dan mindset kalau seri ini tuh pada dasarnya nugasin kita buat nyari build yang cocok buat ngelindes stage. DLC kemungkinan besar bakal ngeliput Genpei Wars dan berhubung Team Ninja bakal nggarap seri baru abis ini, saya harus nunggu lebih lama sampe Boshin War & Taisho Era dapet giliran.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Iya kami tahu ada beberapa penayangan perdana yang masih kelewat, jadi nantikan lanjutannya minggu depan.

Header: Nagrolaz