[Review] Antara Cinta dan Takhta

April 12, 2020 6:11 pm
[Review] Antara Cinta dan Takhta

Ada 2 hal yang membuat saya memilih manga Antara Cinta dan Takhta kali ini, yang pertama adalah Rin Tanaka atau mangaka dari serial kali ini yang mengadaptasi karya Lynn Raye Harris menjadi sebuah buku bergambar. Saya bisa dibilang jatuh cinta dengan gambar buatannya, karena menurut saya gambarnya sangat cantik dan menawan, apalagi gambar wanitanya. Kalau saya bilang gambar pria-nya yang menarik nanti saya serem sendiri. Alasan kedua adalah pemeran utama prianya yang bernama Kadir mengingatkan saya dengan sesosok komedian terkenal di Indonesia. Little did I know that this might be the best shoujo manga I’ve read so far from Harlequin Comics.

Kisah ini bercerita mengenai Kadir bin Zaid Al Hassan, seorang CEO perusahaan dengan asisten pribadinya yang berasal dari Amerika, Emily Grant. Kadir yang tampan rupawan dapat dengan mudah membawa gadis manapun ke kamar tidurnya. Selain memiliki perusahaan arsitektur yang sukses, dia juga adalah seorang putra mahkota dari Negara Kyr di Arab. Namun dia tidak memiliki angan-angan untuk menjadi raja, karena menurutnya kakaknya Rashidlah yang lebih cocok untuk memerintah negara Kyr. Asisten pribadinya, Emily Grant sudah bekerja padanya selama 4 tahun dan sampai saat ini masih belum memiliki hubungan apa-apa dengan sang CEO, aneh mengingat Emily sendiri adalah seorang yang cantik.

Namun namanya manusia, selalu ada hasrat ya, sebenarnya Emily juga menahan-nahan hasrat untuk selalu bertindak secara profesional dan tidak memendam perasaan kepada si bos, padahal mah mau-mau aja.

Singkat cerita, Raja negara Kyr sakit dan Kadir dipanggil kembali ke Kyr untuk membicarakan masalah penerus takhta kerajaan, dan sesuai dengan judul dari buku ini, kamu bisa menebaknya kalau Kadir harus memilih antara cinta atau takhta. Padahal kalau sudah jadi raja kan dia bebas mau menikahi siapa saja, mau ada hukum juga ditulis ulang saja sesuai kebutuhan sang raja ya kan? Tapi demi cerita yang berjalan, I’ll let it slide, everytime. Kadir yang tidak ingin menjadi penerus dari raja kemudian punya ide gila, kenapa tidak menjadikan Emily sebagai istrinya supaya sang raja melihat kalau istri Kadir yang berasal dari keturunan non-bangsawan maka sang ayah akan merelakan Kadir untuk tidak jadi raja.

Which is dumb, karena apa kata raja adalah absolut dan tentu saja dia disuruh cerai dengan Emily, what the hell were you thinking man? Kakak Kadir, Rashid pun tidak datang ke Kyr memenuhi janjinya kepada Kadir untuk jadi raja, jadi dia uring-uringan memikirkan masa depannya bersama Emily. Selama waktunya bersama Emily di Kyr, Kadir menyadari kalau dia sudah jatuh cinta kepada Emily, begitu pula perasaan Emily kepada Kadir. Keduanya saling jatuh cinta namun karena alasan kerajaan, keduanya tidak bisa bersatu bersama.

Emily Grant

Emily bekerja sebagai asisten pribadi Kadir selama 4 tahun karena ayahnya yang sakit dan dia harus membayar biaya rumah sakit, dia juga adalah seorang asisten yang profesional. Saya rasa dia juga memiliki etos kerja yang baik, selama 4 tahun tidak pernah menyatakan cinta kepada Kadir dan terus menjalankan pekerjaannya tanpa perasaan kepada sang bos, that’s quite a feat. Apalagi saat hati berkata iya, tapi badan harus berkata tidak, you go girl.

Protagonis wanita kali ini surprisingly cukup normal, tidak ada sejarah broken home atau sejarah kelam lainnya seperti protagonis wanita lain yang pernah saya baca. Emily yang menjalankan perannya sebagai istri (palsu) Kadir menjalankan pekerjaannya dengan baik dan meyakinkan. She’s one hell of a worker, dan kecantikannya pun menjadi salah satu alasan saya sangat menyukai manga ini. Emily juga memiliki kemiripan dengan Violet dari Violet Evergarden so somehow that’s a really big plus.

Kadir bin Zaid Al Hassan

Kenapa sampai sekarang saya tidak pernah melihat serial cantik yang pemeran utamanya bukan A. Ikemen, B. Tajir, C. Keturunan someone in power will always be beneath me. Kadir adalah seorang CEO perusahaan sukses, dan juga ganteng beyond belief. Masalah terbesar dia adalah dia tidak pernah merasakan cinta atau rasa kepedulian kepada siapapun yang dibawanya ke kamar, namun dia baru menemukan perasaan itu kepada Emily setelah menikah (palsu) dengannya dan mengenal sang gadis dengan lebih dalam. Saya bingung sebenarnya kenapa dia tidak menolak saja permintaan raja untuk menceraikan Emily, namun mungkin hukum di sana berbeda dengan logika kita.

Kadir yang berusaha untuk memenuhi baik kewajibannya sebagai putra mahkota pun memilih untuk melepaskan Emily demi kebaikan negaranya sendiri. Saya agak kecewa dengan keputusannya tersebut, tapi sepertinya dia pria yang beruntung karena sang kakak, Rashid pun datang di saat yang tepat untuk mengambil alih perannya untuk jadi raja.

Cerita kali ini memang tidak punya banyak konflik yang bisa dieksploitasi, karena itu review kali ini lebih pendek dari sebelumnya. Antara Takhta dan Cinta adalah sebuah cerita yang sangat straightforward antara dua orang insan yang jatuh cinta, namun tidak dapat melanjutkan hubungan mereka karena masalah keluarga. Untungnya kisah ini berakhir manis bagi keduanya. Tidak perlu ada drama-drama yang mengobrak-abrik hubungan atau mengacaukan alur cerita, membuat cerita ini sangat mudah untuk diikuti dan dinikmati. Karena itu saya menganggap kisah Antara Takhta dan Cinta ini sebagai manga dengan cerita terbaik yang saya baca selama ini dari jajaran komik Harlequin Comics.

Langsung baca Antara Takhta dan Cinta di Romance Comics.