Shadowverse Tanoshii Course #1: Mekanisme Dasar

April 14, 2020 4:54 pm
Shadowverse Tanoshii Course #1: Mekanisme Dasar

Halo pembaca yang budiman, gimana kabarnya selama karantina mandiri? Kalau kalian mengikuti anime spring ini, pastinya kamu bisa menemukan nama Shadowverse diantara anime lainnya. Berhubung animenya sedang tayang di musim ini, saya tidak bisa menemukan momen yang lebih tepat untuk mengeluarkan panduan bermain Shadowverse Tanoshii. Apalagi saya juga seorang pemain Shadowverse terkenal seasia tenggara yang sudah sering nongol di turnamen e-sportsnya.

Shadowverse adalah permainan CCG (Collectible Card Game) buatan Cygames yang dirilis tiga tahun lalu. Sejak perilisannya, Shadowverse sudah tersedia dalam bahasa Jepang, bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Perancis, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menginstal Shadowverse melalui Google Play Store untuk Android, App Store untuk iOS dan Steam untuk yang bermain di PC.

Newbie Bait: Di Shadowverse kamu bisa menemukan beragam karakter dari berbagai Fandom seperti Love Live, Idolm@ster, One Punch Man, Fate/Stay Night, dan banyak lagi!

Bermain Shadowverse cukup mudah. Pertama-tama siapkan HP atau PC kamu, kemudian nyalakan. Kalau kamu belum punya jangan merengek sama kakek kamu atau nyolong dari gudang ya. Cara bermain Shadowverse mungkin mirip dengan Hearthstone tapi di Shadowverse kamu bisa menemukan karakter berstyle anime yang waifuable dan husbandoable. Di Shadowverse Tanoshii Course ini kamu akan diajarkan dari basic sampai tingkat lanjutan oleh tim esport Shadowverse nomor 1 di Indonesia yang di dalamnya termasuk saya  (yorokobe shounen x1).

Gameplay Mechanics

Tampilan awal Shadowverse untuk newbie, disconnected, atau maintenance.

Di awal kamu bermain, kamu akan menghadapi layar seperti ini. Jangan takut karena gelap, masuk saja gamenya dengan tap/click layar, pilih referensi bahasa, nama yang dipakai untuk bermain (maksimal 12 karakter), dan jika sudah selesai kamu akan mengunduh data game (disarankan menggunakan WIFI). Kalau sudah selesai, nantinya kamu akan dihadapkan tutorial in gamenya. Namun karena tutornya cukup ampas dan susah dimengerti oleh newbie maka bersyukurlah kamu belajar bermain Shadowverse dari guide ini (yorokobe shounen x2).

Nah sekarang untuk gamenya sendiri kamu kan menghadapi yang namanya mulligan atau starting hand. Disini kamu akan mendapat 3 kartu pertama. Kamu bisa memilih untuk mempertahankan beberapa kartu atau membuangnya kembali ke dek. Biasanya kartu yang dipertahankan adalah kartu yang bisa dikeluarkan di awal permainan atau yang menjadi inti dari dek yang dimainkan. Kartu yang dibuang akan diganti dengan kartu lain yang ada di dek secara acak. Jika sudah selesai klik OK untuk memantapkan pilihanmu sebelum waktu berpikir 1 menit habis percuma. Untuk lebih jelasnya kamu bisa melihat gambar dibawah ini.

Setelah melewati proses mulligan, maka pertarungan sesungguhnya akan dimulai. Giliran pertama akan jalan duluan (ya iyalah). 1st player ini dimodali 1 draw awal dan 2 evolution point yang akan aktif ketika turn 5. Sementara untuk 2nd player akan mendapat modal 2 draw awal dan 3 evolution point yang akan aktif di turn keempat.

Tiap pemain memulai dengan 1 play point dalam memulai awal gilirannya. Play point (disingkat PP) ini dipakai untuk mengeluarkan kartu yang costnya dalam jangkauan. Selanjutnya pemain akan mendapat draw 1 kartu dan penambahan 1 maksimum play point di tiap turn. Batas akhir untuk play point dalam game ini adalah sepuluh.

Untuk mengakhiri giliranmu tinggal pencet end turn. Kamu bisa melihat peristiwa yang terjadi selama match di battle log. Di dalamnya tersedia informasi kartu yang sudah dipakai, efek yang sedang jalan, kartu yang sudah hancur, dan sebagainya. Untuk mengatur preferensi tampilan, suara, dan lainnya kamu bisa klik menu di pojok kiri atas. Di menu ini, kamu bisa concede juga untuk menghemat waktumu melawan musuh yang tak bisa kamu kalahkan. Bagian pojok kiri bawah yang berisi jumlah shadow, kartu di hand atau di dek bisa kamu munculkan atau tiadakan melalui bagian menu.

Normalnya kamu membawa 40 kartu saja di dalam dek. Untuk kartu yang di tangan, kamu maksimal hanya bisa memegang 9 kartu. Selebihnya kartu akan musnah dan terhitung ke dalam shadow. Kartu yang kamu mainkan di board atau play area juga memiliki batas sebanyak 5 slot saja. Selebihnya kalau ga muat ya ga bisa ditaruh.

Kartu bisa kamu dapatkan melalui gacha atau membuat melalui vial. Vial ini didapat dari liquefy kartu yang tidak terpakai. Ini berarti tidak ada yang bisa menggarami kamu soal kartu yang ada di dek orang lain. Satu-satunya garam asin di game ini adalah leader yang sebenarnya tidak ada efek apa-apa, cuma asin aja. Penjelasan mengenai kartu akan dijelaskan lebih rinci di course episode kedua.

Win/Lose Condition

Secara garis besar ada 4 cara untuk mengakhiri match:

  1. Mengurangi leader defense lawan hingga dibawah 1. Gunakan kartu yang bisa menyerang atau memberi damage ke leader lawan. Jika kedua leader memiliki defense sebanyak 1 dan ada kartu yang memberikan damage cukup untuk menuntaskan defense keduanyanya menjadi nol kebawah, maka pemain yang turn-nya aktif ketika efek kartu itu bekerja yang dinyatakan kalah.
  2. Jika kartu yang dek habis tak tersisa maka dinyatakan kalah.
  3. Lawan disconnected atau concede maka kamu dinyatakan sebagai pemenang.
  4. Efek kartu yang bisa menjadi wincon (winning condition) spesial seperti Enstatued Seraph atau Spartacus.

Newbie Tips: Leader kamu bisa ngeluarin emoticon jika kamu melakukan drag dari kolom leader keluar kotak. Lakukan spam maksimal tiga kali secara cepat untuk mengancam musuhmu dan kamu dianggap BM (bad manner) dalam bermain.

Evolution

Adanya evolution point menjadi sebuah pembeda Shadowverse dengan game kartu lainnya. Makanya Shadowverse juga sulit dimainkan secara langsung tanpa alat seperti mobile phone. Evolution point biasanya memberikan tambahan stats untuk kartu atau mengaktifkan efek tertentu yang dimiliki kartu. Meski dibatasi hanya dua untuk pemain giliran pertama dan tiga untuk pemain giliran kedua, evo masih bisa dilakukan lebih dari jumlah tersebut. Ada beberapa kartu yang bisa berevolusi sendiri atau merecover evolution point yang belum/sudah terpakai.

 

Listen kiddo, Daria salah satu best waifu di game ini.

Sampai disini pelajaran Shadowverse Tanoshii Course episode pertama. Apakah kamu tertarik mencoba bermain Shadowverse? Siapa tahu kamu bisa menang banyak HP hasil menang pertandingan (adegan ini tidak boleh ditiru). Pelajaran kita akan berlanjut ke episode 2 mengenai bagian kartu. Shadoba Tanoshii!

GLOSSARIUM

Concede : Menyerah dalam pertandingan.

Deck : Kumpulan kartu yang kamu gunakan dalam pertandingan. Bisa juga menunjuk kartu yang belum muncul di hand atau digunakan selama bertanding.

Draw : Mengambil kartu dari dek ke tangan (hand). Istilah kerennya: DORO!

Liquefy : Melebur kartu menjadi vial yang digunakan untuk membuat kartu baru lainnya.

Mulligan : Starting hand. 3 kartu awal yang akan kamu gunakan dalam memulai giliran awal.

Play Point : Biasa disingkat PP. Modal yang kamu miliki untuk memainkan kartu. Kamu bisa mengeluarkan kartu yang memiliki cost sama atau kurang dengan play pointmu. Play point bertambah satu tiap turn hingga batas maksimal 10.

Vial : Modal yang kamu gunakan untuk membuat kartu yang kamu inginkan tanpa nge-gacha. Tiap kartu memiliki harga vial tersendiri sesuai raritynya.

MENGENAI PENULIS

BlueHeaven atau IEV Mashiro adalah seorang sudah berkecimpung di ranah Shadowverse selama dua tahun. Bergabung bersama salah satu tim esports Shadowverse asal Indonesia, namanya sudah sering muncul di berbagai turnamen internasional dan memenangkan beberapa community tournament.

Imajin Epic Victory disingkat IEV adalah tim esports yang memiliki anggota seratus persen warga negara Indonesia (hingga saat ini). IEV dibentuk November 2018 dan kini beranggotakan kurang lebih 18 orang. IEV sudah membuktikan prestasinya di kancah internasional dengan pencapaian terbesar menjadi runner-up Shadowverse Open regional SEAO bulan Maret kemarin.