Komite Comiket Umumkan Acara Virtual Air Comiket untuk Mendukung Kreator

April 15, 2020 1:05 pm
Komite Comiket Umumkan Acara Virtual Air Comiket untuk Mendukung Kreator

Komite Comic Market (Comiket) telah bekerjasama dengan Nico Nico Net Cho Kaigi untuk mengadakan acara virtual “Air Comiket” yang akan diadakan pada 1 hingga 5 Mei.  Acara ini menggantikan Comic Market 98 yang telah dibatalkan dan dilakukan untuk mendukung inisiatif “Ganbarou Doujin!” untuk mendukung para kreator.

Persiapan awal dilakukan pada 12 sampai 19 April. Selama periode ini, orang-orang didorong untuk mengirimkan gambar kreasi mereka di Twitter, Instagram, YouTube, Nico Nico Doga, dan Nico Nico Livestreaming dengan tagar #エアコミケ準備室 (Persiapan Air Comiket), #ネット超会議2020 (Net Cho Kaigi), dan #参加 (Partisipasi). Komite kemudian berencana untuk mendorong sinyal pembuat konten selama periode Air Comiket.

Panitia sedang menjajaki kemungkinan menyusun semua dojinshi dan circle yang tercantum dalam katalog acara dan menyediakan tautan ke situs e-commerce yang menangani mereka. Ada juga rencana untuk mengadakan presentasi online di situs streaming video Nico Nico Doga.

Selain itu, rantai toko dojinshi, Comic Toranoana dan Melon Books akan mendistribusikan tas yang awalnya dibuat untuk Comiket 98 kepada mereka yang membeli barang-barang senilai lebih dari 3.000 yen dari toko selama periode Air Comiket. Rantai sebelumnya mengumumkan bahwa mereka akan memberikan semua hasil dari penjualan Katalog Pasar Komik 98 kepada komite penyelenggara Comiket. Katalog mulai dijual pada 11 April.

Dalam siaran langsung Nico Nico pada 12 April, perwakilan Komite Comiket Koichi Ichikawa menjelaskan beberapa keadaan di balik pembatalan Comiket 98. Dia mengatakan bahwa panitia melakukan diskusi tentang pembatalan acara dari akhir Februari. Pada 26 Februari, pemerintah Jepang meminta penyelenggara acara untuk “menahan diri” dan membatalkan acara selama dua minggu. Namun, langkah-langkah jarak sosial berlanjut bahkan setelah periode ini. Selain itu, komite menganggap bahwa mereka tidak dapat mematuhi pedoman yang disarankan pemerintah untuk menghindari pertemuan besar di ruang tertutup dan berventilasi buruk. Beban terakhir adalah lonjakan berturut-turut dalam kasus coronavirus di Tokyo sejak 20 Maret.

Ichikawa mengatakan bahwa ia berharap para penggemar akan dapat mengumpulkan beberapa antusiasme yang sama untuk Comiket online pertama ini seperti yang mereka lakukan untuk Comiket biasa. “Aku ingin bangun jam 4 pagi setiap hari di Comiket seperti yang kulakukan setiap tahun, dan memasukkan semua energiku ke dalamnya,” katanya.

Dia juga terus menekankan bahwa membeli katalog akan mendukung acara di masa depan, dan kondisi Comiket 99 akan secara langsung dipengaruhi oleh penjualan

Sumber: ANN