[Celebrity Sunday] Airani Iofifteen

April 19, 2020 6:25 pm
[Celebrity Sunday] Airani Iofifteen

Selamat datang di Celeb Sunday. Dikarenakan lagi pada demam Virtual Liver atau VTuber, JOI kali ini akan langsung membahas secara express salah satu VTuber dalam edisi kali ini. Dan sebagai pilihan pertama dari sekian banyak VTuber di luar sana, saya memilih Iofi sebagai salah satu wajah baru VTuber asal Indonesia.

Airani Iofifteen dipanggil Iofi (bukan Lofi apalagi Yopi) adalah salah satu dari generasi perdana VTuber keluaran agensi Hololive ID. Memulai debutnya pada tanggal 12 April kemarin, Iofi sudah mencapai angka 20 ribu subscriber ketika artikel ini dirilis. Meski masih terbilang baru, Iofi sudah memiliki informasi yang lebih dari cukup untuk dibahas (meski gambarnya belum begitu banyak). Seputar Iofi akan dibahas lebih lengkap dibawah ini.

+ Multilingual

Iofi merupakan satu dari tiga VTuber pertama Hololive ID. VTuber lainnya, Ayunda Risu dan Moona Hoshinova sudah memulai debutnya terlebih dahulu berurutan tanggal 10 April dan 11 April. Ini berarti Iofi menjadi penutup dari debut berantai Hololive ID.

Hadiah dari mama Iofi untuk debutnya

Di video perdananya Iofi langsung membahas kelebihannya yang membuat dia sangat layak untuk disembah difollow. Iofi memiliki kemampuan multilingual yang membuatnya lancar dalam 6+1 bahasa. Bahasa tersebut adalah Indonesia, Inggris, Jepang (man, she’s N2), Jerman, Korea, Sunda dan Alienish. Iofi pun berencana untuk membuat konten pojok bahasa agar para IOFORIA (sebutan fans Iofi) bisa banyak belajar bahasa sambil menikmati videonya. Menjadi nilai plus tersendiri untuk VTuber memiliki kemampuan berbahasa yang fasih agar menjangkau fans seluas mungkin serta menguntungkan untuk fansnya dapat belajar banyak bahasa baru sambil bersenang-senang.

+ Anak DKV

Menjadi hal yang paling mencolok dari penampilan Iofi, dimana dirinya penuh dengan tinta cat dimana-mana. Ini merupakan bukti bahwa Iofi adalah anak seni sesungguhnya. Iofi sendiri suka menggambar, terbukti dari beberapa ilustrasi yang sudah diperlihatkannya selama streaming. Kedepannya Iofi akan membuat tutorial art dan konten lainnya yang berkaitan dengan skill gambarnya.

Desain Karakter Iofi yang penuh warna ini dibuat oleh Yano Mituki yang disebutnya sebagai mama. Dilihat dari atas, Iofi menggunakan bando dengan 2 sisi berbeda, polkadot pink di bagian kanan dan strip hijau di kiri. Rambut nya juga dihiasi jepit rambut berbentuk palette yang juga merupakan emoticon khas Iofi. Rambut yang mengarah keputih abu-abu ini juga diikat samping (side hair) dengan pita biru kecil nan imut lengkap dengan bercak cat menempel di ujungnya. Di bagian wajah, Iofi memiliki mata ungu bercorak bintang dan tanda hati. Bagian pipi, pundak, hingga tangan juga dihiasi cat yang juga mewarnai kaos putih bergambar palette dan baju kodoknya secara menyeluruh. Ada banyak lagi detail dalam penampilan Iofi yang lebih jelasnya kamu bisa lihat tampaknya dari depan melalui gambar dibawah ini.

I hope she’s normal art student, not like our Eldritch Que-

+ Iofi Adalah Kita

Iofi adalah kita, bukan artinya kita adalah Iofi (as mathematician, you can relate it). Maksudnya disini Iofi bisa paham hobi para otaku Indonesia pada umumnya. Kamu suka main game gacha? Iofi banyak memainkannya. Sebut saja FGO, GBF, Priconne, Arknights, dan masih banyak lain yang sudah dicoba Iofi sebelum bergabung dengan Hololive. Iofi juga gemar memainkan visual novel terutama yang bergenre misteri seperti Danganronpa (hell yeah, no Danganronpa fans are evil) dan Chaos;Child. Ditambah lagi, game rhythm menjadi kegemarannya seperti Deresute, Bang Dream, OSU dan masih banyak lagi.

Selain game, Iofi juga menyukai anime terutama yang jadul. Tokyo Mew Mew dan Eyeshield 21 adalah dua dari sekian nama anime yang disebut dalam streaming pertamanya. Iofi juga gemar ngememe atau shitposting, make her value as waifu more precious. Satu-satunya kekurangan Iofi dalam gaming adalah FPS dimana dia bukannya tidak menyukainya tetapi ampas dalam memainkannya (gue banget ini).

+ EUY

Selamat warga Bandung dan penggemar cimol sekalian! Iofi ternyata bisa bahasa Sunda. Eh, I already mentioned this before? Nevermind just take it. Berdasarkan pernyataan penggemarnya, logat Iofi ini memang cocok untuk Sundanese sejati. Karena kesundaanya ini, Iofi kerap kali menjadi bahan meme bagi fansnya. Menjadi euy momen pabila Iofi ngespam bahasa Sunda di streamnya, walau ini bahasa nomor dua yang tidak saya mengerti selain Alienish.

+ Alien Princess

Iofi bisa bahasa alien karena memang dirinya asli alien. Diceritakan Iofi berasal dari planet Iolyptos, entah dimana keberadaan planet ini mungkin lebih jauh dari Betelgeuse. Nah Iofi ini kabur dari planetnya karena hendak dijodohkan ayahnya dengan pria yang tak dikenal. By teh way (iya sengaja teh biar keliatan sunda), Iofi ini adalah putri dari planet tersebut dan memiliki seorang saudari perempuan (bye imouto).

Sesampainya dibumi Iofi disamperin MIB (man in bekasi (?)). Skip aja bagian ini. Intinya Iofi bisa tetap hidup sebagai mahasiswa DKV berkat 3 kekuatan yang dimiliki. Pertama itu barrier, bisa melindungi diri dari hujan. Kedua, adalah telepathy untuk gangguin Moona. Dan yang terakhir brainwash, selamat kamu yang demen Iofi telah terkena brainwash. Sebagai alien, Iofi juga sempat menyinggung ada perbedaan dirinya yang normal dengan versi aliennya yang berkepribadian lain. Let’s wait for this (gibara/era hype).

– Smol

Ulang tahun Iofi adalah setiap tanggal 15 Juli. Iofi memiliki tinggi badan terpendek diantara semua Hololive ID (untuk sekarang). Berdasarkan pernyataan Iofi, tingginya tepat 150 cm, belum termasuk sepatu yang bisa membuat tingginya 155 cm. Tapi kalau dilihat argumen Moona, Iofi tingginya 145 cm, 150 cm itu sudah dibantu sepatu. Entah mana yang bener, tetep aja Iofi menjadi yang terpendek diantara semua Hololive ID (untuk saat ini).

– Candel

RRRRRRRRRRRRR…. Ya sayangnya Iofi ga bisa ngomong “R” dengan lancar. Iofi sendiri sudah mengakuinya kalau dia candel. Jadi mesti perhatianlah kamu terhadap omongannya jangan sampai teltukal antara R dengan L. Kalau kamu fans yang suka VTuber yang ahli ngomong R silahkan subscribe Risu. Risu sangat lancar dalam memparodikan suara scooter matic.

Biar gabisa ngomong R, suara Iofi ketika ngomong ‘geez’ atau ‘ah’ sudah cukup mewarnai hati penggemarnya (no ara-ara pls)

– Gelut sama Moona

Satu lagi yang sebenarnya bukan poin minus tapi gabakal lengkap kalau ga dibahas yang satu ini. Apalagi kalau soal gelutnya Iofi dengan Moona. Sebagai Moonafic (panggilan untuk fans Moona) dan Ioforia (eh kok bisa gitu? bisa dong doublenya) saya merasa terhibur dengan tingkah laku konyol mereka. Iofi senang untuk mengisengi Moona karena respon Moona yang imut. Meski dibilang gelut, tapi mereka sebenarnya tetap mesra dalam duet streamingnya kemarin malam.

Sampai disini Celebrity Sunday kita hari ini. Apa kamu tertarik mendukung Iofi? Ayo join Ioforia dan jangan lupa subscribe channelnya Iofi di youtube, juga follow twitter, instagram, dan facebooknya.

#ioart_icle

Gambar:

https://twitter.com/mituk1/status/1249308144523603968
https://twitter.com/kazenokaze/status/1250022637931130881
https://twitter.com/Unko_Weeb/status/1249817024429088768
https://twitter.com/PlancarteTona/status/1249551304822792192
https://twitter.com/elmonstery/status/1249335819791261696
https://twitter.com/Ikazu401