Subtitel Indonesia Telah Tersedia di Satu Seri Penuh Heya Camp Milik Ani-One Asia

April 22, 2020 3:46 pm
Subtitel Indonesia Telah Tersedia di Satu Seri Penuh Heya Camp Milik Ani-One Asia

Ani-One Asia telah memasukkan subtitel Indonesia di satu seri penuh dari Heya Camp. Subtitel ini dibuat oleh akun YouTube bernama Naru, yang ternyata merupakan seorang fansubber di salah satu kelompok fansub di Indonesia. Selain membuat subtitel Indonesia di Heya Camp, dia juga sudah membuat subtitel Indonesia di Sing “Yesterday” For Me episode 2. Subtitel ini juga sudah dimasukkan oleh Ani-One Asia. Rencananya dia juga akan membuat subtitel Indonesia untuk anime Show By Rock!! Mashumairesh!! yang ada di sana.

Heya Camp merupakan spin-off dari seri anime Yurucamp. Anime ini ditayangkan pada musim penayangan Winter 2020. Spin-off  ini berfokus pada kegiatan Nadeshiko dan kawan-kawan yang mengumpulkan ‘reli stempel anak Yamanashi’. Anime ini berdurasi pendek, hanya 3 menit 30 detik per episodenya dan berjumlah 12 episode.

Yurucamp sendiri merupakan manga karangan Afro. Afro meluncurkan manga Yurucamp di majalah Manga Time Kirara Forward  pada 23 Mei 2015. Houbunsha telah menerbitkan volume ke-10 pada Maret 2020 yang lalu. Yen Press juga memiliki lisensi manga ini, dan telah menerbitkannya hingga jilid ke 8.

Tentang Ani-One Asia

YouTube Ani-One

Ani-One Asia merupakan channel YouTube, yang dipakai Medialink sebagai distributor konten mereka. Di mana mereka menayangkan penuh anime-anime yang mereka miliki secara legal di channel tersebut. Medialink sendiri merupakan distributor, lisensor, sekaligus produser anime. Salah satu anime yang mereka miliki lisensinya adalah My Hero Academia: Heroes Rising, yang tadinya direncanakan tayang di bioskop Indonesia pada 25 Maret 2020.

Selain menayangkan anime secara penuh, mereka juga menerima kontribusi fans untuk pembuatan subtitel di videonya. Mereka menerima semua bahasa subtitel buatan fans, bahkan bahasa Indonesia. Namun mereka mengunci subtitel yang mereka sudah buat sendiri, jadi subtitel tersebut tidak dapat disunting lagi atau sudah resmi.

Sumber: YouTube Ani-One Asia