Mangaka: “Apa Sudah Saatnya Menceritakan Coronavirus di Manga?”

April 23, 2020 4:30 pm
Mangaka: “Apa Sudah Saatnya Menceritakan Coronavirus di Manga?”

Saat ini kita mengalami bencana yang efeknya bisa dirasakan secara global yang tentunya akan membebani aktivitas kita untuk beberapa bulan kedepan. Para mangaka tentu saja ikut mengalami perubahan dunia ini dan di seri fantasi sekalipun, situasi cerita manga umumnya mencerminkan situasi lingkungan penulisnya.

Kuromaru (@kuromaru_) selaku mangaka dari Kudakeru Purin memikirkan efek situasi saat ini terhadap karyanya.

“Baru-baru ini saya berbicara dengan kolega saya, dan percakapan kami beralih ke ‘Di manga yang saya gambar sekarang, tidak ada coronavirus, dan ini mulai terasa aneh, jadi apa yang harus saya lakukan? ”

Khusus untuk komik seinen, kita tidak bisa mengabaikan hal-hal yang melambangkan situasi zaman sekarang. Ada banyak adegan konferensi, perjalanan bisnis, kencan, dan pesta. Di dunia untuk manga kami, orang-orang di jalan tidak semuanya memakai masker, dan pegawai toko tidak mengenakan sarung tangan.

Tidak yakin apa yang harus dilakukan. “

Memang ini lebih mempengaruhi seri dengan setting kontemporer, terutama yang terbit mingguan yang umumnya perlu tanggap dengan situasi dan tren. Namun semakin lama isolasi berjalan seri di mana segalanya terlihat normal tersebut lama-lama juga akan terlihat fantastis.

Beberapa netizen lainnya setuju bahwa coronavirus akan mulai membuat plot anime/manga menjadi rumit.

“Ini mulai mengganggu saya ketika menonton drama TV live-action juga.”
“Aku ingat memikirkan sesuatu yang serupa setelah gempa bumi dan tsunami Tohoku 2011.”
“Memikirkan hal ini, aku sama sekali tidak membuat kemajuan dalam garis besar manga-ku. Mungkin setting jadi di dunia paralel? ”
“Yah, setidaknya Nausicaa memakai topeng.”
“Rasanya dunia normal yang kita semua tahu menjadi fantasi sekarang.”

Pandemi coronavirus bukan bencana permanen, hanya saja sebagai bencana durasinya menjadi lebih lama dari yang diperkirakan kebanyakan orang, dan tanpa tanda yang jelas kapan pandemi akan berakhir, nampaknya kita dapat melihat penyesuaian cerita di beberapa seri.

Sumber: Soranews
Header: qow_213