[JOI Spotlight] Every Rate Up Edition

April 26, 2020 7:17 pm
[JOI Spotlight] Every Rate Up Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk bulan puasa 2020. Aktivitas ngabuburit tahun ini memang jadi dikit, tapi staf JOI masih akan memberikan berbagai impresi untuk berbagai seri yang masih bertahan.

Gleipnir 03

Kaptain

Sponsored by Calorie Mate. Kecuali saya salah inget sebenernya ada karakter sekelas yang harusnya dah muncul, namun melihat perannya di akhir itu ternyata nggak penting banget kayaknya keberadaannya dipangkas dari anime ini.

Kaczmarek

Momen dimana Shuuichi malah menanyakan apakah kakak dari Kurea adalah lacur apa enggak ini bikin saya ngakak. Respon Kurea juga lawak dengan merespon pertanyaan dari Shuuichi. Debut Erena akhirnya diresmikan dalam episode ini. Jauh dari yang dibayangkan, kesan pertamanya terbalik 180 derajat dan twist yang muncul kemudian makin membuat mulut saya ternganga. Jangan bilang ini bakal jadi rebutan Shuuichi diantara Kurea dan Erena. Mengesampingkan kemungkinan tersebut, saya masih mempertanyakan budget sebesar apa yang disiapkan komite produksi anime ini.

Terakhir. Lagu penutup dari Mili yang saya kira dirilis bulan ini, ternyata dirilis pada bulan Juni nanti. Ini telinga udah meraung-raung meminta itu lagu tema versi penuhnya segera dimainkan. Nampaknya, mari menahan nafsu otak melalui telinga ini hingga akhir ramadhan.

Kingdom 03

Kaptain

It’s on now guys. Jujur saya bakal susah ngedikusiin perang koalisi ini selain ngomong “lalu ribuan orang dibacok dan/atau ditusuk”. Dalam waktu dekat yang punya hype gede juga paling Mou Bu yang udah banyak belajar dari musim lalu dan Kan Ki being a glorious scum dan ini ga akan kesampaian melihat sisa musim setelah episode 4 bakal ketunda.

Priconne 03

There, boob sag. Ini sekarang resmi Konosuba lite

Kaptain

Iya saya tahu ini adaptasi game gacha. Tapi ini karakter numpang lewatnya banyak bener. Ga yakin aja sih mereka bakal dapet dedicated episode berhubung kuartet kita aja belom jalan cerita masing-masingnya. liat preview episode depan juga masih bersih-bersih buat bikin guild.

Kaczmarek

Kyaru’s constant bickering! Kudu tahan sama karakter ini sampe akhir episode hahaha, asli saya gak kuat sama kepribadiannya.

Hachinan-tte 04

Pewarnaan di episode ini terbilang niat dari biasanya

Kaczmarek

Aspek yang terasa kurang dari episode keempat ini adalah kurangnya efek suara yang banyak muncul dari episode pertama dan kedua. Tak tahu mengapa mereka tidak menggunakan efek suara ini di episode ini, padahal menurut saya cocok untuk suasana yang dibangun dalam pernikahan saudaranya Wendelin.

Kakushigoto 04

Kaptain

Rumah keluarga Goto bakal bau kemenyan buat beberapa minggu kedepan. Lucu aja sih di seri Koji Kumeta ini ada sketsa khusus buat ngomentarin kalau orang punya nama yang aneh-aneh. You don’t say?

Nami yo Kiite Kure 04

Kaptain

Something very wrong is happening to Mizuho & Makie. Langsung saya bilang aja Makie itu antagonis seri komedi ini, tapi dia bukan orang jahat. Di manga sendiri payoff untuk rencana dia masih belum nyampe, jadi untuk sekarang mending fokus balik lagi ke broadcasting beneran. Bersyukur banget saya si korban kecelakaan selain si bos dilewatin di sini, it wasn’t funny.

Appare-Ranman 03

Kaptain

Bukan balapan utamanya, but there’s a race. Tim Appare mulai kebentuk dan dengan hadiah drag race harusnya tim udah punya cukup suplai dan sparepart buat balapan lintas Amerika. Sayang aja ini harus stop dulu sampe produksi bisa jalan lagi, padahal ini salah satu seri yang saya punya ekspektasi tinggi dan sejauh ini episodenya bisa menuhin harapan saya

Honzuki no Gekokujou 18

Kaczmarek

Di novel ringan, seingat saya panti asuhan yang dikunjungi Myne sebenarnya lebih buruk keadaannya. Itu furniture kayak meja makan sebenarnya hanya buatan dari studionya, karena di novel tak sama sekali menyebutkan adanya furniture tersebut. Lebih buruk keadaannya, seperti para anak-anak itu tidur di atas lantai yang penuh kencing dan feses mereka. Saya gak ngecek lagi novelnya saat menonton ini, jadi kemungkinan besar masih ada perbedaan.

Perubahan dimulai bukan dari ranjang, tapi dari panti asuhan. Dengan bantuan Fran dan Lutz (yang entah kenapa makin dewasa), tujuan baru ini paling tidak bisa mendamaikan (sedikit aja sih) keadaan pantai asuhan. Myne juga kudu belajar manner lagi. Dari episode ini juga saya kira banyak yang penasaran dengan masa lalu High Priest.

Yesterday wo Utatte 04

Salah nonton ini siang-siang

Kaczmarek

Shinako, perempuan ini kayak membuka pertahanannya terlalu lebar namun juga menolak orang untuk memasukinya. Ia juga membuat Rou seakan sebagai pengganti dari kakaknya, yang bisa saja memancing amarah dari Rou. Saya gak tau objektif dari Rou ini apa, namun dengan makin dekatnya dirinya dengan Shinako, suatu saat ia akan mendorong dirinya untuk mendapatkan Shinako. Hingga menit keenam, benar sekali, Rou mulai melepas pegangan itu.

Arte 04

Kaczmarek

Saya punya pemikiran bahwa Arte ini punya resemblance dari Jeanne di setiap kali ia menunjukan sifat kekanak-kanakannya. Ia juga belajar soal cinta dari Veronica dan saya juga baru sadar ternyata Veronica ini adalah pelacur profesional. Episode ini juga menjadi alasan mengapa serial ini menggunakan demografi seinen. Oiya, saya enggak nge-ship Arte dengan Leo sejauh ini.

Destruction Flag Otome 04

Kaczmarek

Emaknya Katarina yang sudah memaklumi kelakuan anaknya malah menambah kelucuan dari kesan dari Katarina sendiri. Heroine berikutnya adalah Maria Campbell, dan yak dia punya charm tersendiri. Peran nge-bully Maria seharusnya menjadi milik Katarina, namun karena lupa dan terlanjur nyelametin dia, malah Katarina yang membangun hubungan barunya dengan Maria. Ini perundingan chibi Bakarina selalu berujung dengan bertani, bertani, bertani, dan bertani. Apakah suatu saat seluruh haremnya ngikut bertani juga?

BlueHeaven

Astaga Maria, suara Hayaminnya langsung nusuk di hati. Waifu terbaik memang, semoga langgeng sama bakarina *eh*

Kaguya S2 03

BlueHeaven

Wogh, Miyuki jelasin konstelasi musim gugur sama musim panas sekaligus membuat saya bersemangat. Episode 3 berasa juga mau end gara-gara ditunjukin beberapa flashback sebelum OSIS periode ini bubar. Kemenangan untuk Shirogane sepanjang episode ini. Kaguya dah diset jadi bakaguya. Satu minggu lagi bertambah untuk menantikan Miko debut ngomong.

Girls Frontline

Kaptain

Chapter 11: 90% Puzzle Map 10% bikin Echelon yang nggak hanya bisa ngelewatin Doppelwave tapi juga wave Strelet & Rodorelo dibelakangnya. It was nasty. SOP & RO buddy cop adventure was fun tho. Dan paling nggak game udah lebih pinter bikin limited drop nih chapter relevan di ceritanya.

Ini juga Ubisoft ngapain sih? Iya saya tahu mereka punya kantor Shanghai jadi relatif gampang komunikasi sama dev CN, cuma sejauh ini game yang punya sinergi bagus sama GFL ya Siege. Setelah bencana sama Sega dulu semoga aja Sunborn lebih telaten soal bikin kontrak yang bener.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Hehehehehe, Sunborn dan Ubisoft kemudian ini, hehehehe. Seminggu ini gak ngapa-ngapain selain mendem originite buat jaga-jaga untuk kemudian hari. Sekarang ngejar mastery untuk nee-san hutan tercinta, Meteor. Saya gak jadi furry kan kalau demen dia?

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

What’s that? Raid yang dengan mudah bisa di 1 turn pake unit gratisan? Thanks game. Begitu juga dengan SSR gratis dua tahun lagi yang normal dilakuin di seri lain, tapi kayaknya ini terjadi karena ada yang naro bom di kantor DW, saya menolak percaya DW mau ngasih gratisan tanpa diancam.

Kantai Collection

Dicuri dari NKC (Credit to: Dimas Kurniawan)

Kaczmarek

Selamat berusia tujuh tahun wahai game yang berharap dapat pengembangan lebih jauh lagi ini! Tak ada momen spesial dari saya dikarenakan tak adanya event yang biasanya menemani masa-masa Ramadhan ini. Setelah porsi menulis berkurang, saya berniat untuk nyelesain ini quest-quest yang masih numpuk dari tahun lalu. Oiya tak lupa juga, selamat untuk Gotland dan Hiei atas kai-ni-nya!

Chainsaw Man 65-66

CTian

Walau tidak ada yang nyariin saya tetap nulis ini kok~ Masih membahas Darkness Devil yang memang bintang utama arc ini. Kekuatannya gak ngotak lho! Bener-bener dah. RIP, Pengawal Denji 1, pengawal Denji 2, harem Quanxi 1, harem Quanxi 2, Beam, Quanxi dan Violence Fiend. Sengaja gak nulis Power, saya yakin dia masih hidup kok! Kalian semua akan dirindukan, terutama Beam dan Quanxi :’’.

Also big reveal! Muka Violence Fiend terungkap, dan mirip dengan mantan rekannya Kobeni, Arai. Sepertinya mayat Arai masih digunakan untuk membuat Violence Fiend ini. Belum ada pernyataan resmi sih bener gak Violence ini Arai atau bukan… Damn… Mungkin ini kenapa Makima minta Spider Devil buat ngumpulin mayat anggota organisasi sebanyak mungkin. Mati pun masih disuruh gawe.

Speaking Spider Devil… She is save the day!! Tahu-tahu muncul dari mana tahu… LU TELAT, BERSETUBUH!~ Udah pada jadi mayat tuh. Makima pun di-summon sama Prinz si Spider Devil ke neraka, dan gelut dah tuh lawan Darkness Devil. Kekuatannya mirip!? Malah Makima kayaknya lebih kuat sedikit. Terus Makima bisa ngendaliin mayat!? Di poin ini saya semakin yakin dia final boss yang sebenarnya. Makima pun balikin semuanya ke bumi… dan saya gak peduli lagi dah di situ siapa yang masih hidup atau gak. Dadah Darkness Devil…

Sumpah… gak ngerti lagi sama bab 66. AHH GILA! DESAIN KARAKTERNYA BERANTAKAN NJIR!!~ GAK NGERTI LAGI SAMA BENTUKNYA. Kupikir Darkness Devil tuh udah paling absurd… Lah ini apaan njir! Kepala jadi kaki, badannya yalord, body goals sekali, wkwk~ Yaoloh, ini beneran manga Shonen Jump gak sih? Wkwkw~ Master-nya Tolka pun berubah bentuk karena efek kekuatan Darkness Devil. Bentuknya sesuai dengan deskripsi barusan yak. Makima pun kasih darahnya ke Denji, Denji bangun, diadu dah tuh berdua! AYOK DENJI! Lihat Denji siap gelut saya masih yakin ini memang manga Shonen Jump, wkwk!~

Keadaan sementara Villain di arc ini:

  • Tolka dan Masternya: Master-nya dah jadi final form
  • Quanxi dan harem-nya: Sisa harem 3 dan harem 4
  • Tiga bersaudara: Sisa si bungsu
  • Santa Claus Jerman: MODAR
  • Darkness Devil: Ketinggalan di Neraka

Sekian JOI Spotlight kali ini. Saatnya mengatur ulang daftar tontonan yang semakin sedikit ini.

Header: diddms49