Shadowverse Tanoshii Course #4: Game Mode

April 30, 2020 7:16 pm
Shadowverse Tanoshii Course #4: Game Mode

Kembali lagi dengan SVTC (singkatan untuk Shadowverse Tanoshii Course), sebuah panduan bermain game Shadowverse buatan Cygames dari tingkat newbie hingga kompetitif. Minggu ini kita akan membahas soal game mode. Secara garis besar game mode terdiri dari Solo Mode, Multi Mode, dan Arena. Untuk lebih jelas silahkan simak pembahasannya berikut.

Solo Mode

Solo mode adalah sebuah mode dimana kamu bisa memainkan game ini dengan melawan AI. Penulis mendorong para newbie untuk memainkan mode ini, sebab disaat pertama kali kamu menyelesaikan setiap stage, kamu mendapatkan reward yang dapat membuatmu tsuyoku naru. Normalnya solo mode terbagi 2 submode, yaitu Main Story dan Practice. Mari kita bahas satu-satu terlebih dahulu.

Main Story mode ialah sebuah sub mode dimana kita akan melawan AI (PVE) dengan disuguhi cerita original dari Shadowverse itu sendiri. Sampai saat ini ada total 9 chapter di main story, dan beberapa chapter dan stage story dipaksa untuk menggunakan class yang spesifik. Tenang saja kok, walau kalian tidak punya dek di class tersebut, Cygames meminjamkan kita dek prebuild yang siap dipakai, sehingga hal ini sangat memudahkan newbie untuk menyelesaikan story (sasuga KMR-sama). Setiap pertama kali kalian menyelesaikan 1 stage, kalian akan mendapatkan rewards berupa rupies (mata uang game untuk membeli pack), vials (material untuk membuat kartu), atau bahkan kosmetik in game (seperti sleeves, emblem, dan flair), tergantung reward dari stage tersebut.

Practice hampir sama seperti Main Story, dimana kita akan melawan AI. Bedanya disini tidak ada story dan kita melawan dek-dek meta pada jamannya. Mode ini sangat membantu kalian dalam menguasai fundamental dari Shadowverse, jadi penulis sangat merekomendasikan kalian untuk memainkan dan menyelesaikan mode ini. Sama seperti Main Story, menyelesaikan stage pertama kali akan memberikan rewards berupa rupies.

Multi Mode

Nah sekarang kita memasuki Multi Mode. Di mode ini terbagi 3 sub mode, yaitu Play (Unranked), Compete (Ranked) dan Private.

Istilah ini pasti sudah tak asing bagi kalian semua yang pernah memainkan game-game online. Shadowverse juga sama seperti game-game online lainnya, dimana kita bisa melawan manusia asli di game ini. Unranked dan Ranked adalah submode PvP dimana kita bermain dengan menggunakan dek yang telah kita buat sendiri. Yang membedakan Unranked dan Ranked hanyalah MMR, kalau Unranked jelas ga mengejar MMR dan lebih bermain untuk casual, tesdek, atau menyelesaikan daily mission. Sedangkan Ranked merupakan format kompetitif dimana orang2 mengejar MMR mereka untuk mencapai Rank yang lebih tinggi untuk mendapatkan rewards yang sebanding dengan usaha mereka. 2 sub mode ini terbagi lagi menjadi 2 format, yaitu Rotation dan Unlimited.

Selain menaikkan MMR, dengan memenangkan match di Ranked mode juga memberikan score yang mana score ini dapat ditukarkan dengan hadiah yang cip-cip seperti rupies, vial, challenge ticket, bahkan pack ticket. Kamu bisa lihat di Home>Missions>Score Rewards. Oiya selain itu juga dengan memenangkan 3 match di Ranked atau Unranked tiap harinya kamu bisa mendapatkan 400 Temporary Gems yang gunanya untuk ‘membeli’ kartu legendary di Shop>Buy Cards>Trade Temporary Cards.

Rotation format adalah sebuah format dimana kita hanya bisa menggunakan dek dengan memasukkan kartu-kartu yang rilis pada 5 ekspansi (booster pack) terbaru Shadowverse. Sedangkan Unlimited adalah sebuah format dimana kita bisa menggunakan dek dengan memasukkan kartu-kartu yang telah rilis di Shadowverse, dari ekspansi paling awal rilis hingga paling terbaru. Walaupun Rotation memiliki restriksi tersebut, format ini lebih diminati ketimbang Unlimited. Karena setiap ekspansi baru, meta yang berlaku akan selalu berkembang dan berubah.

Atas: ranked, bawah: unranked. Keduanya memiliki mode rotation (rota) dan unlimited (unli).

Private mode ialah sebuah submode dimana kamu bisa memainkan Shadowverse dengan membuat Room Match sendiri bersama teman atau player lain dengan mode dan format yang kamu inginkan. Di private mode ini kamu bisa memilih mode Regular (Constructed) dan Take Two. Di pilihan Regular kamu bisa memilih mode Single Match, Best of 3 dan Best of 5 dan kamu juga bisa memilih format Rotation dan Unlimited. Sedangkan di pilihan Take Two memiliki mode yang sama dengan Regular, yang membedakannya hanyalah Match Type. Ada 2 pilihan di Match Type, yaitu Create your own deck (membuat dekmu sendiri) dan Create opponent’s deck (membuatkan dek untuk lawan, dan sebaliknya). 

newbie tips : kamu bisa berlatih dengan temanmu di mode ini. Selain itu juga untuk para newbie, ada sebuah Quest dimana jika kalian bermain dengan seorang player di mode ini kalian akan mendapatkan 100 rupies setiap match selesai. Bisa diulang 20x namun kamu tidak bisa mengulang Quest ini dengan player yang sama

*penjelasan Take Two ada dibawah, ya biar pembahasannya runtun makanya private dulu :v

 

Arena Mode

Yosh sekarang pembahasan terakhir, yaitu Arena Mode. Di mode ini terbagi lagi jadi 3 submode, yaitu Challenge, Grand Prix dan Tournament Mode. Mari kita bahas satu per satu.

Challenge mode merupakan sebuah mode khusus yang membedakan dengan format Constucted, karena ketika kamu memasuki mode ini kamu harus membuat dek dari kartu-kartu yang terbatas dan memainkan dek tersebut disaat itu juga. Challenge mode tidak seperti Multi yang mana kamu tidak perlu membayar untuk memainkan mode tersebut. Untuk memainkan mode ini kamu harus membayar dengan Challenge Ticket atau rupies, yang bisa kamu dapatkan di Daily Login, Story Mode, atau Score Rewards (sebenarnya kamu juga bisa memainkan mode ini dengan bayar menggunakan Crystal. Tapi penulis gak merekomendasikannya). Challenge terbagi menjadi 2 mode, yaitu Take Two dan Open Six.

Take Two, seperti namanya yang artinya ambil dua. Untuk memainkan mode ini kamu perlu membayar 150 rupies atau 1 Challenge Ticket. Di mode ini kamu disuruh memilih salah satu dari 3 class yang diberikan. Lalu kamu harus membuat dek dengan cara memilih salah satu dari dua pasang kartu yang diberikan, kemudian ulang lagi sampai jumlah kartu di dekmu menjadi 30. Setelah itu kamu bisa bermain di mode tersebut sampai 5 kali match dengan dek yang telah kamu buat. Hadiah dari mode ini beragam tergantung jumlah kemenangan yang telah kamu raih dari 5 kali match tersebut, tapi kalau kamu gak menang sama sekali gak masalah, masih dapet hadiah kok tenang aja. Biasanya newbie diberikan 10 Challenge ticket setelah menyelesaikan tutorial, jadi kalian bisa mencoba mode ini sampai 10 kali.

Open Six berarti buka 6, ya jadi maksud dari istilah tersebut ialah kamu bermain di mode ini dengan membuka total 6 pack lalu buat dek dari kartu-kartu yang didapat dari pack itu. Agar bisa memainkan mode ini kamu perlu membayar 600 rupies atau menggunakan 4 challenge ticket. Setelah kamu masuk mode ini, kamu disuruh untuk memilih 1 dari 3 class yg ditawarkan, lalu kalian akan membeli 5 pack + 1 phantom pack namun kartu yang didapat hanyalah kartu-kartu dari class yang kamu pilih barusan. Pack yang didapat Open Six setiap season pasti dari 2 pack ekspansi terbaru, 1 pack ekspansi terbaru kedua, ketiga dan keempat. Phantom pack merupakan kartu sewaan yang hanya bisa dimainkan di mode tersebut. Phantom pack pasti berisikan kartu-kartu ber rarity gold hingga legendary.

Newbie tips : Pack yang telah kamu beli selain phantom pack sudah pasti masuk kedalam koleksi kartumu. Disini kamu juga bisa menarik kartu gold atau legendary dari pack-pack tersebut. Jadi kalau kamu ingin membuat dek di 1 class yang kamu suka, penulis sangat merekomendasikan untuk bermain di mode ini.

Setelah kamu membuka pack, kamu harus membuat dek dari kartu-kartu yang telah kamu dapatkan barusan. Untuk jumlah kartu di dek minimal 30, jadi kamu bebas untuk memilih kartu-kartu mana yang kamu mau masukkan ke dalam dek. Sama seperti Take Two, kamu bisa memainkan mode ini sampai 5 kali match, dan rewards tegantung jumlah win dari 5 kali match tesebut. Yang paling penting ialah ketika kamu menang sebanyak 4 kali maka kamu bisa memilih 1 dari 3 kartu gold yang kamu dapatkan dari phantom pack untuk dibawa pulang kedalam koleksi kartumu. Dan jika kamu menang sebanyak 5 kali maka kamu bisa memilih 1 dari 3 kartu legendary yang ditawarkan sebagai gantinya. Oiya, dan uniknya di format ini sepanjang run kamu bisa mengedit dekmu sesuai yg kamu mau, tidak seperti Take Two yang mana kamu harus menggunakan dek yang sama sepanjang run.

Grand Prix merupakan sebuah mode dimana kamu bermain dengan dekmu lalu main hingga 5 kali match namun hanya dengan dek yang kamu pilih di awal. Biasanya format grand prix setiap season ialah 3 kali Rotation format, 1 kali Unlimited format. Namun terkadang Cygames merilis Grand Prix format khusus yang hanya bisa dimainkan disaat itu saja. Agar bisa memainkan format ini kamu bisa memainkannya gratis 1x sehari atau membayar 150 rupies atau menggunakan 1 Grand Prix ticket. Waktu Grand Prix biasanya 6 hari,  Untuk rewards yang kamu dapatkan juga tergantung dengan jumlah win dari 5x match tersebut, dan  Tapi yang paling ternotis dari format ini ialah setiap Grand Prix memiliki reward Sleeve dan Emblem yang berbeda-beda tiap mode itu.

Trivia : setiap season Cygames melakukan Collab dengan franchise anime/game lain, dan terkadang tema dari Grand Prix itu juga mengikuti dari franchise itu juga. Beberapa diantaranya ialah Re:Zero, Love Live, Princess Connect Re:Dive dan yang paling baru ini ialah Idolm@aster: Cinderella Stage.

Grand Prix terdiri dari 3 stage. Setiap stage diberi batas selama beberapa hari. Stage 1 menentukan ke grup mana kamu akan berlabuh. Grup A membutuhkan minimal 4 kemenangan dari 5 pertandingan, jika gagal kamu akan melanjutkan ke grup B pada stage kedua. Di stage kedua persyaratan tetap sama untuk grup A, sementara grup B membutuhkan 3 kemenangan untuk lolos ke final. Grup B tidak bisa naik ke grup A, sementara grup A bisa turun ke grup B apabila gagal mencapai ketentuan lolos ke babak selanjutnya. Jika grup B gagal mencapai target maka pemain tidak berhak lolos ke babak selanjutnya. Babak Final merupakan tahapan terakhir. Grup A memiliki reward lebih baik namun memiliki match lebih banyak dibanding grup B. Babak final akan berakhir apabila pemain kalah dua kali atau menyelesaikan semua pertandingan. Reward akan dibagikan sesuai jumlah kemenangan yang diraih pemain.

Grand Prix merupakan mode yang kompetitif, bahkan lebih kompetitif dari Ranked mode. Jadi penulis tidak begitu merekomendasikan mode ini untuk newbie atau casual player (kecuali kalau format Grand Prix-nya menggunakan format khusus).

Tournament mode merupakan sebuah mode dimana kamu bisa membuat turnamen sendiri di dalam game. Biasanya mode ini digunakan untuk latihan bersama teman untuk mengikuti kompetisi. 

Sekian SVTC minggu ini, semoga kalian bisa mengerti dengan penjelasan dari kami. Jika ada yang belum bisa ditanyakan di kolom komentar. Minggu depan kira-kira temanya apa ya?

GLOSSARIUM

Best of 3: Salah satu mode di private match yang mengharuskan kedua pemain yang berhadapan menggunakan 2 dek. Dek yang sudah menang tidak dapat dipakai lagi, sementara dek yang kalah masih bisa digunakan. Pemain yang telah berhasil memenangkan kedua deknya terlebih dahulu dinyatakan sebagai pemenang.

Best of 5: Sama seperti Best of 3 (BO3), hanya perbedaannya Best of 5 (BO5) mewajibkan kedua pemain menggunakan 3 dek.

Constructed: Bermain dengan format standar di card game, dengan jumlah dek yang sudah ditentukan. Tiap game memiliki perbedaan standarnya, tapi Shadowverse disini biasa menggunakan 40 kartu untuk 1 dek.

Crystal: Satuan currency dalam Shadowverse yang didapat dari membeli dengan uang asli. Bisa dipakai untuk membeli leader ekslusif, pack dan membuka salah satu mode arena jika kamu kehabisan tiket dan rupies.

Emblem: Gambar profilmu.

Flair: Gelar pajangan profilmu.

MMR: match making rate.

Pack: Token untuk menarik gacha terhadap ekspansi tertentu.

PVE: Player versus Environment. Artinya kamu melawan komputer.

PVP: Player versus Player. Artinya kamu melawan pemain lain.

Sleeves: Sampul kartu yang kamu gunakan pada dek tertentu.

TENTANG PENULIS

Creasion adalah leader atau maharaja dari tim IEV. Menurut penuturannya, dia hanya pemain Shadowverse amatiran yang mengaku-ngaku sebagai competitive player. Setiap season, ia selalu mencapai rank Grand Master Rotation untuk bisa menafkahi akunnya sendiri.

IEV yang awalnya bernama Imajin Epic Victory sedang dikudeta menjadi Imajin Epic VTuber. Tidak ada yang tahu sampai kapan keadaan ini berlangsung, tapi IEV tetap menjadi tim eSport Shadowverse nomor 1 di Indonesia sampai saat ini.