[Manga Spotlight] Juru Masak Para Maiko (Jilid 1-6)

May 7, 2020 6:51 pm
[Manga Spotlight] Juru Masak Para Maiko (Jilid 1-6)

Hiya hiya hiya ketemu lagi kita di Manga Spotlight, kali ini saya akan membahas manga Juru Masak Para Maiko. Berjudul asli Maiko-san chi no Makanai-san, manga karangan Aiko Koyama ini diserialisasikan di majalah manga Shounen Sunday milik Shogakukan. Shogakukan sudah menerbitkan manga ini hingga 13 jilid, dan statusnya masih ongoing.

Oh ya jelas manga ini sudah diterbitkan di Indonesia. Penerbit Elex Media sudah menerbitkan manga ini hingga jilid ke-6. Jilid pertamanya diterbitkan pada Oktober 2019. Manga ini bisa kamu beli di Gramedia, maupun di toko buku fisik dan online lainnya. Berikut adalah sinopsis dari Elex Media:

Memenangkan Penghargaan Manga Shonen Terbaik di Shogakukan Award Ke-65

Walau ceritanya hanya sesimpel itu, manga ini telah diakui kualitasnya. Manga ini memenangkan penghargaan Shogakukan Award ke-65. Bahkan manga ini mengungguli 2 nominasi lainnya yang bisa dibilang populer. Dumbbell Nan Kilo Moteru? yang sudah mendapatkan adaptasi anime dan Jujutsu Kaisen yang adaptasinya baru diumumkan. Ngomong-ngomong adaptasi anime, manga ini juga sudah diumumkan mendapatkan adaptasi anime.

Manga ini memang sebaik itu dan saya yakin manga ini menang bukan karena merupakan manga tuan rumah. Karakter Kiyo ini sangat terasa karakter manga shonen-nya. Dia adalah seorang pekerja keras, selalu memperhatikan temannya, dan karakter yang bisa membuat kamu lebih bersemangat. Tentang Kiyo yang penuh kepositifan ini juga sudah saya bahas di Waifu Wednesday edisi Kiyo~

A Wholesome Story

Cerita ini dipenuhi dengan kepositifan dan kehangatan di dalamnya. Kiyo tadinya ke Kyoto bersama temannya, Sumire, untuk menjadi seorang Maiko. Namun, Kiyo dinilai gagal dalam pelatihannya. Kiyo pun disuruh pulang ke kampung halamannya. Tapi dia tidak sedih sedikit pun, malah menyemangati Sumire. Akhirnya, karena beberapa hal, Kiyo malah menjadi juru masak di wisma.


Merantau jauh dari rumah, dia tetap menjalani kesehariannya itu dengan penuh hati. Bangun jam 6 pagi & tidur pukul 10 malam. Dia tidak pernah mengkhawatirkan kenapa dia gagal. Dia hanya melakukan apa yang bisa dia lakukan & terus beraktivitas. Manga ini berhasil membuat saya untuk bersemangat dalam menjalani hari!

Kiyo juga bukan orang yang pandai memasak, hanya sekadar bisa memasak. Dia hanya masak makanan rumahan saja. Walaupun begitu, masakannya ini pasti meninggalkan kesan bagi orang yg memakannya. Juga masakannya ini mempunyai kisah yang bisa menghangatkan hati. Manga ini juga memberikan tips & resep masakannya.

Mempunyai Banyak Karakter Perempuan Hebat

Tidak hanya menceritakan Kiyo, manga ini juga mempunyai banyak karakter perempuan hebat lainnya. Sumire, atau yang panggilannya, Suu, para kakak-kakak Maiko, Riko si calon Maiko, Kak Momoko si Geiko, Ibu Ichi pengelola wisma Ichi hingga Nenek Kiyo. Manga ini penuh kisah tentang para perempuan yang bekerja keras, dengan caranya sendiri. Menceritakan keseharian para gadis-gadis ini dan kelakuan mereka yang kadang lucu, dan kadang-kadang juga bisa menghangatkan hati. Manga ini juga menjelaskan dan menceritakan kebudayaan Maiko dengan baik.

Itu dia sedikit ulasan Juru Masak Para Maiko jilid 1-6. Manga ini ibaratkan berlian tersembunyi, sangat bersinar dan beharga, tapi tidak banyak orang yang tahu. Saya berharap setelah adaptasi animenya tayang nanti akan banyak orang yang mengetahui manga ini. Manga yang bisa membuatmu lebih bersamangat dan positif dalam mejalankan hari.

Gambar: Website Shonen Sunday